MyClass

Bagi Anda yang mengambil Matakuliah Menulis Populer, coba perhatikan mahkota berita (lead) berikut:

Kemacetan 8 km di Tol Purbaleunyi

BANDUNG, (PR)
Memasuki akhir pekan pertama liburan sekolah, Minggu (6/7), Kota Bandung masih dipadati para wisatawan domestik. Padatnya pengunjung masih terfokus di sentra-sentra wisata belanja terutama pusat oleh-oleh. Hal itu karena sebagian besar pengunjung memilih kembali ke kota asal sehingga berdampak pula pada panjangnya arus balik transportasi. Bahkan, kemacetan di gerbang tol Padalarang Barat hingga mendekati gerbang Pasir Koja sejauh 9 km.

kemudian, perhatikan pula lead berikut:

Kontingen Jabar Awali Start Bagus

SAMARINDA, (PR)
Kontingen Jawa Barat mengawali start bagus pada PON XVII/2008. Pada hari pertama, mereka masih memimpin dengan 3 emas 1 perungu, karena belum ada emas tambahan yang diperebutkan.
Tiga emas Jabar dipersembahkan dari pada pecatur yang berlaga di Tarakan. Pengalungan tiga medali emas Jabar itu dilangsungkan Minggu (6/7) kemarin.

atau yang berikut.

Tak Ada Pemunduran Pemilu

JAKARTA, (PR)
Ketua Pansus RUU Pemilu , Ferry Mursyidan Baldan meminta Komisi Pemilihan Umum tidak sembarang membuat pernyataan, seolah-olah telah terjadi pengunduran jadwal pemilu sehingga berakibat terjadinya pembengkakan anggaran.
“Sebenarnya kan bukan pengunduran jadwal pemilu. Saya lebih menyebutnya sebagai pergeseran hari H pemilu legislatf dari tanggal 4 menjadi 9 April 2009 mendatang,” katanya, di Jakarta, Sabtu (5/7) malam.

Secara struktur yang tampak, bagaimana komentar Anda atas tiga lead di atas?

120 Tanggapan

  1. menurut saya pada ketiga berita ini sangat menarik misalnya pada berita yang pertama yaitu : kemacetan 8 km di tol purbaleuyi disini menjelaskan tentang macetnya kota bandung pada saat arus mudik, serta banyaknya penduduk asli kota itu kembali ke kotanya sehingga terjadilah kemacetan.

    sedangkan pada berita yang kedua yaitu : adanya kota kotingen jawa barat mendapatkan mendali 3 emas dan 1 perunggu karena mereka belum mendapatkan emas pada pertandingan dulu,

    dan pada berita yang ketiga adanya pemilihan pemilu di kota jakarta di sini dijelaskan bahwa pemilihan pemilu tidak sembarangan karena akan berakibat terjadinya pembengkakan anggaran.

  2. Sufian akbar
    A1B107060

    Dari strukturnya dapat dilihat ketiga lead di atas merupakan murni straight news, karena memiliki ciri dari straight news yakni pemberitaan yang aktual dan informatif. Mengenai penulisan tanggal kejadian dengan menggunakan tanda kurung pada setiap tanggal kejadian sudah sering saya lihat. Adapun kaidah penulisannya tidak sepenuhnya sesuai dengan kaidah EYD.
    ___________________________________________________________________

    Lalu, tugas kliping Anda mana? Silakan baca kembali tugasnya di sini

    . Tolong infokan kepada semua sebab kasusnya sama

  3. Gesit Aprianto
    A1B107014

    Saya setuju dengan Sufian Akbar. Masih ada kesalahan dalam EYD, yaitu penulisan tanda koma. kita bisa melihatnya di berita ketiga kalimat pertama dan berita kedua kalimat kedua.
    ___________________________________________________________________

    Lalu, tugas kliping Anda mana?

  4. Fajarika Ramadania
    A1B107202
    Dari ketiga lead di atas merupakan beita yang bersifat straight news, karena merupakan berita yang bersifat langsung atau aktual dan terkini. Straight news umumnya menghasilkan publikasi yang sangat cepat. Namun, dalam penulisan masih belum sesuai dengan EYD.
    ___________________________________________________________________

    Lalu, tugas kliping Anda mana?

  5. Leny karliana
    A1B107233
    reguler B
    secara struktur, lead tersebut merupakan straight news dimana berita yang disampaikan adalah berita yang aktual dengan publikasi yang cepat. Hampir setiap lead berupa straight news dikoran-koran yang saya lihat menggunakan format penulisan yang sama seperti contoh diatas misalnya penulisan tanggal,sama dengan teman-teman yang lain saya berpendapat penulisannya masih tidak sesuai dengan EYD.

  6. selvi oktavia lolowang
    A1B107211

    Dari ketiga lead diatas merupakan straight news karena beritanya aktual dan lugas.Dan memiliki rumus 5W1H.

  7. M.S Arif
    A1B107203
    regular B

    Adapun salah atu ciri dari straight news adalah berita yang aktual atau masih hangat di bicarakan. dalam 3 led di atas, berita2 itu masih hangat di bicarakan masyarakat luas. di tambah lagi dengan penguatan2 seperti penulisan EYD yang masih tidak sesuai. karena itu 3 berita di atas memang bisa di sebut sebagai sraight news.

  8. Nama: Syauqassalimah
    Nim : A1B107242
    Reg : B

    Saya sependapat dengan teman-teman yang lain. Memang kalau dilihat dari strukturnya, tampak bahwa ketiga lead di atas termasuk ke dalam straight news, katena ketiga lead tersebut memiliki ciri-ciri dari straight news yaitu pemberitaan yang aktual, lugas, dan informatif. Namun dari segi penulisannya masih terdapat beberapa kesalahan yang tidak sesuai dengan EYD, yaitu kesalahan penulisan tanda koma. Kesalahan ini dapat kita lihat pada lead kedua kalimat kedua dan leat ketiga pada kalimat pertama.

  9. Nama: Helly Yulita
    Nim: A1B107236
    Reg: B

    Menurut saya ketiga lead di atas termasuk pada straight news karena memiliki ciri-ciri yaitu menggunakan gaya bahasa yang lugas, inti berita terletak di awal kalimat, menggunakan asas 5w+1H dan pembaca dapat langsung mengetahui apa isi berita meskipun hanya membaca sekilas.

    Untuk masalah EYD saya setuju dengan pendapat teman-teman…

  10. Rusinawati (A1B106053)

    Secara struktur, menurut saya ketiga lead yang ditampilkan sudah lengkap karena menampilkan 5W+1H. Hanya dengan membaca potongan lead ini saja, pembaca akan dapat mengetahui secara garis besar, berita apa yang ingin disampaikan media, karena struktur yang digunakan straigth news memang piramida terbalik. Jadi, semua hal yang perlu diketahui pembaca telah disajikan pada paragraf awal atau pada lead berita tersebut.

  11. NAMA: NORISTA HELISAH

    NIM: A1B107234

    Dari ketiga lead tersebut merupakan straight news karena merupakan berita yang lugas, langsung dan apa adanya dan terdapat berita pendukung. Dalam ketiga lead tersebut juga terdapat 5W + 1H.

  12. Evi Lesna Handriani
    A1B107239

    Ketiga lead berita tersebut merupakan jenis berita straight news karena memiliki unsur 5W1H dan berita ini disajikan secara aktual. Namun masih ada kesalahan dalam penulisan(EYD).

  13. Nama: Sri helda Herawati (Reg B)
    NIM: A1B107213

    Saya pribadi sangat setuju dengan tanggapan teman-teman. Pendapat saya mungkin hampir sama, menurut saya dari ketiga berita di atas tersebut sudah melingkupi 5W+1H. Tetapi, masih ada kesalahan dalam penulisan yang tidak sesuai dengan EYD.

  14. Nama: Muhamad Sopian (Reguler A)
    NIM: A1B!07025

    Menurut saya, ketiga lead berita tersebut termasuk jenis straight news karena jika diberitakan tiga hari setelahnya atau lebih, peristiwa tersebut basi untuk diberitakan. Namun, ketiga lead berita tersebut masih ada ditemui kesalahan dalam penulisannya karena tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).

  15. Nama : Ary Putra Wibowo
    NIM : A1B104068

    Menurut saya pribadi ketiga lead berita tersebut merupakan straight news yang cukup lugas,langsung, apa adanya serta memenuhi unsur 5W+1H. Dan benar sekali apa yang dikatakan oleh teman-teman yang lain, bahwa ketiga berita tersebut terdapat kesalahan dalam penulisan tanda baca (EYD).

  16. Nama

  17. Nama : Naila
    NIM : A1B107019

    Menurut saya ketiga berita di atas termasuk stright news karena berita yang disampaikan bersifat lugas dan masih hangat pada waktu itu (waktu berita itu diterbitkan pada hari itu) dan ada unsur berita 5W+1H.

  18. Nama : Sri Helda Herawati
    Nim : A1B107213
    Mata kuliah : Menulis Ilmiah Populer
    Tugas Kliping Straight News
    Tokoh NU Lintas Negara Berkumpul di Bogor

    – Senin, Oktober 5
    Bogor (ANTARA) – Tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dari berbagai negara di dunia yang tergabung dalam forum NU `International Network` akan berkumpul di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (24/10) guna mengikuti konferensi yang membahas berbagai isu aktual menjelang Muktamar ke-32 NU di Makassar, Januari 2010.
    Koordinator Konferensi NU International Network, Dr Aji Hermawan mengatakan, Senin, pertemuan tersebut akan dipusatkan di gedung Institut Pertanian Bogor (IPB) International Convention Center (IICC), Botani Square, Branangsiang, Kota Bogor.
    Konferensi tersebut akan diikuti oleh delegasi dari sekitar 20 negara yang telah memiliki perwakilan resmi NU yang dikenal dengan naman Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU).
    Menurut Aji Hermawan, PCINU tersebar di semua negara besar dunia, antara lain Jepang, Australia, Inggris, Belanda dan Amerika Serikat.
    Selain itu PCINU juga terdapat di Malaysia, Hongkong, Pakistan, Arab Saudi, Libanon, Syiria, Mesir, Libia, Sudan, dan Maroko.
    “Kami ingin bertemu untuk menyatukan persepsi dan membangun sinergi guna memberikan kontribusi bagi pengembangan NU ke depan,” papar mantan Ketua Tanfidziyyah PCINU Inggris itu.
    Para delegasi PCINU yang akan dilibatkan dalam pertemuan, kata Aji, umumnya telah menyampaikan konfirmasi kesediaan hadir bahkan mereka sangat antusias mengikuti kegiatan yang semula digagas pada Mei 2009.
    “Kegiatan ini kami gagas sejak Mei lalu. Sempat ditunda dua kali karena ada pemilu legislatif dan Pilpres. Kami memilih menunda dan menggelar pada Oktober agar tidak bias. Kami harapkan pertemuan ini dapat menghasilkan rumusan pemikiran yang bermanfaat bagi revitalisasi NU ke depan,” tutur Ketua PCNU Kota Bogor.
    Lebih lanjut Aji yang saat ini tercatat sebagai Direktur Recognition and Mentoring Program (RAMP) IPB mengutarakan, pertemuan NU International Network tersebut juga akan melibatkan para pemangku kepentingan NU dari berbagai cabang yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cianjur (Jabodetabekjur).
    Saat ini tercatat sebanyak 14 pengurus cabang (PC) NU yang tersebar di Jabodetabekjur.
    Peremuan yang digagas di IICC Kota Bogor tersebut, terang Aji, memiliki sejumlah agenda yaitu berupa konferensi dan `brainstorming` mengenai reposisi NU baik dalam kancah nasional maupun internasional. Debat Kandidat Ketum PBNU
    Selain itu, pertemuan tersebut juga akan diisi oleh debat kandidat Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2010-2015.
    Ada tiga kandidat yang diundang panitia sekaligus disebut memiliki kans terbesar memenangkan muktamar yakni KH Masdar Farid Mas`udi, KH Sholahuddin Wahid, dan KH Said Aqil Siraj.
    Kami mengundang tiga kandidat, karena nama ketiganya yang banyak muncul baik di media massa maupun di cabang-cabang. Satu dari ketiga kandidat tersebut, kemungkinan besar akan memimpin NU periode mendatang, demikian kata Aji Hermawan.

    Pembunuh Turis Jepang Ditangkap

    Liputan 6 – Senin, Oktober 5
    Liputan6.com, Denpasar: Setelah melakukan pengejaran selama beberapa hari, jajaran Kepolisian Kota Besar Denpasar, Bali, Ahad (5/10), menangkap pelaku pembunuhan seorang wanita asal Jepang. David Wicaksono dibekuk tim Buser Poltabes Denpasar di daerah Kepanjen, Malang. Tetapi saat dibawa ke Bali dan diminta mencari paspor korban yang dibuang di Kuta, tersangka mencoba kabur. David pun terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan di bagian kaki.
    Tertangkapnya david berawal dari penyelidikan di lokasi pembunuhan. Di lokasi kejadian, polisi menemukan alat pemuta lagu MP4 milik tersangka. Berbekal temuan ini ditambah keterangan sejumlah saksi serta sketsa wajah, polisi memburu David. Dari tangan tersangka, polisi menyita rompi dan lencana polisi untuk melakukan kejahatan, sepeda motor, batang kayu buat membunuh, serta beberapa barang milik Rika Sano.
    Turis wanita itu sebelumnya ditemukan tewas membusuk di sebuah lahan kosong, Jalan Mertanadi, Kuta. Korban diculik dari Hotel Legian Kuta, tempatnya menginap. Saat itu, tersangka mengaku sebagai anggota Polsek Kuta yang menangkap korban dengan tuduhan terlibat jaringan narkotik dan obat-obatan berbahaya [baca: Polisi Kantongi Identitas Pembunuh Turis Jepang].(BOG)

    Musyawarah Nasional di Riau Titik Kritis Golkar

    Kompas – Senin, Oktober 5
    JAKARTA, KOMPAS.com-Rendahnya perolehan suara Golongan Karya pada pemilihan umum Juli 2009 dinilai karena lemahnya kepemimpinan partai. Oleh karena itu, Musyawarah Nasional Partai Golkar pada 5-8 Oktober 2009 di Pekanbaru, Riau, menjadi penting untuk melahirkan pemimpin baru yang kuat dan solid. Jika tidak, partai ini akan semakin terpuruk dalam pemilihan umum ke depan.
    Demikian rangkuman pendapat dari para pinisepuh dan pendiri Partai Golongan Karya (Golkar) yang dihimpun Kompas, Jumat, Sabtu, dan Minggu (2-4/10), tentang masa depan partai setelah Musyawarah Nasional (Munas) 2009.
    Mereka yang dimintai pendapat adalah mantan Menteri Keuangan JB Sumarlin, mantan Menteri Tenaga Kerja Cosmas Batubara, dan mantan Menteri Urusan Peranan Wanita Sulasikin Murpratomo.
    ”Beberapa kali saya turun ke lapangan, bertemu dengan banyak kader Golkar. Mereka mengeluhkan telah ditinggalkan oleh organisasi,” kata Cosmas Batubara.
    ”Jika Golkar tidak mau menyapa kembali kader hingga tingkat terbawah, masa depan partai akan suram,” katanya menambahkan.
    Dekat kader
    Sulasikin mengatakan, selain pengorganisasian yang solid, kekuatan Partai Golkar pada masa lalu adalah juga karena para pemimpin partai rutin menyambangi kader hingga ke desa-desa melalui program Karakterdes (Kader Teritorial Desa).
    ”Waktu itu kami rutin ke desa-desa dan tinggal bersama masyarakat. Hampir setiap Sabtu-Minggu, pimpinan pusat partai turun ke desa,” kata Sulasikin mengenang masa jaya Partai Golkar pada era Orde Baru.
    Sumarlin menyoroti terjadi- nya persaingan dan perpecahan lembaga-lembaga payung Partai Golkar. ”Dulu kita memiliki banyak organisasi pendukung seperti Kosgoro, SOKSI, dan MKGR. Mereka semua saling dukung untuk kemajuan partai,” kata Sumarlin.
    ”Tapi sekarang organisasi itu pecah. Sebagian anggota bahkan menyeberang ke partai lain,” katanya.
    Menurut Sumarlin, perpecahan itu terjadi karena pemimpin Partai Golkar gagal merawat aset partai dan lamban mengatasi perubahan sistem perpolitikan di Indonesia. Pascareformasi telah terjadi perubahan perilaku pemilih yang cenderung antipati terhadap unsur lama.
    Aturan pemilu yang menggeser pola pemilihan dari parpol ke kandidat juga menuntut tokoh yang kuat dan mengakar. Belum lagi kecepatan perkembangan isu yang menuntut pada keberpihakan isu dan munculnya partai-partai pesaing baru. ”Kepengurusan partai dalam satu periode terakhir sepertinya juga lambat merespons perkembangan politik di luar partai itu,” kata Sumarlin.
    Masih diperhitungkan
    Munculnya persaingan para calon ketua Partai Golkar dari kalangan mapan dan cukup dikenal di masyarakat dalam munas mendatang, menurut Cosmas, mengindikasikan bahwa Partai Golkar masih diperhitungkan sebagai pilihan sosial politik bangsa. ”Saya tidak risau dengan persaingan antarcalon. Saya yakin munas kali ini bisa menjadi titik tolak baru untuk membenahi organisasi,” ujarnya.
    Namun, Sumarlin terusik dengan kerasnya persaingan calon. Proses penentuan ketua dengan cara pemilihan langsung ini merupakan hal baru bagi Partai Golkar karena sebelumnya dilakukan dengan konvensi.
    ”Dulu, ketika ketua partai ditentukan melalui konvensi, politik uang terjadi. Masalahnya, apakah dengan cara sekarang itu tidak terjadi?” katanya.
    Sumarlin mengingatkan agar calon yang terpilih dalam munas beberapa hari ke depan harus bisa menyatukan kekuatan semua pihak di tubuh Partai Golkar yang sekarang tercerai-berai. Pihak yang kalah juga harus bisa menerima dengan terbuka dan ikut mendukung pihak pemenang.
    Hingga saat ini, menurut Sulasikin, Golkar adalah satu-satunya partai lama yang masih bertahan utuh. ”Golkar jangan sampai mengikuti partai-partai lain yang mau dipecah. Meskipun di dalam partai ada konflik kepentingan, partai harus tetap utuh,” ujarnya. (AIK)
    ___________________________________________________________________

    Wah, Anda rajin sekali. Sebenarnya yang perlu dikutip cukup lead-nya aja, sbb:

    Bogor (ANTARA) – Tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dari berbagai negara di dunia yang tergabung dalam forum NU `International Network` akan berkumpul di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (24/10) guna mengikuti konferensi yang membahas berbagai isu aktual menjelang Muktamar ke-32 NU di Makassar, Januari 2010.

    Liputan6.com, Denpasar: Setelah melakukan pengejaran selama beberapa hari, jajaran Kepolisian Kota Besar Denpasar, Bali, Ahad (5/10), menangkap pelaku pembunuhan seorang wanita asal Jepang. David Wicaksono dibekuk tim Buser Poltabes Denpasar di daerah Kepanjen, Malang. Tetapi saat dibawa ke Bali dan diminta mencari paspor korban yang dibuang di Kuta, tersangka mencoba kabur. David pun terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan di bagian kaki.

    JAKARTA, KOMPAS.com-Rendahnya perolehan suara Golongan Karya pada pemilihan umum Juli 2009 dinilai karena lemahnya kepemimpinan partai. Oleh karena itu, Musyawarah Nasional Partai Golkar pada 5-8 Oktober 2009 di Pekanbaru, Riau, menjadi penting untuk melahirkan pemimpin baru yang kuat dan solid. Jika tidak, partai ini akan semakin terpuruk dalam pemilihan umum ke depan.

  19. Nama : Fahrinati Fitriah
    NIM : A1B107204
    REGULER B

    Saya sangat setuju dengan tanggapan teman-teman. Pendapat saya mungkin hampir sama, menurut saya dari ketiga berita di atas tersebut sudah melingkupi 5W+1H. Tetapi
    penggunaan kata atau kalimat pada ketiga lead berita di atas ada yang tidak mrenggunakan EYD yang baik dan benar.

  20. Nama : Fitriana
    Nim : A1B10207

    Pendapat saya mungkin hampir sama, menurut saya dari ketiga berita di atas tersebut sudah melingkupi 5W+1H. Tetapi
    penggunaan kata atau kalimat pada ketiga lead berita di atas ada yang tidak mrenggunakan EYD yang baik dan benar.

  21. Nama : Masdiana
    NIM : A1B107220
    Reguler B
    Saya sependapat dengan teman-teman yang lain. Memang kalau dilihat dari strukturnya, tampak bahwa ketiga lead di atas termasuk ke dalam straight news, katena ketiga lead tersebut memiliki ciri-ciri dari straight news yaitu pemberitaan yang aktual, lugas, dan informatif. Namun dari segi penulisannya masih terdapat beberapa kesalahan yang tidak sesuai dengan EYD, yaitu kesalahan penulisan tanda koma dan tanda baca yang lain.

  22. Nama: Rizkiah Hapizah
    Nim : A1B107210
    Reguler B

    Menurut saya ketiga lead berita tersebut merupakan jenis berita straigh news karena memiliki unsur 5W1H dan berita ini disajikan secara aktual. Namun masih ada kesalahan dalam penulisan(EYD).

  23. Nama : AFRI RISYOFA RAHIM
    NIM : A1B107238
    Reguler B

    Saya setuju dengan pendapat teman-teman. Masih ada kesalahan dalam EYD, yaitu penulisan tanda koma. kita bisa melihatnya di berita ketiga kalimat pertama dan berita kedua kalimat kedua.

  24. Nama: Nida Urahmah
    Nim: A1B107218
    Reguler B

    Tanggapan saya dari ketiga berita di atas adalah dari berita pertama sampai ketiga cara penulisan tanggalnya sama, selain itu sama-sama memiliki unsur 5W+1H, walaupun dari ketiga berita tersebut membiri penjelasan terhadap berita yang berbeda-beda.

  25. Nama: Nida Urahmah
    Nim : A1B107218

    Berita 1

    XL NEXIAN LARIS MANIS
    Banjarmasin- seperti kacang goreng, itulah yang terjadi pada penjualn handphone berfitur seperti blackberry yang diakukan xl dan Nexian. Baru beberapa hari dibuk, penjualannya sudah laris hungga 600 unit.
    Desi sari Dewi, regional sales operation manager XL Kalimantan mengakui handphone bundling XL dan Nexian memang mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat. Bahkan, banyakn orang rela antre untuk mendapatkan handphone smart ini.
    ”hingga sekarang penjualan sudah mencapai 600 unit dan tersisa 30 unit. Besok kami akan datangkan lagi 300 unit untuk memenuhi permintaan masyarakat, terutama mereka yang datang ke pameran kami di duta mall,”. Katanya saat dikonfirmasi,kemarin.
    Ia mengaku program bundling seperti ini memang sangat dinanti masyarakat, apalagi harganya lebih murah di banding merek lain. Padahal, fitur layanan yidak jauh berbeda, termasuk bisa facebook dan internetan.
    ”kami ingin memberikan yang terbaik untuk pelanggan, sehingga mereka bisa mendapatkan handphone smart dengan harga terjangkau.dan tentunya dengan menggunakan XL komunikasi juga bisa menjadi lebi murah,” tambahnya.
    Dan tidak menutup kemungkinan program serupa akan diluncurkan lagi dengan merk lain, tentunya dengan desain handphone yang lebih oke. Namun untuk sementara secara nasional piahaknya masih mengandalkan handphone bundling Xl dan Nexian.
    Disinggumg soal perkembangan pelanggan, diakui Desi dengan program bundling seperti ini juga sangat mendongkrak peningkatan pelanggan. Bahkan, hingga sekarang pelanggan XL di kalsel sudah mencapai 900 ribu pelanggan.” kami targetkan akhir Desember bisa tercapai 1 juta pelanggan dan kami optimis bisa mencapainya.”

    Berita 2
    Ayo Perangi Narkoba
    Pesan SBY dan Kapolri dalam Teleconference Bersama Kapolda dan Wagub

    Banjarmasin-Menyambut Hari Anti Narkotika (HANI) Sedunia, jum’at (26/6) Kemarin Kapolda Kalsel Brigjend Pol Drs Dr Untun g S Radjab SH mengikuti teleconference dengan Presiden Susilo Bambang Yudhono serta Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri MM.
    Bertempat di rung Rupatama Mapolda Kalsel, hadir pula dalam acara itu Wakapolda Kombes Pol Agus S Bakrie, Ketua BNP yang juga Wagub HM Rosehan NB dan sejumlah pejabat Polda dan anggota Muspida lainnya
    Kapolda melalui Kabid Humas AKBP Puguh Rahardjo mengungkapkan,dalam teleconference yang berlangsung 2 Jm ersebut, Presiden dan Kapolri mengharapkan seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Kalsel untuk bersama-sama memerangi segala macam bentuk narkoba.
    Aparat penegak hukum seperti poisi, jaksa, dan juga hakim diharapkan dan dituntut untuk bisa komitmen dan konsisten dalam upaya pemberantasan narkoba.
    Dulu, Kalsel hanya dikenal sebagai gerbang transit peredaran nakoba, namun kini sudah menjadi daerah tujuan peredaran narkoba.
    Dari data yang terangkum , pada tahun 2007 Direktorat Narkoba Polda Kalsel berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba sebanyak 665 kasus dengan 921 tersangka.sedangkan tahun 2008 sebanyak 625 tersangka denagan 977 tersangka.
    Sementara untuk tahun 2009 ini peredaran narkoba di Kalimantan Selatan masih dirasakan sangat tinggi.
    Buktinya untuk periode bulan januari hingga juni 2009, jumlah kasus yang ditangani sudah mencapai 367 kasus dengan 256tersangka. Adapun barang buktinya antara lain ganja seberat 14,51 gram, heroin seberat 3,2 gram, sabu-sabu seberat 545,,42 gram, ekstasi sebanyak 23.986 butir, dan obat daftar G sebanyak 7.599 butir.

    Berita 3
    Perhotelan

    Perkuat Bisnis, Lakukan Renovasi Kamar

    Surabaya-PT Mas Murni Indonesia Tbk terus memperkuat bisnisnya seiring tren meningkatnya bisnis perhotelan seester II nanti. Karenanya, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) menyetujui pnggunaan dividen 2008 untuk membiayai renovasi kamar.
    Menurur Peterjanto direktur perusahaan Pemilik Garden Palace otel itu, kondisi bisnis perhotelan ke depan turut terkatrol agenda ekonomi, termasuk diantaranya program pemerintah melalui perbaikan infrastruktur akan menimgkatkan pertumbuhan ekonomi.
    ”dengan kemampuan cashflow atau pendapatan yang dimiliki kami akan melakukan renovasi total secara bertahap pada tahun ini,” katanya usai RUPS di Garden Palace Hotel kemarin(26/6).
    Dia mengatakan okupansi atau tingkat hunian hotel selama tahun kemarin masih mencapai 67 persen. Sedangkan kuartal 1 lalu, kenati krisis ekonomi turut berpengaruh terhadap bisnis perhotelan. Pihaknya masih mencatat okupansi yang sama.
    ”segmen kami bukan tamu luar negeri, baik turis maupun pengusaha asing, sehingga saat krisis pun okupansi kami masih stabil. Hampir 90 pesen tamu hotel adalah domestik,” ucapnya.
    Perusahaan yang memilik lima outlet makanan itu juga menambah1-2 outlet pada tahun ini. Selain itu akan ,menjajaki pendirian outlet di sejumlah daerah. Sedangkan di Bali sudah direncanakan untuk membuka 2-3 outlet baru.
    Pada paparannya disebutkan kuartal 1 lalu pendapatan dari penjualan kamar dan makanan minuman meningkat dari tahun sebelumnya yakni Rp 13,699 miliar dengan laba bersih Rp 592 juta. Tahun sebelumnya, pendapatannya sebesar Rp 10,320 miliar dan laba bersihnya 510 juta.
    Sedangkan pada tahun 2008, perusahaan mencatat kenaikan pendapatan sebesar 21 persen, yakni pendapatan tahun lalu naik mencapai Rp 50 miliar dan tahun sebelumnya yang hanya 41,2 miliar (res).

  26. Nama: Rizkiah Hapizah
    Nim : A1B107210
    REGULER B

    RADAR BANJARMASIN
    (Rabu, 30 september 2009)

    Agar PNS Tidak Canggung Bekerja
    Sambutan Bupati pada Diklat
    TANJUNG – Dalam Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 1999 perubahan dari Undang-undang Nomor 8 tahun 1974, tentang pokok-pokok kepegawaian, dinyatakan bahwa pegawai negeri adalah setiap warga Negara Indonesia yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang, dan diserahi tugas dalam suatu jabatan tertentu. Serta, digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    Dalam kaitan dengan semua itu, maka sebelum memangku jabatan tertentu serta memikul beban tanggung jawab yang diamanahkan maka PNS perlu disampaikan segala hal yang berkaitan dengan aturan-aturan kepegawaian, serta diperkenalkan terhadap tugas pokok dan fungsi sebagai pegawai negeri sipil.
    Tujuannya, agar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab tidak merasa canggung, dan tidak bingung, namun terjadi sigap dan cepat tanggap terhadap pekerjaan yang memang menjadi tugas dan kewajibannya untuk dilaksanakan.
    Hal itu diungkapkan Bupati Tabalong H Rachman Ramsyi saat memberikan sambutan di pembukaan Diklat Kepemimpinan tingkat IV Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong, di ruang kelas Badan Kepegawaian Daerah, Selasa pagi kemarin.
    Dijelaskannya, diklat pra jabatan honorer, yang juga dimulai pelaksanaannya bersamaan dengan Diklat Kepemimpinan IV itu, diharapkan dapat diikuti dengan sebaik-baiknya. Pasalnya, seluruh materi yang disajikan dalam diklat, sudah dirumuskan sedemikian rupa, dan harus diyakini bahwa semuanya akan berpengaruh terhadap kelancaran tugas-tugas kedinasan sehari-hari.
    ”Selain itu, dalam diklat ini juga ada kriteria kelulusan yang diisyaratkan, mulai dari nilai akademis, sikap, perilaku sampai dengan kedisiplinan. Apabila semua berjalan baik dan mendapat penilaian baik, sudah barang tentu saudara-saudara akan dinyatakan lulus. Kalau tidak, maka bisa saja saudara-saudara dinilai tidak cakap,” kata Bupati Rachman Ramsyi menyemangati.

    Oleh karena itu, lanjutnya, jika dinyatakan tidak lulus dalam diklat makanya tidak fokusnya perhatian para peserta. Kondisi itu sangat disesalkan. Dan terangnya, untuk mengikuti fase kegiatan yang sangat penting tersebut, merupakan langkah penting bagi karier sebagai pegawai negeri sipil.
    ”Memang ada saja kebanyakan para pegawai yang diikutkan diklat, terutama untuk mendapatkan sertifikasi proyek ternyata tidak ada yang lulus. Tapi setelah dilakukan penkajian, banyak dari pegawai yang memang tidak ingin lulus. Mereka ini khawatir, jika sedikit bermasalah akan menghadapi hukum,” ujar Rachman Ramsyi.

    Pemkab HSU Bantu Korban Kebakaran

    Warga Diminta Bersabar
    AMUNTAI – Untuk meringankan beban penderitaan korban kebakaran Desa Pasar Sabtu Kecamatan Sungai Tabukan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (hsu) yang terjadi Sabtu akhir pekan lalu, pemerintah kabupaten setempat memberikan bantuan terhadap lima korban. Penyerahan bantuan bertempat dilokasi sisa puing kebakaran, baru-baru tadi.
    Asisten I HM Suharyanto meminta kepada korban yang rumahnya habis terbakar untuk bersabar, karena setiap musibah pasti tidak pernah diinginkan. Ia juga meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap kebakaran. Sebab, dalam waktu bersamaan telah terjadi beberapa kali peristiwa serupa di daerah ini. ”Apalagi musim kemarau sekarang, belum ada tanda-tanda akan berhenti,” ujarnya.
    Diharapkan, bantuan yang diberikan tersebut bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Karena niatnya untuk meringankan beban korban kebakaran. ”Saya mengharapkan, bantuan ini jangan dinilai dari jumlahnya, tapi sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah. Bagi korban pastinya perlu diperhatikan, ”tambah Suharyanto.
    Bantuan yang diserahkan pemkab HSU tersebut berupa sembako, selimut, tikar, dan perlengkapan lainnya selama masih mengungsi. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Asisten I HM Suharyanto, Asisten II Nurhadi Riwanda, Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM, H Mahyuddin dan Kepala Dinas Sosial Moh Hazairn.
    Dari keterangan para korban, mereka menymbut baik bantuan yang diberikan. Bantuan tersebut bisa sedikit mengobati rasa duka yang mendalam karena harta benda yang mereka miliki hangus terbakar.
    Informasi yang dihimpun dilapangan, kebakaran tersebut diperkirakan akibat korsleting arus listrik. Karena semua rumah terbuat dari kayu dan beratapkan daun rumbia, maka api cepat merambat.

    Hindari Kekerasan dalam Orientasi Mahasiswa Baru
    MARTAPURA – Wakil Bupati Banjar KH Muhammad Hatim Lc membuka secara resmi Orientasi Mahasiswa Baru ( OMB ) STAI Darussalam Martapura, Selasa (29/9) di Halaman Kampus STAI Darussalam.
    Dalam pengarahannya, hatim mengemukakan, orientasi mahasiswa baru jangan sampai dilaksanakan dengan cara-cara di luar prosedur yang telah ditetapkan lembaga STAI Darussalam.
    ”Hal ini perlu ditekankan karena di beberapa daerah pola-pola lama yang menjunjung tinggi senioritas dan junioritas dengan berbagai dalih selalu menjadi kambing hitam untuk melegalkan kekerasan dalam pendidikan, ” ujarnya.
    Pejabat yang juga Wakil Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darussalam ini mengharapkan agar para peserta orientasi dapat mempelajari ilmu pengetahuan dengan baik sehingga dapat menyelesaikan target waktu perkuliahan dengan baik pula.
    ”Karena kesempatan dan peluang untuk menempuh pendidikan tinggi dalam berbagai strata saat ini sudah menjadi tuntutan keadaann,” imbuhnya.
    Karenanya, para peserta orientasi diharapkan untuk mampu mengembangkan pengetahuan yang diperoleh, dapat memberikan manfaat terhadap kepentingan dunia pendidikan umumnya.
    Wakil Bupati yang pernah menjadi dosen STAI Darussalam ini juga meminta kepada seluruh peserta orientasi nantinya untuk menjadi pelopor dalam melakukan perbaikan dan penyempurnaan dunia pendidikan agama dan ilmu pengetahuan secara umum di Kabupaten Banjar.

    ”Hal ini erat kaitannya dengan beberapa peraturan daerah kabupaten Banjar yang berhubungan dengan bidang keagamaan yang diharapkan dapat dipahami serta turut disosialisasikan ke tengah-tengah masyarakat luas yang juga perlu mengetahui dan melaksanakannya,” jelasnya.
    Senada dengan hal tersebut, Ketua STAI Darussalam Martapura, HA Fauzan Saleh,Mag mengingatkan, bahwa para peserta orientasi memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah dimilki dibarengi dengan iman dan taqwa kepada Allah SWT.
    ”Saat menempuh perkuliahan nanti tentunya sangat berbeda ketika saat menempuh pendidikan di tingkat sebelumnya, dimana para mahasiswa dituntut untuk lebih kreatif dan membiasakan diri untuk berbuat disiplin sejak dini,”pungkasnya.

  27. Nama : Rukmaliana
    NIM : A1B107226
    Reguler B
    Tanggapan :
    Menurut saya ketiga berita di atas sudah baik karena hal-hal terpenting disajikan pada pokok berita dan ketiga berita di atas adalah berita langsung disajikan untuk menyampaikan kejadian-kejadian yang harus secepatnya diketahui pembaca.

  28. Nama : Rukmaliana
    NIM : A1B107226
    Reguler B

    Berita 1
    OKNUM KPK JADI TERSANGKA LAGI
    JAKARTA, BPOST – Setelah sang ketua, Antasari Azhar, satu lagi oknum Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) jadi tersangka. Oknum tersebut menjadi tersangka penyalahgunaan wewenang dalam penyelidikan kasus korupsi PT Masaro Radiokom.
    Kejaksaan Agung sudah menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari kepolisian. ]aksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Marwan Effendy, Rabu (9/9), mengatakan surat tersebut diterima pekan lalu. Di dalamnya tertulis ada satu oknum KPK yang diduga menyalahi dua pasal Undang-Undang tentang Tindak Pidana Korupsi.
    “Apakah dia pimpinan atau bukan, saya nggak tahu,” imbuhnya. Saat ditanya siapa oknum tersebut, Marwan enggan menjelaskan. “Tanya Kabareskrim saja,” tutupnya.
    Namun, Marwan menerangkan Kejaksaan Agung telah membentuk jaksa P16 untuk memeriksa berkas dari kepolisian tersebut. Kami sudah koordinasi dengan polisi dua kali.” tambahnva.
    Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan Bibit Samad Rianto mempertanyakan pengusutan polisi terkait dugaan penyalahgunaan kewenangan. “jika ada kewenangan yang tidak cocok, seharusnya ajukan praperadilan atau perdata,” ujarnya.
    Kasus ini berawal dari dugaan korupsi pengadaan alat komunikasi di Departemen Kehutanan, yang dimenangkan oleh PT. Masaro. Dalam penyelidikan muncul isu penyuapan oknum KPK (dtc/vvn).

    Berita 2
    DIDUGA DARI LAHAN GAMBUT
    Kabut asap yang melanda wilayah Kalimantan Selatan (Kal-Sel) dalam dua hari terakhir ini belum terdeteksi sumbernya.
    Pemprov Kal-Sel tidak bisa memastikan kebakaran lahan di daerah ini ataukah kiriman dari daerah tetangga yang menjadi penyebab kabut asap. Ada dugaan baru, asap berasal dari dalah gambut yang terbakar.
    Sekretaris Satkorlak Penanggulangan Bencana (PB) Kal-Sel, Fakhruddin mengemukakan hasil pemantauan satelit NOA, titik api yang terjadi di daerah ini dalam beberapa hari ini sangat sedikit.
    ”Kita belum bisa pastikan dari mana asap ini berasal karena kalau melihat kebakaran lahan di daerah kita beberapa hari ini cukup kecil hanya dua sampai tiga titik api saja”, terang Fakhruddin yang juga Kepala Dinas Kesbangpolinmas Kal-Sel ini, Rabu (9/9).
    Fakhruddin memperkirakan, asap yang belakangan ini cukup menganggu udara di daerah ini berasal dari kebakaran lahan gambut. ”Bisa jadi, asap yang terjadi berasal dari kebakaran lahan di bawah permukaan sehingga tidak terlihat oleh satelit,” ujarnya. (wid).

    Berita 3
    KEGIATAN RAMADHAN MITRA HINO DAN MITRA AGRO
    Mitra Hino PT. Mitra Profitamas Motor dan Mitra Agro PT Kharisma Alam Persada. Jumat (4/9) lalu melaksanakan kegiatan sosial dalam menyambut bulan Ramadhan. Salah satunya yaitu mengunjungi empat panti asuhan dan satu Pondok Pesantren sekaligus memberikan sumbangan berupa sembako.
    Empat panti asuhan tersebut adalah Panti Asuhan Nurul lkhsan Jalan A Yani Km 14 Gambut, Panti Asuhan Akhlak Mulia di Landasan Ulin Banjarbaru, Panti Asuhan Asri Gambut di Jalan Tol Handil Badandan, PantiAsuhan Mi’razul Ulum di Binuang-Tapin dan Pondok Pesantren Darul Mustafa di Rantau.
    Penyerahan sembako, Pakaian dan uang tunai tersebut di Pimpin langsung Vice President Mitra Hino dan Mitra Agro Robertus Bambang G SH MM, yang juga di dampingi manager, staf, karyawan dan karyawati Mitra Hino.
    “Ramadan ini, kami melaksanakan dua kegiatan yaitu buka ouasa bersama dan mengunjungi panti asuhan atau Pondok Pesantren. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan jalinan tali silaturrahmi antara karyawan dan masyarakat sekitar, kata Robertus Bambang
    Kegiatan tersebut merupakan salah satu program Corporation Social Responsibility (CSR) dari Mitra Hino dan Mitra Agro yang tergabung dalam Cakrawala International yang dimiliki oleh Winarman Halim yang rutin diadakan setiap tahun.

  29. NAMA : RISA AMELIA
    NIM : A1B107229

    Dengarkan BPost Radio 97,2 FM
    KABAR gembira buat Bartman maupun pencinta Barito Putera yang tak bisa dating keStadion 17 Mei sore ini. Anda tetap bisa menyimak hasil pertandingan hanya cukup mendengarkan BPost Radio 97 ,2 FM atau website www. Banjarmasinpost.co.id.
    “ kami akan selalu meng-update laporan situasi terkini dari Stadion 17 Mei, termasuk tentu saja skor pertandingan, ‘’ ujar Ribut Raharjo, Executive Editor BPost Radio dan Online BPost Group.
    Bahkan, lanjutnya, khusus laporan di BPost Radio, akan di isi pula dengan interview singkat wartawan BPpost Group dengan Bartman, penonton hingga tokoh sepak bola yang ada di Stadion.
    Menurutnya, ini terobosan terbaru BPost Group dalam penyajian berita dan informasi terkini dalam era multimedia sekarang ini. (dns)

    Tewas di Kebun Tetangga
    MADIUN, BPOST- Ngadimun warga Kecamatan Manguharjo kota madiun terbakar saat membersihkan kebun bambu milik tetangganya. Bapak tiga anak ini merenggang nyawa setelah terjebak api yang membakar semak dan rimbunan pohon bambu sekitarnya.
    Kejadian bermula saat Ngadimun membersihkan kebun dari rerimbunan bambu serta rumput liar dengan cara membakar, sabtu (3/10) pukul 08:00 WIB. Namun saat mengumpulkan rumput kering, api yang di siapkan untuk mebakar tumpukan sampah serta bambu justru menjilat tubuhnya.
    Ngadimun panik kemudian berusaha lari. Namun bajunya tersangkut ranting bambu hingga korban terjengkang. Menurut menantunya, Usman, korban sempat meronta-ronta dan meraung.
    “ saya tidak berani menolong karena api yang besar masih mengelilingi korban,” ungkap Usman. Kapolsek Jiwan Ajun Komisaris Polisi Dwi Asih mengatakan ini murni kecelakaan,’’ namun guna penyelidikan lebih lanjut polisi akan meminta visum ke RSUP Dr soedono,’’ ungkapnya. (bjc)

    Tak Senang Jangan Dipaksa
    SRI Bintang Pamungkas masih harus besabar. Upayanya menggelar kongres persaudaraan golput kembali di hentikan polisi. alasannya menyalahi prosedur dalam penyampaian pemberitahuan kegiatatan.
    Presiden persaudaraan golongan putih itu mengatakan, kongres hanya akan mengagendakan diskusi antar sesame simpatisan golput. Sedangkan isu besar dalam dikusi adalah menolak pelantikan Yudhoyono-Boediono sebagai presiden dan wakil presiden.
    “ dosa dan kesalahan keduanya cukup besar. Kalau kami tidak senang keduanya apa harus dipaksa senang. Rezim ini sudah terlalu jauh menzalimi kebebesan warga negara dalam bersikap dan berpikir dan bersikap,’’ ujar Sri Bintang, Sabtu (3/10).
    Perseturuan antara sri bintang dengan polisi ini bukan pertama kali terjadi. Mei lalu, dia bersama seluruh peserta kongres digiring ke kantor polisi setelah membuka kongres nasional golongan putih di Hotel Satya Graha, Yogyakarta. (dtc/tic)

  30. NAMA : LUTHFIATI
    NIM : A1B107050

    TUGAS KLIPING LEAD BERITA

    Tugas Kliping

    Lead Berita 1

    Yamaha Juara Konstruktor

    MELAJU – Pembalap Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo melaju di lintasan Sirkuit Estoril, Minggu ( 4/10 ). Keberhasilan Lorenzo menjuarai GP Portugal mengantar Yamaha sebagai juara konstruktor.
    Sumber : Banjarmasin Post

    Lead Berita 2

    Dwi Kemenangan

    Satu ujian terlewati. Barito Putera kembali dihadapkan pada ujian super berat dalam menapaki kompetisi Divisi Liga Indonesia 2009/2010. Stadion 17 Mei Banjarmasin pun kembali menjadi saksi bisu laga kedua Barito Putera melwan Persebi Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), selasa ( 6/10 ) sore.
    Sumber : Banjarmasin Post

    Lead Berita 3

    Cuma dapat Fee Sabu

    Dicegat Bawa 2,2 Gram Sabu
    BANJARMASIN – Yn (17) hanya bisa terduduk pasrah di lantai penyidik Sat I Direktorat Narkoba Polda Kalsel, Sabtu (3/10) sekitar pukul 16.30 Wita. Sesekali dia menggelengkan kepala tanda penyesalan.
    Sumber : Metro Banjar

    ___________________________________________________________________

    Nah, gini aja cukup. Selamat!

  31. Nama: Evi Lesna Handriani
    NIM :A1B107239
    PBSID Reguler B

    Berita 1
    Pembuat Iklan Diperiksa
    • Korban Balon Gas 37 Orang

    JAKARTA, BPOST- Polisi memeriksa sejumlah saksi di antaranya dari pihak rumah produksi atau Production House (PH) pelaksana berinisial FW, terkait meledaknya balon gas saat syuting iklan.
    “Kami masih selidiki dari pihak PH. Belum ada pasal yang dibebankan,” kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Pusat Komisaris Suwondo Nainggolan, Minggu (4/10).
    Balon gas yang digunakan untuk syuting iklan salah satu provider telepon seluler meledak, pagi kemarin, di pinggir Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Tepatnya di depan Kampus Universitas Atma Jaya.
    Sebanyak 37 orang, enam di antaranya kru iklan, dilaporkan menjadi korban akibat insiden tersebut. Seluruh korban yang rata-rata mengalami luka bakar, 15 orang dibawa ke RS Pusat Pertamina dan 22 orang ke RS AL Mintoharjo.
    Menurut beberapa saksi korban, insiden tersebut dipicu oleh gesekan balon udara berisi gas dengan aspal. Pihak PH tidak mengantipasi gesekan tersebut sehingga menimbulkan ledakan dan membakar korban yang menjadi pemeran figuran iklan.
    “Kita selidikidulu. Nanti kita kasih tahu perkembangannya,” imbuhnya.
    Saksi korban menyatakan, ledakan cukup kencang. Saat gas menyambar tubuh korban, tidak terasa panas. 10 menit kemudian, rasa panas terbakar langsung menghingapi sekujur tubuh.
    “Awalnya saya enggak kerasa. Sekitar 10 menit kemudian baru tahu tubuh saya kebakar,”ucap Fadli, korban yang melepuh di bagian kaki, tangan, wajah.(dtk/ant/wk)

    Berita 2
    Ladies Molek Diperkosa

    SURABAYA, BPOST-Baru sehari bekerja sebagai ladies di tempat karaoke Rasa Sayang, Amalia(22) harus menelan pengalaman pahit. Saat mabuk berat, ia diperkosa pria tak dikenal di dapur.
    Amalia yang sehari-hari dipanggil Lia itu melaporkan kejadian pemerkosaan tersebut ke Polres Surabaya Timur, karena tempatnya bekerja di kawasan Ruko RMI. Pria tak dikenal itu menyetubuhi saat dirinya tak sadarkan diri.
    Perempuan bertubuh molek yang tinggal di Tempel Sukorejo itu mengungkapkan, sebelum kejadian pahit itu dialaminya, ia diajak minum oleh tamunya hingga mabuk berat. Kondisinya yang mabuk itu membuatnya beristirahat di dalam dapur lantai 4 karaoke tersebut hingga subuh. Sesaat setelah tertidur itu, seorang pria tak dikenal menyetujuinya dengan mulai membuka pakaian yang menempel di tubuh moleknya. Ia berusaha melawan namun tidak berdaya karena masih belum 100 persen sadar.
    Kasat Reskrim Polres Surabaya Timur, AKP Hartoyo memenarkan adanya laporan pemerkosaan itu. Namun pihaknya masih menunggu hasil visum untuk memastikan benar tidaknya perkosaan itu.
    “ Benar kamisudah menerima laporan tapi kasus ini masih samar karena korban dalam keadaan mabuk berat dan kami masih menunggu hasil visum,” tuturnya saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Minggu(4/10).
    Setelah ada hasil visum, akandiketahui apakakah Amalia diperkosa atau tidak. Hasil itu juga akan menentukan arah penyelidikan polisi mencari pelaku pemerkosaan itu.(dts/ant/vvm)

    Berita 3
    Tunggu Hasil Perencanaan PU

    KOTABARU, BPOST-Kemarau melanda beberapa wilayah di Kabupaten Kotabaru membuat repot warga. Untuk mendapat suplai air bersih terpaksa membeli eceran dengan harga Rp 50 ribu per gerobak berisi 13 jeriken.
    “Habis mau apalagi,” ujar Wati, warga di sana.
    Padahal, menurutnya, kalau dihitung uang besarnya tiga kali lipat dari membayar tagihan rekening setiap bulan saat air normal.
    Kondisi ini, menurut salah seorang anggota DPRD Kotabaru, Alpidri Supiannoor harus dikaji ulang kondisi waduk bahan baku PDAM yang ada.
    “Pemkab harus membangun bendungan baru yang lebih besar, jangan terlena meski dalam dua hari ini Kotabaru sudah diguyur hujan,” katanya, Jumat (2/10).
    “Menurut Alpidri sudah dua kali menjabat sebagai wakil rakyat ini, memang sudah ada rencana membangun bendungan berkapasitas satu juta meter kubik yang diperkirakan menelan dana 30 miliar. bulan. Tinggal menunggu hasil perencanaan Dinas Pekerjaan Umum (PU).
    Tapi dia tidak menyebutkan lokasi rencana akan dibangun bendungan.
    “Nanti saja”, ujarnya.(hh)

    Sumber: Banjarmasi Post. Edisi Senin, 5 Oktober 2009

  32. Nama :Ridhawati

    Nim :A1B107208

    Menurut saya ketiga berita diatas merupakan berita straight news yang bagus,karena isi beritanya sangat jelas dan berisi, tidak bertele-tele.
    pada berita pertama, di situ menjelaskan kemacetan 8 km di tol Purbaleuyi karena arus mudik, serta banyaknya penduduk asli kota itu yang kembali ke kota asalnya.
    sedangkan pada berita yang ke dua menjelaskan kontingen kota Jawa Barat yang mendapatkan tiga medali emas dan satu perunggu setelah mereka tidak mendapatkan apa-apa pada pertandingan yang sebelummnya.
    dan pada berita yang ke tiga menjelaskan tentang adanya pemilihan umum di kota Jakarta yang mengalami penggeseran waktu.

  33. Nama : Syauqassalimah
    Nim : A!B107242
    Tugas : Kliping contoh berita stright news

    BERITA 1
    Selasa, 6 Oktober 2009
    JAKARTA, KOMPAS.com – Tim Kampanye Nasional pasangan calon Jusuf Kalla – Wiranto diduga telah menerima dan tidak mencatatkan dana kampanye berupa uang dalam pembukuan khusus dana kampanye dan atau tidak menempatkannya pada rekening khusus dana kampanye pasangan calon sebagaimana telah diatur di dalam pasal 97 ayat 1 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008.

    “Tim kampanye pasangan calon Jusuf Kalla-Wiranto diduga telah menerima dan tidak mencatatkan dana kampanyenya,” kata anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) SF Agustiani Tio Friedlina Sitorus dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (6/10).

    Dugaan tersebut, menurutnya, timbul berdasarkan salinan dokumen laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye (LPPDK) tiga pasangan capres-cawapres yang diaudit oleh akuntan publik dan telah diterima Bawaslu. Sedangkan terlapor dalam temuan ini adalah, Ketua Timkamnas pasangan JK-Wiranto Fachmi Idris dan Bendahara Timkamnas Solichin Jusuf Kalla.

    BERITA 2
    Batik Khas Kaltim akan Serius Dikembangkan
    Jumat, 2 Oktober 2009 | 16:59 WIB
    Laporan wartawan KOMPAS Ambrosius Harto
    SAMARINDA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur jadi ingin mengembangkan industri batik bermotif khas. Itu untuk mendukung pelestarian batik yang diakui sebagai warisan budaya oleh dunia. Dukungan yang telah dilaksanakan ialah mewajibkan pegawai negeri sipil memakai batik setiap Kamis.
    Sekretaris Provinsi Kaltim Irianto Lambrie mengatakan itu di Kota Samarinda, Jumat (2/10). “Namun, harus diakui bahwa industri batik bermotif khas Kaltim kurang berkembang biarpun belum bisa dipastikan penyebabnya. Untuk itu, perajin batik harus terus dibina,” katanya.
    Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kaltim Yadi Sabianoor mengatakan, ada empat pengusaha yang bertahan mengembangkan industri batik tulis. Tiga ada di Samarinda yakni Fitriah, Alaydrus, dan Mitaka. Satu ada di Balikpapan yakni Shaho.
    “Pekerjanya tidak banyak. Mungkin maksimal 30 orang,” kata Yadi. Industri kurang berkembang mungkin akibat batik khas Kaltim kurang disenangi. Mungkin motifnya kurang menarik. Mungkin juga bahannya kalah berkualitas dengan buatan luar Kalimantan. Bisa jadi juga konsumen di Kaltim terlanjur percaya bahwa batik yang bagus cuma berasal dari Jawa.
    Motif-motif batik Kaltim yang lazim dijumpai biasanya terinspirasi dari tumbuhan, binatang, dan manusia. Ukir-ukiran, bentuk dedaunan, liukan akar, kantong semar, burung enggang, macan, naga, manusia, bahkan dewa-dewa ialah contoh gambaran bagi inspirasi pembuatan motif.
    Di sisi lainnya, menurut Yadi, mungkin sebaiknya industri batik di Kaltim tidak diarahkan berkembang menjadi massal. Artinya, yang berkembang ialah pengusahanya atau pembuat desain batiknya bukan tenaga kerjanya. Batik di Kaltim bisa diarahkan sebagai industri kreatif yang produknya dibuat di Jawa, tempat yang masih menjadi sentra utama batik.
    “Kalau itu efisien, batik khususnya yang tulis menjadi lebih murah, terjangkau, dan akhirnya diterima masyarakat,” kata Yadi.

    BERITA 3
    Pelni Berangkatkan 2.000 Penumpang ke Padang
    Senin, 5 Oktober 2009
    JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pelni memberangkatkan sebanyak 1.500 orang keluarga korban serta 500 relawan dan jurnalis menuju Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat. Penumpang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, dengan KM Sinabung pada pukul 16.50, Senin (5/10).
    Semula keberangkatan akan dilepas oleh Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal dan Menneg BUMN Sofian Djalil, tetapi keduanya tidak dapat hadir. Keberangkatan akhirnya dilepas oleh Dirjen Pehubungan Laut Sunaryo. Ikut hadir Dirut PT Pelindo DJ Lino dan Dirut PT Pelni Jusabela Salya. Kapal dinakhodai oleh Kapten H Arijanto.
    Kepala Humas PT Pelni Edi Heryadi mengatakan, selain penumpang, kapal juga mengangkut bantuan untuk korban gempa berupa genset, mi instan, tenda, selimut, pakaian, ambulans, obat-obatan, dan bantuan lain. Semula kapal akan diberangkatkan hari Minggu (4/10), tetapi karena tingginya animo masyarakat dari luar Jakarta untuk mengirimkan bantuan ataupun relawan, jadwal kemudian ditunda menjadi hari ini.
    Menurut Edi, kapal direncanakan tiba di Pelabuhan Teluk Bayur pada Selasa (6/10) pukul 21.00. Kapal akan menetap di Teluk Bayur selama 10 hari dan akan kembali mengangkut penumpang baik korban, keluarga korban, relawan, serta jurnalis. “Meskipun gratis, seluruh penumpang di KM Sinabung akan diberikan makan selama berlayar sekitar 29 jam,” kata Edi.
    Berangkat kembali
    Dalam kesempatan sama, Edi menjelaskan, selain KM Sinabung, PT Pelni akan memberangkatkan KM Ganda Dewata dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada Rabu (7/10). Kapal akan kembali mengangkut bantuan, keluarga korban, dan relawan. Kapal KM Ganda dapat mengangkut alat berat serta truk. “Sebanyak 22 alat berat bisa masuk,” jelas dia.
    Untuk itu, lanjut Edi, PT Pelni mengimbau berbagai pihak yang ingin mengirimkan alat berat ataupun berbagai bantuan lain dapat menghubungi pusat reservasi penjualan tiket di Jl Angkasa No 18 atau nomor telepon 021-4241963. “Gratis,” tambah Edi.

  34. Selvi oktavia lolowang
    A1B107211
    Reg B

    Berita 1
    Perlu 110 alat berat

    Padang- Kepala Dinas PU kota padan,Muzni Zakaria menegaskan Pemko Padang masih membutuhkan Alat berat sebanyakk 110 unit lagi untuk evakusi korban.Alat berat senyak 40 unit sekarang ini, tidak mencukupi kebutuhan ideal mengevakuasi ratusan korban yang masih tertimbun reruntuhan bangunan dan ruko.
    “Idealnya, kita harus memiliki 150 unit. Keterbatasan alat berat membuat evakuasi berjalan lambat. Namun demikian, kita tetap berusaha memaksimalkan potensi alat berat yang ada sekarang ini.”terang Kepala Dinas PU Kota Padang, Muzni Zakaria yang ditemui padang Ekspres dan pasar raya, termasuk korban yang masih terjebak di Sentral Pasar Raya,”tambahnya Muzni menjelaskan, dibutuhkan waktu lebih kurang dua bulan untuk pembersihan sisa material reruntuhan bangunan. Lamanya waktu pembersihan dikarenakan pemko harus minta izin dulu kepada sipemilik bangunan dan mengambil foto dokumentasi.:”Kita juga masih kekurangan 300 unit dump truck lagi untuk mengangkut sisa material tersebut. Saat ini, kita baru punya 200 unit,”tukas Muzni.
    Di tempat yang sama, Wako Padang Fauzi Bahar menginstruksi kepada sejumlah warga untuk tidak menjarah material reruntuhan bangunan yang dikumpulkan di depan TRB Aiapacah.”Saya minta kesadaran warga untuk tidak melakukannya. Seluruh material reruntuhan ini nantinya akann digunakan untuk keperluan lainnya sekaligus akan didokumentasikan sebagai bahan proposal untuk meminta bantuan ke pemerintah,”ulas Fauzi.

    Berita 2
    Dihantam Pikap Satpam Tewas

    SAMPIT-Kecelakaan maut menimpa seorang pengendara sepeda motor yang melintas dijalan Tjillik Riwut KM 86, Desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu Kotim,jumat(2/10)sekitar pukul 19.00 WIB. Pria yang diketahui bernama Aritani,seorang satpam perkebunan kelapa sawit di Cempaga Hulu ini tewas secara mengenaskan karena dihantam mobil pikap saat sedang memacu kendaraannya.
    Kasatlantas Polres Kotim AKP Renaldi Oktavian melalui Kanit Lakalantas Iptu Dies Ferra ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadiaan tersebut. Menurutnya, pihaknya menerima informasi kecelakan tersebut setelah dihubungi Polsek Cempaga Hulu.
    “Kita masih belum bias memberikan keterangan tentang data identitas lengkap korban lakalantas yang terjadi di Kecamatan Cempaga Hulu itu.Karena sampai saat ini, laporankepolisisn (LP) dari Kapolsek Cempaga Hulu mengenai data lengkap masih dalam proses masuk ke pihak kami,”ungkapnya.
    Menurutnya, sampai saat ini posisi korban sudah berada di kamar mayat RSUD dr Murjani Sampit menunggu pihak keluarga yang bersangkutan menjemputnya.“Jenazah korban saat ini sudah berada di RSUD dr Murjani,”terangnya.
    Sementara, informasi yang dikumpulkan menyebutkan kecelakaan tersebut terjadi ketika korban yang sedang mengendarai Honda Revo KH4881 FJ, melaju di ruas Jalan Tjilik Riwut Desa Pundu. Motor korban yang dating dari arah Sampit kemudian dihantam oleh mobil pikap yang melintas di ruas jalan tersebut dan dating dari arah berlawanan.
    Setelah menabrak, mobil pikap tersebut kemudian menghilang.Korban kemudian ditemukan warga dalam keadaan tak bernyawa lagi. Dia mengalami luka parah di bagian kepala. Mayatnya kemudian dievakuasi ke RSUD dr Murjani Sampit.

    Berita 3
    Travo Rusak, Listrik Padam Lama

    BANJARBARU- Hujan yang turun Jumat (2/10) didihari beberapa waktu lalu membuat travo listrik di Gang Timbang Rasa Km 21 Landasan Ulin Utara, korslet. Sebagian kecil warga yang berdomisili di sekitar gardu pun mengeluh karena listrik padam dari subuh hingga malam harinya.
    Salah seorang warga mengatakan ia mendengar bunyi ledakan kecil dari tiang gardu tersebut pada subuh hari ketika hujan turun deras. Ketika diselidiki, ternyata penampang dua buah kabel travo lepas.
    Menariknya, tiang travo ini berada persis di halaman rumah seorang teknisi PLN cabang Kapuas. Namun karena ketiadaan alat, akhirnya ia hanya menghubungi kantor pengaduan PLN setempat. “Kami dapat nomor antri 17,” ujarnya seraya mengatakan PLN cabang Banjarbaru memang minim teknisi sehingga pelayanan perbaikan harus bergantian.
    Kepala Cabang PLN Banjarbaru Edi mengatakan akan mengirim orang ke lokasi secepatnya. Ia sendiri beberapa waktu berselang mengakui perbaikan masih minim sementara aduan yang dating selalu banyak setiap harinya.
    Meski demikian, Edi sendiri mengatakan pihaknya tetap mengusahakan respon cepat atas laporan warga. “Terima kasih infonya, kami akan mengirimkan petugas secepatnya,” ujarnya lewat SMS ke slah seorang warga Timbang Rasa yang mengadukan padamnya listrik akibat kerusakan travo tersebut.
    Dan memang, pantauan Radar Banjarmasin teknisi segera memperbaiki pada mala harinya hingga listrik kemudian berfungsi kembali pada pukul 20.00 Wita.

    Sumber : Radar Banjarmasin , 04 oktober 2009

  35. NAMA : NI`MAH FITRIA
    NIM : A1B106043

    Senin CPNS Depag Dibuka

    BANJARMASIN, MK- Setelah sempat tertunda beberapa hari dari rencana semula, Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kanwil Depag Provinsi Kalsel akhirnya dibuka mulai Senin, 5 Oktober 2009.
    Kepastian tersebut setelah pihak Kanwil Depag menerima surat petunjuk pelaksanaan dan persetujuan rincian formasi dari Departemen Agama RI. “Senin sudah dimulai pendaftaran, jumlah yang diterima sebanyak 93 orang. Mengenai syarat, kualifikasi dan informasi lebih detil dapat dilihat di seluruh Kandepag kabupaten/kota”, ungkap Kasub Bag Kepegawaian Kanwil Depag Provinsi Kalsel Drs. H. Syafrudin. Dari jumlah tersebut lanjut Syafrudin, penempatan CPNS akan disebar di seluruh kabupaten/kota di Kalsel. “Tersebar disemua daerah, kecuali Tanah Laut, tahun ini tidak kebagian”, imbuhnya.

    Sumber: Media Kalimantan(Sabtu, 3 Oktober 2009)

    Mengajak Damai Malah Masuk Sel

    BANJARMASIN – Mengaku datang untuk mendamaikan suatu persoalan, tiga lelaki yang datang ke kawasan Jalan Cemara Ujung, Pasar Cemara, Banjarmasin Utara, kini justru mendekap di balik jeruji sel Mapolsekta Banjar Utara.
    Saud (24) dan Nasar (29), warga Jalan Antasan Kecil Barat RT 29, Banjarmasin Tengah serta Agus Salim (29), warga Jalan Veteran, Gang Sepajat RT 23, Banjarmasin, kedapatan membawa pisau dan parang, Rabu (30/9) siang sekitar pukul 13.00 Wita.

    Sumber : Metro Banjar (Sabtu, 3 Oktober 2009)
    Tumis Buncis Juga Tersedia
    BANJARMASIN, BPOST- Total calon jemaah haji melalui Embarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin tahun ini 3.574 orang. Rencananya kloter pertama dari Kabupaten Kotabaru dan Tanah Laut akan berangkat 23 Oktober nanti.
    Demikian disampaikan Kepala Kanwil Depag Provinsi Kalsel, Prof HA Fahmy Arief, Sabtu (3/10), pada pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin dan maltest makanan calon jamaah haji di Hotel Arum.

    Sumber : Banjarmasin Post (Minggu, 4 Oktober 2009)

  36. Rusinawati (A1B106053)

    Pengajian Mahligai Iman Dibuka
    BATULICIN, BPOST – Antusiasme warga Tanbu menghadiri majelis taklim begitu tinggi, terbukti saat dibukanya kembali pengajian rutin setiap Sabtu di Aula Mahligai Iman, komplek Kantor Bupati Tanbu, hadir sekitar 500-700 jamaah ibu-ibu, Sabtu (3/10).
    Pengajian yang sempat terhenti selama sebulan karena memasuki Ramadan dan lebaran Idulfitri, kini normal kembali. Berbagai warga dari pelosok desa tumpa hruah menghadiri siraman rohani tentang tauhid, fikih dan akhlak itu.
    Sumber: Banjarmasin Post, edisi Minggu 4 Oktober 2008 hlm 28

    Berjudi di Kolong Ponpes
     Kades Pekacangan Terancam Dipecat
    AMUNTAI – Kepala Desa Pekacangan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berinisial Md (55), terancam dipecat dari jabatannya karena tertangkap basah oleh tim Buru Sergap Polres HSU, Sabtu (26/9) lalu.
    Md tertangkap saat bermain judi kyu kyu di bawah kolong pondok pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha), desa Pekapuran Kecamatan Amuntai Utara. Puluhan penjudi lainnya yang berhasil melarikan diri.
    Sumber: Metro Banjar, Sabtu 3 Oktober 2009 hlm 10

    Petani Meratus Tak Terpengaruh Kemarau
     Gelar Pesta Panen Selama Dua Minggu
    BARABAI, BPOST – Kemarau panjang tahun ini tak memengaruhi petani ladang berpindah di Desa Datarlaga, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Mereka tetap menikmati hasil panen dan melaksanakan Aruh Ganal selama dua minggu, sejak Kamis, 24 September lalu.
    Sumber: Banjarmasin Post, edisi Selasa 6 Oktober 2009

  37. NAMA : DIAN DIAH DESTYANTI
    NIM : A1B107240
    TUGAS : KLIPING STRIGHT NEWS

    BERITA I
    Sabtu, 3 Oktober 2009

    Tak Ada Yang Akui Keluaga

    MARTAPURA, Metro Banjar-Kerangka manusia yang ditemukan di Jl Pemanjatan, Handil Kandanga, Gambut, Kabupaten Banjar, dua bulan lalu, akhirnya di kubur di Tungkaran Martapura Timur, Jumat (2/10) sekitar pukul 16.00 Wita.

    Setelah dua bulan berada di RSUD Ulin, kerangka berjenis kelamin perempuan yang ditemukan, Kamis (3/8), diserahkan ke RSUD Raza, Kamis (1/10), karena kasus tersebut terjadi di wilayah Kabupaten Banjar. Sehingga, untuk pemakaman mayat Mrs X ditangani RSUD Raza.

    Proses penangan kerangka dilakukan sesuai keyakinan Islam, mulai memandikan hingga penguburan. Pemakan hanya disaksikan petugas rumah sakit. Penguburan dilakukan karena tidak ada satu pun warga yang mengakui atau merasa kehilangan keluarganya.

    Kapolres Banjar melalui Kapolsek Gambut Ketut Sandra, mengatakan dari bberapa orang yang datang ke mapolsek, tidak ada yang cocok dengan identitas kerangka yang ditemukan tersebut.

    Bahkan, ada yang nyaris sesuai dengan identitasnya. Namun, melihat ciri-cirinya, salah satunya pakaian, dipastikan bukan dia yang dimaksud. “Setelah ditungu-tunggu ternyata tidak ada keluarga yang menyakini bahwa itu salah satu anggota keluarganya. dan karena sudah cukup lama, ya dikebumikan,”katanya. (ire)

    BERITA II
    Sabtu, 3 Oktober 2009

    Mengajak Damai Malah Masuk Sel

    BANJARMASIN, Metro Banjar- Mengaku datang untuk mendamaikan sebuah persoalan, tiga leleki yang datang ke kawasan Jalan Cemara Ujung, Pasar Cemara, Banjarmasin Utara, kini justru harus mendekam di balik jeruji sel Mapolsekta Banjar Utara.

    Saud (24) dan Nasar (29), warga Jalan Antasan KecilBarat RT 29, Banjarmasin Tengah serta Agus Salim (29), warga Jalan Veteran, Gang Sepajat RT 23, Banjarmasin, kedapatan membawa pisau dan parang, Rabu (30/9) siag sekitar pukul 13.00 Wita.

    Informasi didapat, ketiga pelaku mengaku hendak menjadi juru damai karena ada salah satu dari kawan mereka yang telah bermasalah dengan warga Cemara Ujung.

    Namun kedatangan mereka dengan mempersenjatai diri, membuat warga sekitar ketakutan hingga langsung melaporkan ke maspolskta.

    Petugas yang menerima laporan langsung berdatangan. Sementara ketiga pelaku yang tak mengira ulah mereka dilaporkan tak kabur.

    Kapolsekta Banjar Utara AKP Paryoto melalui Kanitreskim Ipda Aris MUnandar, mengungkapkan dari ketiganya ditemukan dua pisau dan satu parang. (dny)

    BERITA III
    Minggu, 4 Oktober 2009

    Pegawai Disdik Kaget

    PELEIHARI, Metro Banjar-Penyidik Unit Tipikor Satreskim Polres Tala makin mengintensifkan pengumpulan bahan dan keterangan terkait dugaan penyimpangan tiga proyek DAK (dana alokasi khusus), di Dinas Pendidikan Talatahun 2008.

    Informasi diperoleh, penggledahan sekaligus penyitaan dokumen penting tersebut dilakukan Kamis (1/10) siang pukul 14.30 Wita. Giat itu dipimpin Kanit Tipikor Bripda Sulaimi didampingi empat personel lainnya.

    Kehadiran mereka kabarnya cukup mengejutkan pegawai Disdik setempat. Mereka ditemui dan difasilitasi Sekretaris Disdik Tala selama melakukan penggeledahan berkas-berkas pentibg di instansi itu.

    Kapolres Tala AKBP Drs H Dadik Soesetyo S melalui Kasat Reskim AKP Dody Eka Putra SIK membenarkan penggeledahan dan penyitaan dokumen-dokumen penting proyek DAK tahun 2008 tersebut.

    “Ya benar, Kamis kemarin Unit Tipikor kami menyita sejumlah dokumen di Disdik,”ucap Dony dihubungi via telepon, Jumat (2/10).

    Dony mengatakan langkah hukum tersebut bagian dari upaya pengumpulan bahan dan keterangan terkait penelisihan tiga proyek rehap gedung SDN tahun2008 yang dibiayai DAK. (roy)

  38. Nama : AFRI RISYOFA RAHIM
    NIM : A1B107238
    REGULER B

    Berita 1
    7 Oktober 2009

    Hanya Lampu Kuning Menyala

    KOTABARU, RABU – Kebiasaan menerobos lampu merah masih sering dilakukan masyarakat. Tidak hanya di daerah lain, kebiasaan buruk itu juga masih sering terjadi di Kotabaru.

    Pantauan BPost Online, seperti yang terlihat di persimpangan Baharu.

    Tapi kali ini bukannya masyarakat yang melanggar lalulintas, tetapi sudah sekitar seminggu lebih rambu lalulintas itu tidak di perbaiki.

    Selain lampu merah dan hijau, hanya lampu kuning yang masih menyala tapi tidak ada tindakan dilakukan pihak terkait.

    (HELRIANSYAH)

    Berita II

    Ular Raksasa Sepanjang 33 Meter di Kalimantan

    SERAWAK, SABTU – Dalam beberapa hari ini, muncul sebuah foto udara yang membuat heboh Malaysia. Seekor ular raksasa berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan yang masuk wilayah Malaysia.

    Sebuah foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis yang dikelilingi oleh hutan gambut. Ular berwarna hitam itu sangat besar, hampir memenuhi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Air beriak di kiri kanannya. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter, 11 Februari 2009 lalu.

    Foto itulah yang menjadi perdebatan luas di Malaysia saat ini. Kalimantan memang memiliki ular-ular raksasa. Namun selama ini, ular yang besar yang baru ditemukan adalah sejenis sanca atau python atau masyarakat Kalimantan menyebutnya ular sawah, yang panjangnya belasan meter.

    Namun ular yang terlihat di foto dan beredar luas di internet, termasuk Youtube, jauh lebih panjang dan besar dibanding temuan python selama ini. Diperkirakan panjangnya 100 kaki atau sekitar 33 meter.

    Gambar tersebut diambil oleh anggota tim wilayah bencana banjir yang kemudian diterbitkan oleh Utusan Sarawak, sebuah koran lokal, pekan lalu. New Straits Times di Kuala Lumpur, juga memuat foto tersebut yang kemudian dirilis oleh The Telegraph, Inggris.

    Ada juga yang tidak mempercayai foto itu dan menganggapnya rekayasa semata. Hal ini karena terlalu jauhnya pengambilan gambar ular tersebut. Benar atau tidak, foto itu sudah membuat masyarakat di sekitar Serawak, khususnya Sibu, ketakutan. Sebab, sungai itu merupakan urat nadi transportasi masyarakat selama ini.

    Berdasarkan legenda yang hidup di masyarakat setempat, memang dipercaya tentang adanya anaconda di kawasan tersebut yang bernama Nabau. Menurut kepercayaan, Nabau merupakan ular dengan panjang 80 meter dengan kepala naga dan tujuh lubang hidung. Masyarakat desa yang tinggal di sungai Baleh Borneo mempercayai makhluk mistik tersebut. Selain itu, masyarakat memang sering melihat ular-ular besar di kawasan itu.

    Nah, pertanyaannya, bila foto itu asli, apakah ular yang terlihat itu sejenis python atau anaconda? Hingga kini memang belum ditemukan adanya anaconda di Kalimantan, kecuali dalam film Anaconda: The Hunt For The Blood Orchid yang laris itu.

    Rekor ular terpanjang saat ini memang anaconda (eunectes) dari Amazone. Anaconda merupakan keluarga boa. Panjang anaconda yang baru ditemukan adalah 50 kaki, namun para ilmuwan percaya ada anaconda yang panjangnya 80 kaki, bahkan 100 kaki dari temuan kulit ular tersebut oleh sebuah ekspedisi ilmuwan Inggris tahun 1992. Dalam keluarga anaconda, menurut situs lingkungan Mongabay, yang terbesar adalah anaconda hijau (Eunectes murinus). Panjangnya mencapai 43 meter.

    Python Asia adalah ular terpanjang kedua. Ilmuwan menyebutnya Asiatic Reticulated Python (python reticulatus). Python terpanjang yang ditemukan di kawasan Kalimantan panjangnya 33 kaki, dan merupakan rekor dunia sanca terpanjang saat ini. Para ilmuwan percaya panjang python bisa mencapai 50 kaki atau sekitar 15 meter.

    Bedanya, anaconda lebih langsing dan ahli berenang. Sementara python lebih gemuk dan hanya suka kelembaban, bukan di air. Anaconda menggigit mangsanya sampai mati sebelum menelan, sementara python menggunakan kekuatannya dengan membalut mangsa sampai tulang-belulangnya hancur atau tak bergerak lagi, kemudian ditelan bulat-bulat.

    Awal Februari, para ilmuwan menemukan fosil ular seberat sebuah mobil kecil. Ular itu diperkirakan bisa melumat binatang seukuran sapi. Monster sepanjang 45 kaki bernama Titanoboa sangat besar dan hidup dengan memakan buaya dan kura-kura raksasa. Beratnya mencapai 1,25 ton. Ia biasa merayap di sekitar hutan-hutan tropis Amerika Selatan 60 tahun silam.

    (yan/berbagai sumber)

    Berita III

    Situs Porno Jual Luna Maya Paling Mahal

    JAKARTA, RABU – Situs prostitusi yang diklaim milik germo Hartono Prapanca mencatut nama dan foto sejumlah artis papan atas. Meski foto para artis itu tidak vulgar, tuilsan penyertanya menyebutkan si artis bisa dipesan sesuai kebutuhan alias dipakai.

    Artis-artis yang fotonya terpampang dalam situs hartonosejakdulu.com tersebut antara lain Julia Perez atau Jupe, Ria Irawan, Julie Estelle, Asmirandah, Ardina Rasti, Sarah Azhari, Nabila Syakieb. Intan Nuraini, Masayu Anastasia, dan Angel Lelga yang kini berganti nama menjadi Angelique.

    Artis yang tarifinya paling mahal adalah Luna Maya dan Laudya Cynthia Bella.

    Tidak dapat dipastikan situs tersebut benar-benar menyediakan artis dan wanita-wanita pemuas nafsu laki-laki atau hanya kerjaan orang iseng belaka.

    “Terkenal, terbaik, terpercaya sejak doloe dengan koleksi wanita-wanita cantik, menarik dan berkepribadian untuk model/SPG serta sesuai dengan kebutuhan. Ingat-ingat jangan ke mana-mana. Semua ada di sini dan pasti puas! Awas tertipu! Hartono asli & paten,” begitu pesan dalam halaman awal situs itu. Kalimat bisa dipesan sesuai kebutuhan itu diterjemahkan bisa dipakai (bispak).

    Pengelola situs ini mengaku bermarkas di Jalan Prapanca, Jakarta Selatan, dan memiliki cabang di Surabaya, Batam, Bandung, dan Semarang. Dicantumkan pula dua nomor telepon bagi yang berminat memesan perempuan yang fotonya ada di situs tersebut. Namun, tadi malam, kedua nomor telepon tersebut tidak bisa dihubungi.

    Ketika ditanya soal namanya di website itu, Jupe mengaku tidak kaget. “Santai ajalah. Mau dibilang apa kek sama Hartono, rileks aja. Bilang sama Hartono, saya akan kasih Rp 300 juta kalau ada yang bisa dapetin saya,” kata Jupe melalui telepon, Selasa (17/2) siang.

    Jupe mengaku lelah karena sudah berkali-kali menghadapi pihak-pihak yang mengambil keuntungan dengan memanfaatkan dirinya. Jupe menduga, tubuh dan wajahnya yang seksi membuat foto-fotonya terpampang di majalah dan situs porno. “Aku kan seksi. Aku sih jaga sikap aja,” katanya.

    Jauh hari sebelum foto dan namanya nongol di hartonosejakdulu.com, Jupe pernah mengalami kejadian serupa. Pernah ada berita bahwa tarif mengencani Jupe semalaman mencapai Rp 1 miliar. “Bilang aja kalau harga saya sekarang sudah Rp 3 miliar,” seloroh Jupe.

    Sementara itu, kemarin siang, saat ditanya soal nama dan fotonya di situs hartonosejakdulu.com Luna Maya dan Laudya Cynthia Bella tak bersedia menjawab. Ditemui seusai syuting Dahsyat di Studio 6 RCTI, Kebonjeruk, Jakarta Barat, kedua artis itu diam seribu bahasa.

    Sedangkan Ria Irawan sambil bercanda mengatakan semoga ada yang benar-benar membooking-nya. “Mudah-mudahan ada yang booking,” katanya, kemarin. Ria mengaku ia adalah satu-satunya artis yang tidak pernah marah, meski dicap bispak atau bahkan jadi perempuan simpanan.

    Sementara Asmirandah mengaku tidak penah berbuat buruk. la mengaku belum pernah membuka situs prostitusi tersebut.

    Blokir situs

    Situs protitusi yang memajang foto dan nama artis-artis Indonesia, ternyata ditempatkan di hosting perusahaan Modern Outlook di Berjaya Times Square, Jalan Imbi, Kuala Lumpur, Malaysia. Situs itu dibuat 16 Juli 2007 dan masa berlakunya habis pada 16 Juli 2009.

    Modern Outlook merupakan perusahaan layanan teknologi informatika, termasuk pembuatan situs dan menyewakan ruang untuk situs. Siapa pembuat situs hartonosejakdulu.com tak diketahui karena akses ke sana ditutup.

    Menanggapi situs protitusi ini, anggota DPR dari Fraksi PAN, Abdillah Toha, mengaku kecewa terhadap kinerja Depkominfo karena tidak tegas menindak situs-situs pornografi dan provokatif. Menurut Abdillah Toha, DPR telah minta Depkominfo memblokir situs pornografi. Tapi, hingga kini, situs-situs syahwat tersebut masih dapat diakses dengan mudah.

    Dirjen Aplikasi Telematika Depkominfo, Cahyana Ahmadjayadi, mengaku pihaknya kesulitan memblokir situs-situs tersebut. Pasalnya, dari sekitar 108 juta situs, 40 persennya memuat konten pornografi.

    Di bisnis prostitusi, nama Hartono Prapanca memang tidak asing. Namanya berkibar di tahun 1990-an. Hartono dikenal sebagai germo kelas kakap dengan koleksi perempuan cantik dan para pelanggan dari kalangan atas. Oleh karena itu pula, Hartono dikenal sebagai pengusaha bordil kelas atas. Kabarnya, bisnis syahwatnya juga ada di Surabaya, Batam, Denpasar dan Semarang.

    Hartono memiliki nama lengkap Hartono Setiawan. Nama Prapanca merupakan nama lokasi favoritnya dalam berbisnis esek-esek. Ada yang menyebut nama tersebut berasal dart nama jalan di Jakarta Selatan.

    (Warta Kota/kin)

  39. TUGAS 2 KLIPING
    Mata Kuliah Menulis Ilmiah Populer
    Nama: Naila
    NIM: A1B107019
    Prodi: PBSID Reg. A 2007

    Sumber: Banjarmasin Post edisi 6 Oktober 2009

    1. Lead 1
    Walhi Segera Lapor ke Menhut
    Kuasa Pertambangan Rambah Taman Nasional
    SAMARINDA, BPOST – Direktur LSM Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kaltim Isal Wardhana menilai, dengan masuknya tujuh izin kuasa Pertambangan (KP) dalam usulan enclave atau pelepasan lahan di kawasan Taman Nasional Kutai (TNK) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), akan menjadi preseden buruk buat proses pengesahan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kaltim.

    2. Lead 2
    Makanan Pun Harus Disortir
    Hanya Enam Tahanan Terbukti Nyabu
    Banjarmasin, POST – Suasana berbeda terlihat di sel Polda Kalsel, Senin (5/10). Petugas Samapta memperketat makanan kiriman untuk para tahanan. Tiap kiriman dari keluarga tahanan langsung diperiksa dengan teliti.

    Sumber: Banjarmasin Post edisi 7 Oktober 2009
    3. Lead 3
    Hujan Setelah Salat Istisqa
    Salat Gaib untuk Korban Gempa
    BANJARBARU, BPOST – Beberapa menit setelah digelar Salat Istisqa di lapangan Murjani, Banjarbaru, Selasa (6/10), gumpalan awan mendung bergerak menyelimuti langit Kotabaru. Sekitar 90 menit kemudian atau sekitar pukul 10.45 Wita, hujan lebat pun mengguyur Banjarbaru dan sekitarnya.

  40. Nama: Nani Wardani
    NIM: A1B107011
    Prodi: PBSID REGULER A 2007

    Sumber: Banjarmasin Post edisi 6 Oktober 2009

    Lead 1
    Pemilihan Putra-Putri Sasirangan
    Piala Patah Tak Bikin Patah Semangat
    MINGGU (4/10) malam menjadi hari paling membahagiakan bagi M Adi Riza dan Rasuna Selvia. Dua remaja asal Banjarmasin itu pun tidak bisa menyembunyikan perasaan bahagianya. Senyumnya terus mengembang. Terlebih ketika menerima hadiah.

    Lead 2
    Mereka Pilihan Aman
     Presiden Umumkan 3 Plt Pimpinan KPK
    JAKARTA, BPOST – Presiden Susilo Bamabang Yudhoyono telah mengumumkan 3 buah nama pelaksana tugas (Plt) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yaitu Mas Ahmad Santosa, Tumpak Hatorangan Pangabean, dan Waluyo, Senin (5/10).

    Lead 3
    Wawancara Ditiadakan
     Pemohon Kartu Kuning Membeludak
    BANJARBARU, BPOST – Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Banjarbaru, Senin (5/10), dipadati pencari kerja yang ingin mendapatkan kartu kuning sebagai salah satu syarat mendaftar CPNS.

  41. Nama: Norhapika
    NIM: A1B107006
    Reg A

    Tugas 2 Kliping

    Lead 1
    Penghasilan Tani Kurang
    Gerebek Dadu Dapat Kupu
    GAMBUT- Wajah Safrudin (49) lebih banyak menduk saat digiring lima anggota Reskrim Polsek Gambut, dipimpin Kanitnya, Brigadir Purnoto, SH, Sabtu (3/10) pukul 16.00 wita.

    Lead 2
    Menebar Bakti Melalui Donor Darah
    BANJARMASIN, BPOST-Ratusan masyarakat terlihat berbaur mengikuti kegiatan sosial donor darah, yang digelar kantor Depertemen Komunikasi adan Informasi (Depkominfo) Kalsel, di Jalan Pramuka Banjarmasin, Senin (5/10)pagi.

    Lead 3
    15 Pejabat Diperiksa Bergiliran
    Dugaan Penyimpangan APBD Banjar
    BANJARMASIN, BPOST-Selama dua hari sejak Selasa (6/10), 15 pejabat di lingkungan Pemkab Banjar menjalani pemeriksaan secara bergiliran oleh Satgas Pidana Korupsi Kajagung di Kejati Kasel.

  42. Nama: Eva Faurina Hayati
    NIM: A1B107004
    Prodi: PBSID reg. A 2007

    Komentar -> menurut pemdapat saya, Ketiga lead berita tersebut termasuk tulisan jenis berita stright news karena memuat unsur berita yang lengkap yaitu 5W1H, judul berita menggambarkan isi berita, sesuai fakta, tidak bertele-tele serta bersifat kekiniaan.

    Kliping Lead Berita

    Besok, Antasari Resmi Dicopot

    JAKARTA, BPOST – Kamis (8/10), menjadi hari terakhir Antasari Azhar menyandang jabatan Ketua KPK. Bersamaan dengan agenda pembacaan surat dakwaan terhadap Antasari, Jaksa Agung Hendraman Supanji akan memberitahukan kepada Presiden Bambang Yudhoyono bahwa status Antasari berubah menjadi terdakwa.

    Pedagang Masih Belum Pindah

    BANJARMASIN, BPOST – Selasa (6/10), hari ini, dijadwalkan lokasi Pasar Tungging di dekat Kalindo, diresmikan Wali Kota Banjarmasin, H Wahyuni, bersamaan dengan perayaan HUT Kota Banjarmasin ke-483.

    Ganti Rugi Tak Jelas

    KUALAKAPUAS– merasa lahan mereka digarap PT Agri Bumi Sentosa (ABS) yang beroperasi di Kabuoaten Barito Kuala (Batola), warga Desa Anjir Palembang, Pulau Petak, Kapuas, mandatangi perusahaan menuntut ganti rugi.

  43. Nama: Norhapika
    NIM:A1B107006
    Komentra:
    Menurut saya pada ketiga berita ini cukup menarik, pada berita pertama kemacetan 8 km di Tol Purbaleunyi ini menceritakan mengenai kemacetan yang terjadi di kota Bandung pada akhir pekan minggu pertama libur sekolah. Sedangkan pada berita yang kedua mengenai kontigen jabar awali strat bagus ini yang berisikan bahwa adanya kontingen di Jabar mendapatkan mendali Emas dan 1 perunggu karena meraka belum mendapat emas pada pertandingan terdahulu. Kemudian pada lead yang ketiga ketua pansus RUU pemilu menyampaikan pernyataannya bahwa pemilu di Jakarta tidak terjadi pengunduran jadwal melainkan pergeseran hari H pemilu yang semula akan dilaksankan 4 April bergeser menjadi 9 April.

  44. Nama: Eva Faurina Hayati
    NIM: A1B107004
    Prodi: PBSID reg. A 2007

    Komentar -> menurut pemdapat saya, Ketiga lead berita tersebut termasuk tulisan jenis berita stright news karena memuat unsur berita yang lengkap yaitu 5W1H, judul berita menggambarkan isi berita, sesuai fakta, tidak bertele-tele serta bersifat kekiniaan.

    Kliping Lead Berita

    Besok, Antasari Resmi Dicopot

    JAKARTA, BPOST – Kamis (8/10), menjadi hari terakhir Antasari Azhar menyandang jabatan Ketua KPK. Bersamaan dengan agenda pembacaan surat dakwaan terhadap Antasari, Jaksa Agung Hendraman Supanji akan memberitahukan kepada Presiden Bambang Yudhoyono bahwa status Antasari berubah menjadi terdakwa.

    Pedagang Masih Belum Pindah

    BANJARMASIN, BPOST – Selasa (6/10), hari ini, dijadwalkan lokasi Pasar Tungging di dekat Kalindo, diresmikan Wali Kota Banjarmasin, H Wahyuni, bersamaan dengan perayaan HUT Kota Banjarmasin ke-483.

    Ganti Rugi Tak Jelas

    KUALAKAPUAS– merasa lahan mereka digarap PT Agri Bumi Sentosa (ABS) yang beroperasi di Kabuoaten Barito Kuala (Batola), warga Desa Anjir Palembang, Pulau Petak, Kapuas, mandatangi perusahaan menuntut ganti rugi.

  45. yuli marlianny
    A1B107206

    Komentar
    Dapat dilihat dari ketiga berita tersebut merupakan berita yang sudah menjadi berita yang bagus untuk dibaca karena di dalam berita-berita itu sudah memenuhi unsur utama berita yaitu 5W1H.
    Sedangkan untuk penulisan EYD ada yang kurang tepat.

  46. Nama : IFTI HANDAYANI
    NIM : A1B107051
    Lead berita 1
    Tiga Desa Terkubur
    TERKUBUR-Anggota TNi berusaha mencari korban ditimbunan tanah yang mengubur wilayah tiga desa di Padang Pariaman, Gempa 7,6 skala richter yang terjadi Rabu (30/9) juga mengakibatkan tnah longsor.
    Sumber: Harian Radar Banjarmasin Post, 4 Oktober 2009/15 Syawal 1430 H.

    Lead berita 2
    SERBU KALTENG
    PALANGKAYA, BPOST-Provinsi Kalteng menjadi daerah harapan bagi pencari kerja dari luar daerah. Tidak heran jika pencari kerja ramai-ramai datang ke daerah yang kaya sumberdaya alam itu untuk mencari kehidupan yang lebih baik.
    Sumber: Harian Banjarmasin Post, 5 Oktober 2009/16 Syawal 1430 H.

    Lead berita 3
    35,7 Persen Resiko Tinggi
    Banjarmasin, MK-Calon Haji Kalimantan Selatan (Kalsel) diminta untuk mempersiapkan diri menghadapi cuaca ekstrim. Hal itu penting mengingat musim haji tahun ini diperkirakan bertepatan dengan saat musim dingin di tanah suci Makkah. Apalagi, sebanyak 35,7 persen calon jamaah haji asal Kalsel termasuk berisiko tinggi.
    Sumber: Media Kalimantan, 6 Oktober 2009/17 Syawal 1430 H.

  47. Nama : Wina Hastuti
    NIM : A1B107040

    Tugas Kliping

    Berita 1
    “Di Kantor Gubernur Berjejer Kotak Amal”
    Ikatan Keluarga Minang Samarinda membuka posko penerimaan bantuan untuk korban gempa Sumatera Barat sejak sabtu (3/10) lalu. Bantuan yang sudah terkumpul dan sedang disalurkan berupa kebutuhan pokok yang dibelanjakan dari uang tunai senilai Rp 70 juta.

    Sumber : Banjarmasin Post;Trans Kalimantan; selasa, 6 oktober 2009

    Berita 2
    “Bersyukur Konser Dipindah”
    Andai pihak sponsor tak ngotot meminta grup Hijau Daun tampil di Bukittinggi terlebih dulu, dan bukan di Padang seperti rencana semula pada Rabu (30/9) lalu. Andai pihak panitia tak mengabulkan permintaan sponsor, tak ada yang tahu bagaimana nasib personel Hijau daun saat ini.

    Sumber : Metro Banjar; selasa, 6 oktober 2009

    Berita 3
    “70 Tokoh Tolak RUU Rahasia Negara”
    JAKARTA, BPOST – Pembahasan Rancangan Undang-Undang Rahasia Negara (RUURN) di tingkat panitia kerja Komisi 1 DPR, telah tuntas, Jumat (11/9). Berselang dua hari, suara penolakan sudah bergema. Banyak kalangan khawatir demokrasi akan terkebiri jika RUU itu disahkan.

    Sumber : Banjarmasin Post; Senin, 14 September 2009

  48. TUGAS KLIPING
    NAMA : JAMILAH
    NIM : A1B106049
    Lead-lead berita:

    80 % Pelanggan Tak Dapat Air

    BANJARMASIN, MK- Sejak pukul 03.00 hingga 06.00 Wita kemarin (2/10), halaman dan lantai dasr kantor PDAM Bandarmasin Jl A Yani Km 2,5 Banjarmasin digenangi air berlumpur. Pipa distribusi induk air baku yang ada disamping kantor, bocor. Untuk menghentikan kucuran air yang deras dari lubang pipa yang bocor tersebut, pihak PDAM langsung mematikan distribusinya. Bahkan berakibat terganggunya pelayanan distribusi air ke pelanggan, terutama diwilayah kecamatan Banjarmasin Utara, Barat, dan sebagian Banjarmasin Tengah.
    Akibat kebocoran pipa distribusi yang mengucurkan air 500 liter per detik tersebut, sekitar 80 % pelanggan di tiga wilayah tersebut tidak mendapatkan air bersih, terutama saat perbaikan dilakukan.
    Sumber: Media Kalimantan (Sabtu, 03 Oktober 2009)
    Didominasi Lulusan SMA
    KUALA KAPUAS, BPOST- pencari kerja di kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) masih didominasi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)
    Menurut kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan pada Dinas Tenaga Kerja kabupaten Kapuas, Jumat, hingga akhir September 2009 jumlah pencari kerja lulusan SMA mencapai 1.922 orang, terdiri atas 694 laki-laki dan 553 perempuan.
    Kemudian 484 pencari kerja setingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 191 perempuan.
    Sumber: Banjarmasin Post (Minggu, 04 Oktober 2009)
    Telisik Penyertaan Modal
    BANJARMASIN- Janji pihak penyidik tindak pidana korupsi Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalsel melakukan pemeriksaan usai lebaran pada kasus dugaan korupsi penyimpangan dana Sekretariat Daerah (Sekda) kabupaten Banjar, akhirnya dilakukan.
    Pada Kamis (1/10), pihak penyelidik Adpidsus melakukan pemeriksaan terhadap dua orang saksi yakni Nuriyami yang menjabat sebagai Bendahara PPKD pada Dinas Pendapatan kabupaten Banjardan mantan sekretaris Daerah (Sekda) Banjar Ir H Yusni Anani.
    Sumber: Metro Banjar (Sabtu, 3 Oktober 2009)

  49. Tugas 2

    NAMA: NURDIANA
    NIM: A1B107035

    BERITA 1

    Dihantam pikap,
    satpam tewas

    SAMPIT – Kecelakaan maut menimpa seseorang pengendara sepeda motor yang melintas di jalan Tjilik Riwut KM 86, Desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu Kotim, Jumat (2/10) sekitar pukul 19.00 WIB. Pria yang diketahui bernama Aritani, seorang satpam perkebunan kelapa sawit di Cempaga Hulu ini tewas secara mengenaskan karena dihantam mobil pikap saat sedang memacu kendaraannya.

    Sumber: Radar Banjarmasin. Minggu, 4 Oktober 2009

    BERITA 2

    Mantan Menteri Keuangan
    Jepang Tewas

    TOKYO, MK- Mantan menteri keuangan jepang yang mengundurkan diri setelah tampil dalam kondisi mabuk di sebuah jumpa pers di luar negeri ditemukan tewas di rumahnya, Minggu (4/10). Penyebab kematian Shoichi Nakagawa masih dalam penyelidikan, ungkap juru bicara polisi Tokyo. Menurut sumber, tubuhnya ditemukan oleh istrinya di kamar tidur di rumah mereka di Tokyo.

    Sumber: Media Kalimantan. Senin, 5 Oktober 2009

    BERITA 3

    Kongres Golput
    Provokatif

    Sri Bintang: Polisi Melecehkan Komnas HAM

    SOLO, BPOST – Dinilai sarat provokasi, Kepolisian Kota Solo, Jawa Tengah, melarang Dewan Pengurus Nasional Persaudaraan Golongan Putih Indonesia (persatindo) menggelar kongres kaum golongan putih (golput) adikal Revolusioner IV, berlangsung di Solo.

    Rencananya, kongres ini berlangsung sejak kemarin (Sabtu, 4/10) di Hotel Sarangan Jalan Slamet Riyadi Solo. Sesuai jadwal, seharusnya kongres ini telah dimulai sabtu siang, pukul 13.00 WIB. Namun, hingga pukul 15.00 kongres tak kunjung di mulai, menyusul larangan dari Poltabes Solo.

    Sumber: Banjarmasin Post. Minggu, 4 0ktober 2009

  50. Nama: Muhammad Rizal
    NIM: A1B107021
    PBSID reg A

    Ketiga lead tersebut tergolong jenis berita straight news alasannya karena ketiga berita itu bersifat lugas, aktual, dan informatif serta berstruktur piramida terbalik
    Selain itu, dari ketiga lead berita tersebut masih ditemui kesalahan penulisan karena tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).

  51. Tugas 2
    Membuat Kliping
    Nama : Henny Hasnita
    NIM : A1B107016 / REG. A

    Lead berita 1

    Warga AS Pun Pikirkan Banjarmasin

    BANJARMASIN, BPOST – Gema pengembangan Banjarmasin sebagai kota berbasis sungai ternyata sampai ke luar negeri. Buktinya, lomba desain kota yang digelar Pemerintah Kota Banjarmasin mendapat sambutan antusias dari para aristek mancanegara.
    Sumber : Banjarmasin Post
    Senin, 5 Oktober 2009

    Lead berita 2

    Kalsel Bantu Secara Permanen

    BANJARMASIN, MK – Selain menyalurkan bantuan logistik berupa makanan dan obat-obatan, Pemprov Kalsel juga menyalurkan bantuan bersifat permanen seperti pembangunan fasilitas umum (fasum) dan pendidikan terhadap korban gempa di Sumatera Barat. Gubernur Kalsel H Rudy Arifin menegaskan komitmen Pemprov untuk membantu pemerintah setempat khususnya dalam hal penanganan paska bencana.
    Sumber : MEDIA KALIMANTAN
    Selasa, 6 Oktober 2009

    Lead berita 3

    HUT TNI Diakui Terasa Istimewa

    BANJARMASIN – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-64 tahun 2009, tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, diakui sejumlah kalangan terasa istimewa dari tahun-tahun sebelumnya.
    Sumber : Mata Banua
    Selasa, 6 Oktober 2009

  52. Henny Hasnita ( A1B107016 )
    Menurut saya, dari ketiga lead berita tersebut kita dapat membuat kesimpulan bahwa dalam straight news setidaknya memenuhi unsur-unsur yang disebut dengan 5W+1H. Namun, adakalanya sebuah berita terkadang tidak harus lengkap unsur-unsurnya asalkan unsur wajb beritanya sudah termuat dalam berita tersebut. Unsur wajib sebuah berita ialah unsur what dan who, sedangkan unsur lainnya seperti when, where, why, how, dan so what hanya sebagai unsur pendukung. Pada berita 1, unsur 5W+1H disajikan secara lengkap. Pada berita 2 unsur-unsur beritanya tidak disajikan secara lengkap karena unsur why tidak ditemukan pada berita tersebut. Sedangkan Pada berita 3 unsur 5W+1H juga tidak disajikan secara lengkap, seperti yang kita lihat pada berita itu unsur why dan how tidak dipaparkan.

  53. Nama: Marlina
    NIM : A1B107049/ REG A

    Tugas 2
    KLIPING

    LEAD BERITA 1
    Hari Ini Berkas Manajer HBI Masuk PN Banjarmasin

    BANJARMASIN- Berkas salah satu manajer Hotel Banjarmasin Internasional (HBI), dalam waktu dua hari akan dilimpahkan oleh Sat Reskrim Poltabes Banjarmasin ke Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin, perihal diduga melanggar Peraturan Daerah (Perda) Ramadhan Pemko Banjarmasin, Jumat (28/9) lalu.

    Sumber: Mata Banua
    Selasa, 6 Oktober 2009

    LEAD BERITA 2
    Caleg Tersandung Laporan Ijazah Palsu

    BANJARBARU, BPOST- Legislator DPRD Banjarbaru yang terpilih pada Pemilu 2009 berinisial As terancam pidana karena dilaporkan ke Mapolres Banjar oleh Hamdi, (43) guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ahsanul Insan, Desa Keladan Baru, Gambut, Banjar.

    Sumber: Banjarmasin Post
    Senin, 5 Oktober 2009

    LEAD BERITA 3
    Kalsel Bantu Secara Permanen

    BANJARMASIN, MK- Selain menyalurkan bantuan logistik berupa makanan dan obat-obatan, Pemprov Kalsel juga menyalurkan bantuan bersifat permanen seperti pembangunan fasilitas umum (fasum) dan pendidikan terhadap korban gempa di Sumatera Barat. Guberbur Kalsel H Rudy Arifin menegaskan komitmen pemprov untuk membantu pemerintah setempat khususnya dalam hal penanganan pasca bencana.

    Sumber: Media Kalimantan
    Selasa, 6 Oktober 2009

  54. NAMA : RIDHAWATI
    NIM : A1B107208
    TUGAS KLIPING SRTAIGHT NEWS

    Banjarmasin, 7 Oktober 2009

    ASAP MEMBUMBUNG DARI JENDELA TOKO

    Ny Helina (40) terduduk di bangku plastik di pinggir Jalan Pasar Baru, Banjarmasin. Wajahnya pucat. Sementara matanya menatap Toko Asia Jaya yang terus mengeluarkan asap akibat terbakar, Rabu (30/9) sekitar pukul 16.00 Wita.
    Musibah menimpa perempuan yang akrab disapa Taci Elen ini. Toko miliknya yang menjual barang kelontongan di kompleks Pasar Baru dilumat api.
    Kepada petugas Kepolisian yang melakukan pendataan, Taci Elen mengaku kebakaran terjadi akibat korsleting listrik di tokonya. Saat itu, aliran listrik di kawasan kompleks Pasar Baru baru saja byarpet. “Api berasal dari listrik yang korsleting di dinding lantai dua,” ujarnya kepada petugas.
    Jika dilihat dari luar bangunan dari beton itu, memang tidak terlihat ada kobaran api. Namun asap tebal terus membumbung dari sela-sela jendela toko berlantai tiga ini. Asap tercium menyengat seperti plastik terbakar.
    Puluhan petugas BPK berjibaku untuk memadamkan api terutama untuk mengantisipasi agar tidak meluas. Maklum kawasan pasar tersebut cukup padat. Hanya beberapa unit yang bisa melakukan pemadaman karena terhambat medan padat.
    Beruntung, kebakaran tersebut tidak menelan korban jiwa. Namun diperkirakan kerugian materil yang ditanggung Taci Elen cukup besar. Terlebih kebakaran juga sempat merembet ke gudang milik H. Makmun.
    Sebelumnya, pukul 03.30Wita, terjadi pula kebakaran di belakang gedung SMPN 14 di Jalan Banua Anyar RT 3 Nomor 14 Banjarmasin. Dua kantin sekolah ludes terbakar.

    Banjarmasin, 7 Oktober 2009

    ALUH-ALUH KRISIS AIR BERSIH
    TERPAKSA MANDI SEMINGGU SEKALI

    SUDAH tiga hari ini Bahrani Karim tidak mandi. Padahal, tidak ada larangan baginya untuk mandi, baik terkait kesehatan atau hal lainnya.
    Bahkan, cuci muka pun hanya dilakukan saat berwudu ketika akan mengerjakan salat. Padahal, sebagai Pembakal Bakambat, Aluh-aluh, Banjar, tidak jarang harus berurusan dengan pejabat.
    Saat silaturrahmi dengan Bupati Banjar HG Khairul Saleh di Mahligai Sultan Adam, Martapura, dia juga tidak mandi. Untuk menghilangkan bau badan dia mengoleskan minyak wanyi ke tubuhnya.
    Jarang mandi itu sudah dilakukannya selama hampir dua bulan ini. Parahnya, tindakannya itu juga dilakukan oleh semua warga di Bakambat.
    “Bahkan, ada warganya yang tidak mandi selama seminggu. Bahkan, kalau mau berhubungan dengan istri harus berpikir panjang karena memikirkan adakah air yang digunakan untuk mandi,” katanya sambil tertawa.
    Pasalnya, di desa itu dan desa lain di sekitarnya, seperti Tanifah, Sungai Musang dan Labat Muara mengalami krisis air bersih.
    Air sungai yang biasa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari, mulai mandi hingga minum sangat asin. Sehingga, mesti dijernihkan, tidak bisa dimanfaatkan.
    Parahnya, suplai air bersih yang biasa disuplai oleh penjual air pun sulit didapat. Kalaupun ada, mereka harus merogoh kantong lebih dalam.
    Soalnya, setiap jeriken air dengan volume 25 liter harus dibayar dengan harga Rp. 5000. “Kalau gampang cari tidak jadi soal. Ini sudah mahal, susah dicarinya,” keluh Bahrani.
    Untuk mendapatkan air tawar warga harus mencarinya ke Desa Bunifah. Pasalnya, penjual air jeriken tidak pernah sampai ke muara Aluh-aluh atau pelabuhan.
    Aksi hemat terpaksa dilakukan. Air tawar yang didapat hanya digunakan untuk konsumsi.
    Akibat aksi hemat air bersih tersebut, penyakit diare mulai menyerang sejumlah anak di desa Bakambat. Soalnya, peralatan masak tetap dicuci dengan air sungai yang asin.
    Kesulitan air di Aluh-aluh bukan hanya dirasakan desa di sepanjang Sungai Barito. Desa-desa di daratan pun juga merasakan krisis air tersebut.
    Menurut Kasi Kesra Kecamatan Aluh-aluh, Suharto, air bersih seharga Rp. 4.000 itu dianggap murah oleh warga. Bahkan, dengan harga Rp. 5.000 pun, pembelinya berebut.
    Humas PDAM Intan Banjar, Budiyanto mengatakan, jaringan air bersih ke Aluh-Aluh sedang dibangun. Diperkirakan beroperasi 2010 mendatang.

    Banjarmasin, 7 Oktober 2009

    SERTIFIKAT PERBATASAN

    BADAN Pertanahan Nasional Kalbar menerbitkan 3000 sertifikat untuk perbatasan Indonesia-Malaysia.
    “Baru untuk di Kabupaten Sambas,” kata Kepala BPN Kalbar Emmiel AU Poluan, Selasa (29/9).
    Sertifikat itu 16 kecamatan di lima kabupaten yakni Kec Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintan dan Kapuas Hulu.
    BPN Kalbar memproses sertifikat secara bertahap sesuai pendanaan melalui APBN. Tahun lalu tahap pendataan penggunaan dan pengukuran tanah di Kabupaten Sambas.
    “Tahun ini datanya diregister di BPN setempat,” ujarnya.
    Pemberian sertifikat dalam dua tahap, tahun 2008 sebanyak 2000 sertifikat, tahun 2009 seribu sertifikat. Emmiel berharap ada bantuan dari pemda kabupaten/kota untuk mendukung program sertifikat lahan di perbatasan.
    ___________________________________________________________________

    Berita 1 dan 2 bukan jenis stright news. Coba Anda perhatikan lagi jenis stright news di sini!

  55. Tugas 2 (lead berita)
    Ahsani taqwiem
    A1B107007

    Berita 1
    BERHENTI LANGSUNG TERIMA CEK
    BANJARBARU.BPOST – Anggota DPRD Kota Banjarbaru periode 2004-2009 mengakhiri masa bakti pada 9 Oktober mendatang. SK Gubernur Kalsel nomor 188.44/0376/KUM/2009 tentang peresmian pemberhentian akan diterima, berikut uang untuk terkahir kalinya.
    – Banjarmasin Post. Minggu, 4 Oktober 2009

    Berita 2
    SUNGAI MARTAPURA TERCEMAR
    BANJARMASIN, MK – Kondisi sungai di Kalimantan Selatan (Kalsel) terutama pada musim kemarau sangat memprihatinkan. Selain terus mengalami penyempitan dan pendangkalan, juga dicemari oleh berbagai zat berbahaya.
    – Media Kalimantan. Selasa, 6 Oktober 2009

    Berita 3
    BIAYA PROYEK BENGKAK HINGGA 10-25 PERSEN
    JAKARTA – Penguntan liar dan penyuapan masih menjadi batu sandungan bagi pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Lemahnya penegakan hukum dan kurangnya transparansi bisnis menjadi pemicunya.
    – Radar Banjarmasin. Kamis, 8 Oktober 2009

  56. Berita 1
    Sumber: Media Kalimantan
    Selasa, 6 Oktober 2009
    17 Syawal 1430 H
    GM TCM Divonis 7 Tahun
    Banjarmasin, MK- Kasus dugaan korupsi di PT Pos Logistik area Banjarnaru menyeret Taufiqurrahman, General Manager PT. Tiara cemerlang Mandiri (TCM) menjadi pesakitan. Bahkan, dalam siding di Pengadilan Negeri (PN) Banjarbaru, Senin (5/10) kemarin, mitra kerja PT Pos Logistik area Banjarbaru ini divonis 7 tahun penjara, denda Rp 300 juta, dan subsidair 3 bulan penjara.

    Berita 2
    Sumber: Radar Banjarmasin edisi 4 Oktober 2009
    Gempa 8,8 SR Ancam Padang
    Padang- Guncangan gempa dasyat berkekuatan 7,6 skala Richter (SR) yang melanda Padang, Sumatera Barat, Rabu lalu (30/9) kemungkinan besar terjadi lagi. Para pakar memperkirakan gempa lebih dasyat dengan daya rusak dan hancur seperti musibah tsunami pada 2004 bisa terjadi pada decade mendatang.

    Berita 3
    Sumber: Banjarmasinpost online edisi 9 Oktober 2009
    Vietnam Ancam Sedot Wisatawan Asing
    HO CHI MINH, KOMPAS.com – Turisme menjadi salah satu andalan Vietnam. Sumbangan pendapatan negara dari sektor ini diharapkan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Vietnam termasuk sukses menggarapnya, bahkan mereka siap menyedot wisatawan asing.

    Setelah itu leadnya diapakan lagi, Pak?
    ___________________________________________________________________

    Setiap kali mengirimkan tugas, jangan lupa mencantumkan NIM

  57. Sufian Akbar (A1B107060)

    Berita 1
    Sumber: Banjarmasin Post
    Jumat, 9 Oktober 2009
    Miss Universe 2009 Kepincut Indonesia
    INDONESIA seringkali di cap sebagai negara yang kurang aman oleh banyak turis asing. namun Miss Universe 2009 Stefania Fernandez justru mengaku betah berada di Indonesia.

    Berita 2
    Sumber: Republika Newsroom
    Jumat, 09 Oktober 2009
    Masuknya Rizal Dinilai Rusak Kaderisasi
    JAKARTA–Masuknya Rizal Mallarangeng dalam struktur kepengurusan DPP Partai Golkar, seketika menuai kecaman dari kalangan internal partai itu sendiri. Ajakan konsolidasi untuk meminta pengunduran diri Rizal pun didengungkan.

    Berita 3
    Sumber: Tempo Interaktif
    Selasa, 06 Oktober 2009
    Lamban Menangani Bencana
    SUDAH berkali-kali negeri ini diterjang gempa hebat sebelum petaka itu mampir ke Sumatera Barat pada pekan lalu. Namun, kita tidak menjadi lebih sigap. Baik pemerintah pusat maupun daerah terkesan lamban menolong korban. Cara penanganan bencana kali ini bahkan lebih buruk dibanding pada gempa di Yogyakarta tiga tahun yang lalu.
    ___________________________________________________________________

    Ok. dp

  58. NAMA: DIAN DIAH DESTYANTI
    NIM : A1B107240
    KOMENTAR

    Dari ketiga lead berita diatas merupakan jenis berita stright news, karena sudah mencakup unsur 5W1H, bersifat lugas dan penulisannya sesuai dengan EYD, sehigga berita itu sangat menarik dan mudah dimengerti saat dibaca.

  59. NAMA: DIAN DIAH DESTYANTI
    NIM : A1B107240
    TUGAS KLIPING LEAD BERITA

    -BERITA I

    Tak Ada yang Akui Keluarga

    MARTAPURA- Kerangka manusia yang ditemukan di JL Pemanjatan, Handil Kandangan, Gambut, Kabupaten Banjar, dua bulan lalu, akhirnya dikubur di Tungkaran Martapura Timur, Jumat (2/10) sekitar pukul 16.00 Wita.

    SUMBER: Metro Banjar, Sabtu (3 Oktober 2009)

    -BERITA II

    Mengajak Damai Malah Masuk Sel

    BANJARMASIN- Mengaku datang untuk mendamaikan sebuah persoalan, tiga lelaki yang datang ke kawasan Jalan Cemara Ujung, Pasar Cemara, Banjarmasin Utara, kini justru harus mendekam di balik jeruji sel Mapolsekta Banjar Utara.

    SUMBER: Metro Banjar, Sabtu (3 Oktober 2009)

    -BERITA III

    Pegawai Disdik Kaget

    PELAIHARI- Penyidik Unit Tipikor Satreskim Polres Tala makin mengintensifkan pengumpulan bahan dan keterangan terkait dugaan penyimpangan tiga proyek DAK (dana alokasi khusus), di Dinas Pendidikan Tala tahun 2008.

    SUMBER: Metro Banjar, Minggu (4 Oktober 2009)

  60. NAMA : FITRIANA
    NIM : A1B107207
    Reguler B

    KLIPING 1
    TERLEMPAR dari MOBIL PATROLI

    BANJARMASIN, BPOST Bripto Jahren Eko nyaris celaka. Mobil Patroli Polsekta Banjarmasin Tengah yang ditumpanginya ditabrak mobil Avanza dari belakang, selasa (29/9) dini hari.
    Dia terlempar dari mobilnya ke aspal hingga terluka di dahi. Dia segera dilarikan ke Rumah Sakit TPT dari Soeharsono kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Bahyangkarauntuk mendapatkan perawatan.
    Periastiwa itu terjadi sekitar pukul 20.00 Wita di persimpangan Jalan Meratus dan Jalan SoetoyoS. Keterangan Briptu Poldwin Rumapea yang menyetir mobil patroli, dia dan Jahrem baru pulang mengantar dua saksi untuk visum di RSUD Ulin Banjarmasin.
    Saat itu posisi Jahrem berada di bagian belakang mobil patroli. Baru masuk Jalan Meretus menuju Mapolsekta Banjarmasin Tengah, tiba-tiba mobil Toyota Avanza dengan nomor polici DA 8911 AN menabrak bagian belakang mobol patroli.
    “Kita telah masuk Jalan Meratus. Nobil yang melaju kencang menabrak bagian belakang mobil kita. Saking kerasnya tabrakan membuat mobil terputar 180 derajat,” kata Rumapea.
    Dia sempat terduduk beberapa menit di balik kemudi dengan luka lecet di kakinya. Sementara rekannya Briptu Jahren Eko terkapal di aspal.
    Keterangan saksi mata, mobil Avanza yang melaju kencang dari arah Teluk Dalam sebelum menghantam mobil patroli. “Mungkin karena kondisi jalan sepi, sopir mobil Avanza menerebos lampu merah merah di jalan Soetoyo S. Di dalam mobil ada tiga pria dan tiga perempuan,” katanya.
    Akibat kerasnya tabrakan bagian depan mobil Avanza ringsek. Sementara mobil mobil patroli rusak di bagian belakang. Sayangnya, Reza warga Kompleks Guntur Permai, Hulu Sungai Tengah yang mengemudikan mobil Avanza langsung kabur uasai kejadian.
    Kapolsekta Banjarmasin Tengah AKP Sabana Atmojo mengatakan, kasus ini telah ditaangani sat Lantas Poltabes. Dua mobil Avanza Rahman dan Erli sudah dimintai keterangan.
    Berdasarkan Rahman pula, Sabana menyebutkan Reza adalah anak seorang anggota DPRD Balangan. Selain Rahman dan Erli, ada Arif (27), Farida dan Reza, di dalam mobil ada seorang perempuan yang tidak mereka kenal.
    Kanik Lidik Sat lantas Poltabes Ipda Sutarno mengatakan masih mencari Reza.

    KLIPING 2

    Kunan Tewas Tertimbun Bersama Uang Rp 10 Juta

    Selasa, 6 Oktober 2009 13:46 WIB
    BAU anyir langsung menyeruak begitu anggota tim dokter Posko Bantuan Polda Sumatera Selatan membuka kantong mayat untuk melakukan identifikasi, sore itu. Hasil identifikasi memastikan jenazah itu merupakan Kunan, lelaki berusia 65 tahun, warga setempat.
    Jenazah lelaki itu merupakan korban terakhir yang bisa dikeluarkan oleh tim evakuasi dari timbunan tanah longsor di Desa Pulau Air, Kecamatan Patemuan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, beberapa saat sebelum berakhirnya masa pencarian pada Senin (5/10) petang. “Ada banyak uang di kantongnya,” kata seorang dokter yang tiba-tiba berteriak.
    Teriakan itu membuat puluhan orang yang berada di sekitar posko terperanjat dan langsung mengerubungi mayat Kunan. Tim evakuasi menemukan jenazah Kunan sekaligus uang tunai yang tak sedikit. Jumlah uang yang ada di saku pria itu diperkirakan mencapai Rp 10 juta.
    Ketika puluhan orang heboh dan mengabadikan kejadian itu lewat lensa kamera telepon seluler, seorang perempuan terlihat terguncang di ujung sebuah tenda posko bantuan. Perempuan itu adalah Refli (30), anak kandung korban gempa bumi yang baru saja dievakuasi dari timbunan tanah longsor.
    Refli mungkin sudah terjerembap ke tanah apabila seorang kerabatnya tak langsung memeluk tubuh perempuan itu yang tiba-tiba lunglai. Air mata Refli tak tertahankan lagi membasahi pipinya. Bibirnya tampak bergetar saat ia berulang kali mengucapkan kalimat tauhid, “La illahaillalah Muhammadurasulullah.”
    Dia tampaknya tak sanggup lagi melihat jasad ayahnya yang sudah membusuk. Ketika berulang kali dokter meminta Refli untuk menerima uang ayahnya, tak setapak pun dia melangkah dari tempatnya berdiri. “Tidak, saya tidak kuat melihatnya,” ujar perempuan berjilbab itu.
    Berkat dorongan dari beberapa orang di sekitarnya, Refli akhirnya berani mendekat dan menerima uang itu. Uang yang diselamatkan dari tubuh Pak Kunan semuanya basah dan berbau busuk. Dengan perlahan dan hati-hati, Refli memasukkan uang itu ke dalam sebuah kantong plastik. Ia masukkan begitu saja uang itu, tanpa mau menghitungnya lagi.
    Kunan adalah satu korban dari ratusan korban di daerah itu yang tertimbun tanah longsor akibat gempa bumi di 30 September yang melanda Sumatera Barat. Berdasarkan data posko bantuan Polda Sumatera Selatan, jumlah korban jiwa yang tertimbun longsor di tempat itu mencapai 391 orang.
    Korban jiwa sangat besar karena longsor menimpa tiga desa, yakni Desa Pulau Air, Desa Lebak Laweh, dan Desa Lebahan Panjang. Hingga kini masih ada lebih dari 200 orang yang masih tertimbun longsor dan belum bisa dievakuasi. Di sana sebagian rumah dan penghuninya hilang ditelan bumi.
    Sejumlah rumah yang tak tertimbun tidak bisa dihuni lagi karena ambruk hingga rata dengan tanah. Sedangkan warga yang rumahnya rusak ringan menyatakan tidak ingin tinggal di rumah itu lagi.
    Kondisi sama juga terjadi di dusun tetangga mereka, Lubuk Laweh. Di sana hanya tersisa 15 orang yang hidup. Berdasarkan data di Posko PB Padang Pariaman, warga korban tertimbun longsor di Dusun Lubuk Laweh mencapai 130 orang, yang telah dievakuasi 19 orang.

    Refli mengatakan, ayahnya baru saja selesai menjual kerbau di pasar tak jauh dari desanya. Itu sebabnya banyak uang tunai ditemukan di saku celana Kunan. “Ayah saya kerja berjualan ternak, waktu itu dia baru saja selesai berdagang ketika gempa tiba-tiba terjadi,” kata Refli.
    Keluarga korban memutuskan untuk langsung menguburkan jenazah korban pada saat itu juga di pemakaman umum yang tak jauh dari desa mereka. “Saya cuma bisa pasrah saja,” kata Refli.
    Informasi dari seorang petugas evakuasi, Kunan ditemukan terkubur dengan tangannya menggenggam Al Quran. Malang memang tak bisa ditebak.

    KLIPING 3

    Pembantu Rumah Tangga Digendham, Dua Cincin Emas Melayang

    Selasa, 6 Oktober 2009 | 20:17 WIB
    Seorang pembantu rumah tangga, Kastiyah (45), menjadi korban pencurian dengan modus gendham. Kastiyah pun kehilangan uang tunai Rp 500.000, dua buah telepon genggam, dan dua cincin emas.
    “Mereka (pelaku) berpura-pura jadi paranormal yang mengaku bisa menyembuhkan saya,” kata Kastiyah ketika melaporkan kejadian itu di Kepolisian Wilayah Kota Besar Semarang, Selasa (6/10) di Semarang. Dua pelaku gendham itu beraksi di dalam bus.
    Menurut Kastiyah, dua pria yang menjadi pelaku gendham itu menghampirinya ketika sedang berada di dalam bus dari Terminal Terboyo menuju daerah Karangayu Semarang, Selasa pagi. Kastiyah baru saja kembali dari tempat tinggalnya di Demak.
    Saat berada di dalam bus, salah satu pelaku mengajak Kastiyah berjabat tangan. Pelaku tersebut kemudian menunjukkan batu akik yang dikenakan. Pada saat itulah pelaku mengenalkan diri sebagai paranormal.
    “Orang itu lalu menutupi mulutnya dan muntah. Tangannya kemudian dibuka dan di telapak tangannya terdapat tumpukan paku besi,” kata Kastiyah . Dengan berpura-pura muntah itu, pelaku ingin menunjukkan bahwa Kastiyah sedang sakit. Pelaku pun menawarkan diri untuk menyembuhkan Kastiyah.
    Pelaku meminta Kastiyah menyerahkan kedua cincin yang dipakainya. Cincin seberat satu gram dan dua gram itu dimasukkan ke dalam tas milik Kastiyah.

    Setiba di Jalan Kariadi, Semarang, kedua pelaku dan Kastiyah turun. Pelaku kemudian menunjukkan dua buah telur. “Mereka mengatakan kalau telur tersebut sudah berisi penyakit saya,” kata Kastiyah.
    Salah satu pelaku membuang salah satu telur di got yang terdapat di Jalan Kariadi. Ketika pelaku selesai membuang, pelaku tersebut meminta Kastiyah juga ikut membuang telur lainnya. Sebelum Kastiyah membuang telur itu, pelaku meminta Kastiyah menitipkan tasnya.
    Setelah Kastiyah selesai membuang telur, Kastiyah mendapati kedua pelaku itu sudah menghilang. Kastiyah pun langsung lemas dan menangis. Warga yang berada di sekitar tempat kejadian membantu Kastiyah melaporkan kejadian itu ke Polwiltabes Semarang.
    “Saya tidak sadar ketika disuruh macam-macam,” kata Kastiyah. Saat ini, pihak Polwiltabes Semarang berusaha mencari kedua pelaku gendham tersebut.

  61. Nama: Taufik Akbar
    NIM: A1B107009
    PBSID Reguler A

    Melihat dari isi beritanya, menerut saya ketiga lead berita di atas termasuk berita Straight News, karena berita tersebut merupakan berita terbaru. Lead berita di atas juga sudah mengandung unsur 5W1H. Namun, secara penulisan masih ada terdapat kesalahan.

  62. Nama : Leny Karliana
    NIM : A1B107233
    REGULER A
    TUGAS KLIPING BERITA

    Berita 1
    Takbir Iringi Pemakaman Noordin
    KUALALUMPUR,BPOST – Bersama dengan azan Magrib, Jumat (2/10) pukul 19.00 waktu setempat, jenazah gembong teroris Noordin M Top bimasukkan ke dalam liang lahat berukuran 3 x 1,5 meter yang telah dipersiapkan keluarganya. Jenazah Noordin yang diterbangkan dari Jakarta tiba pukul 18.00 waktu setempat, dan langsung disalatkan di Mesjid Jami Nurul Iman, Malaysia, yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi perkuburan. Kuburan teroris nomor wahid di Asia Tenggara itu berada tepat di samping kuburan kakak pertamanya, yang berada di kampong Melayu, Pontian Besar, Johor, Malaysia. Seluruh keluarga Noordin ikut dalam salat dan prosesi penguburan tersebut. Sekitar 500-an orang yang menghadiri dan ikut mengiringi jenazah Noordin terus meneriakkan takbir.
    Sumber : Banjarmasin Post 3 Oktober 2009

    Berita 2
    Badai Petir Ancam Pontianak
    PONTIANAK, BPOST- Badan meterologi, Kalimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak mengingatkan ancaman badai petir dan angin ribut di arah pesisir Kalimantan Barat dalam dua minggu mendatang. “Karena akan terjadi peralihan angin muson Australia ke muson Asia sehingga menimbulkan cuaca ekstirem,” kata Kepala BMKG Supadio Pontianak Bambang Hargiyono. Wilayah yang perlu mewaspadai badai petir dan angin ribut yakni Kota Pontianak, Kabupaten Sambas dan Ketapang. Curah hujan di Bulan September 2009 masuk kategori normal yakni 190,3 milimeter dengan delapan hari hujan, namun dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hari hujan kali ini terbilang sedikit.
    Sumber : Banjarmasin Post, Sabtu 3 Oktober 2009

    Berita 3
    Penembakan kembali terjadi di Freeport
    PAPUA, BPOST – Penembakan kembali terjadi di area pertambangan PT Freeport, Papua terhadap bus karyawan yang membawa 12 petugas keamanan dan cleaning service, Sabtu (12/9) pagi sekitar 08:50 WIT, Akibatnya dua orang terluka. Dari informasi, berondongan peluru oleh orang tak dikenal tersebut membuat bodi bus bagian atas tertembus peluru dari sebelah kanan hingga tembus kiri sebanyak dua tembakan.
    Sumber : Banjarmasin Post, Minggu 13 September 2009

  63. Nama : Isnawati
    NIM : A1B107003
    PBSID Reguler A 2007

    1. Sumber : Banjarmasin Post

    Israel Tutup Masjid Al Aqsa

    JERUSSALEM, BPOST- Polisi Israel menutup satu kompslek tempat tersuci ketiga Islam, Masjidil Al Aqsa di Jerussalem, Minggu (4/10). Mereka juga melepaskan tembakan gas air mata ke pengunjuk rasa Palestina memprotes tindakan itu.

    2. Sumber : Mata Banua

    Tergantung Hasil Valencia

    ESTORIL- Keberhasilan Jorge Lorenzo menjadi juara di GP Portugal membuat selisih poin dengan Valentino Rossi menjadi hanya 18 poin. Dengan tiga balapan tersisa, titel juara dunia ditentukan di GP Valencia.

    3. Sumber : Media kalimantan

    Doni Dalam Kondisi On Fire

    BANJARMASIN, MK- Dua gol yang sukses disarangkan pemain tengah PS Barito Putera pada laga pembuka Divisi I Liga Indonesia Grup VIII Zona Jawa/Kalimantan
    II ke gawang Persepam Pamekasan, Madura, membuat Doni Setiya Budi juga dalam kondisi on fire.

  64. M. Syaiful Arif
    A1B107203 reg B

    I

    35,7 persen resiko tinggi
    Banjarmasin, MK-
    Calon haji Kalimantan Selatan diminta mempersiapkan diri untuk cuaca yang ekstrim. Hal itu penting mengingat musim haji tahun ini bertepatan denagn musim dingin di tanah suci Mekkah. Apalagi, sebanyak 35,7 persen calon jamaah haji asal Kalsel termasuk berisiko tinggi.
    Media Kalimantan 6 okt 09

    II

    sungai Martapura Tercemar

    Banjarmasin, MK-
    Kondisi sungai di Kalimantan Selatan terutama pada musim kemarau sangat memprihatinkan. Selain terus mengalami penyempitan dan pendangkalan, juga dicemari oleh berbagai macam zat berbahaya.
    Media Kalimantan 6 okt 09

    III

    H. Sulaiman HB : Golkar masih besar

    Kata siapa Golkar bukan lagi partai besar? Menurut ketua DPD Partai Golkar Kalimantan Selatan, HA Sulaiman HB, kenyataannya Golkar masih partai yang besar. Partai yang masih menjadi perhatian, bukan saja elit politik di negeri ini, tetapi juga masyarakat Indonesia.
    Media Kalimantan 6 okt 09

  65. Nama: Adianor Humaidi Ansari
    NIM:A1B107043
    PBSID Reguler A

    Menurut saya isi ketiga lead berita di atas termasuk berita Straight News karena berita tersebut merupakan berita terkini yang baru saja terjadi. Selain itu, juga terdapat unsur 5W1H. Namun, secara penulisan masih terdapat kesalahan karena tidak sesuai dengan EYD.

  66. Tugas II
    Nama: Adianor Humaidi Ansari
    NIM:A1B107043
    PBSID Reguler A

    Pingsan Lihat Rumah Jadi Arang
    ● Dalam 45 menit, 13 rumah Hangus
    BANJARMASIN, BPOST- Raungan sirine mobil barisan pemadam kebakaran (BPK) bersahutan memecah keheningan Banyiur Luar Rt 9 Kelurahan Basirih Banjarmasin, Jumat (28/12) pagi.

    Pulang Berdagang Dipukul Perampok
    ● 150 Gram dan Rp 10 Juta Raib
    BARABAI, BPOST- Aksi perampokan membuat korbannya babak belur terjadi di areal pasar Birayang, Kecamatan Labuan Amas Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Senin (23/7) sekitar pukul 22.00 Wita.

    Eksekusi Tanah di Basirih Ricuh
    ● Penggusuran Ditunda
    ● Warga Siap Mediasi
    BANJARMASIN, BPOST- Eksekusi tanah yang dilakukan petugas juru sita Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin di jalan Cempaka Raya RT 38 Banjarmasin Barat, Selasa (8/1) nyaris berakhir ricuh.

  67. Tugas II
    Nama: Muhamad Sopian
    NIM: A1B107025
    PBSID Reguler A

    Puting Beliung Sapu 20 Rumah
    GAMBUT- Ahmad Gazali (50) sibuk memunguti barang-barang berharga miliknya yang berserakan lantaran disapu angin puting beliung, Rabu (7/10) siang. Sesekali Gazali menyingkirkan pecahan gelas dan piring. Dia tidak sendirian. Dibantu sanak saudaranya.
    Sumber: Metro Banjar.

    Peralihan Kekuasaan Berjalan Damai
    Selasa (6/10) ini, Banjarmasin PostGroup menggelar diskusi dan bedah buku Buku Mekkah: Kota Suci, Kekuasaan dan Teladan Ibrahim, yang ditulis cendikiawan muslim, Zuhairi Misrawi. Selain dihadiri langsung oleh penulis, buku yang laris ini akan dikupas oleh Dr Mujiburrahman MA dan moderator Alfisyah MHum.
    Sumber: Banjarmasin Post.

    Mereka Telah Tewas Tolong Ikhlaskan….
    PADANG, BPOST- Gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter—disusul belasan gempa berkekuatan lebih rendah—yang mengguncang Sumatera, menyisakan duka yang sangat dalam. Seperti yang dialami keluarga 50 murid sekolah dasar (SD) yang terkubur di sekolahnya.
    Sumber: Banjarmasin Post.

  68. TUGAS 3
    NAMA :FAHRINATI FITRIAH
    NIM :A1B107204
    REGULAR B
    Tugas Kliping Lead Berita

    Lead Berita 1
    Korban Gempa di Cilacap Menanti Bantuan

    CILACAP, KOMPAS – Ratusan warga Kabupaten Cilacap, korban gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang berpusat di perairan Tasikmalaya pada 2 September lalu mengimbau agar pemerintah bisa segera memberikan bantuan perbaikan tempat tinggal mereka. Hingga Minggu (4/10), mereka masih mengungsi dan tinggal di tenda atau rumah kerabat terdekat.
    Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Cilacap, ada 285 rumah roboh, 962 rusak berat, dan 2.345 rusak ringan dalam musibah tersebut. Selain itu, 1 balai desa roboh, 4 rusak berat , dan 6 rusak berat; serta 4 bangunan pasar roboh. Total kerugian hampir mancapai RP 22 miliar.
    Kepala Desa Cinyawayang Tusiman mengatakan , warga yang rumahnya roboh dan rusak itu sudah lama menanyakan bantuan perbaikan rumah. “Tidak mungkin meminta mereka mendirikan sendiri. Mereka hanya buruh tani yang upahnya sangat kecil”. Katanya

    Lead Berita 2
    Wonosobo Tanggamus Dilanda Banjir

    BANDAR LAMPUNG, KOMPAS – Hujan deras yang mengguyur wilayah Wonosobo, kabupaten Tanggamus, Lampung, selama akhir pecan menyebabkan ratuswan rumah dan areal persawahan terendam banjir.
    Minggu (4/10) pagi genangan air mulai surut. Meski demikian, Kepolisian sector Wonosobo tetap mengerahkan personelnya untuk memantau daerah itu.
    Luapan air menggenangi sekitar 1.000 rumah warga dibeberapa desa sekitar sungai tersebut . “Areal persawahan pun terendam, terlihat seperti lautan”. Kata Arif seraya mengatakan, kemarin pagi genangan air akibat luapan sungai sudah surut dan warga sudah membersihkan rumah masing-masing.
    Dataran tanah Wonosobo merupakan kawasan yang dilalui beberapa sungai dari hulu di hutan Bukit Barisan Selatan menuju arah Teluk Semaka.

    Lead Berita 3
    Kerusakan karena Tsunami Mirip Badai Katrina di AS

    PAGO PAGO, MINGGU – Tsunami mematikan yang menghantam Samoa Amerika pada pekan lalu menyebabkan kerusakan separah dampak badai Katrina di Amerika Serikat tahun 2005.
    Judy Bartzart, petugas penyelamat AS yang menyaksikan kedua bencana tersebut (4/10), menuturkan, orang – orang tidak mungkin mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana sebesar itu.
    Tsunami setinggi hingga 7,5 meter menerjang Pasifik selatan , selasa pecan lalu menewaskan sekitar 180 orang di Samoa Amerika, dan Tonga. Tsunami dipicu gempa bawah laut berkekuatan hingga 8,0 skala Richter. Anak-anak menjadi korban terbanayk di Samoa Amerika. Mereka berasal dari desa-desa di pantai barat Samoa Amerika. Tsunami menghantam saat mereka pulang sekolah setelah terjadinya gempa.
    Sumber : Kompas

  69. Gesit Aprianto
    A1B107014
    PBSID Reguler A

    Berita 1
    Satu Kata: Menang!

    Minggu (4/10) ini kesebelasan kebanggaan Banua, Barito Putera mulai menapak perjalanan sejarah. Sudah lama warga provinsi ini menunggu kembali berprestasinya Barito. Mereka memimpikan, Barito disegani lagi di kancah persepakbolaan nasional. Oleh karena itu, hanya ada satu jawaban dalam laga perlawanan Persepam, Pamekasan, Madura, hari ini. Menang!
    Sumber: Banjarmasin Post

    Berita 2
    Landasan Pacu Pun Ambles

    UNTUNG segera diketahui. Landasan pacu Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, ambles. Lubang ambles sepanjang 130 sentimeter, lebar 90 sentimeter dengan kedalaman 18 sentimeter itu berada dekat kawasan touch down. Jika roda masuk ke lubang itu, sangat mungkin pesawat akan tergelincir.
    Sumber: Banjarmasin Post

    Berita 3
    Diserang Saat Makan Malam

    Kotabaru – Senin (5/1) sekitar pukul 20.00 Wita, kelompok pendulang emas yang dipimpin Padli diserang kelompok pendulang emas yang dipimpin Hariadi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, anggota masing-masing kubu menderita luka.
    Sumber: Metro Banjar

  70. Nama : Ichwan Al Safa
    NIM : A1B107022
    PBSID Reguler A

    Berita 1
    Giliran Demam Berdarah Mengintai

    PALANGKARAYA-Hujan membuat kasus diare akibat kesulitan air bersih di Kabupaten Kotawaringin timur (Kotim) menurun drastis. Namun muncul kekhawatiran lain yaitu wabah demam berdarah dengue (DBD) yang bias merenggut korban jiwa.
    Sumber : Banjarmasin Post

    Berita 2
    Kota Suci dan Kekuasaan

    BUKU ini memaparkan Kota Makkah sebagai kota suci bagi umat Islam. Di dalamnya terdapat Kabah yang merupakan kiblat salat. Di kota inilah pemimpin besar dan utusan Allah, Nabi Muhammad SAW dilahirkan.
    Sumber : Banjarmasin Post

    Berita 3
    Pemkab Didesak Tertibkan Penggunaan Mobil Dinas

    PELAIHARI-Pemerintah Kabupaten Tanahlaut diminta segera mengevaluasi kembali pengelolaan dan penggunaan mobil dinas (mobdin). Pasalnya selama ini masih banyak yang digunakan di luar kepentingan kedinasan, terutama saat hari libur.
    Sumber : Banjarmasin Post

  71. Tugas3
    NAMA :FAHRINATI FITRIAH
    NIM :A1B107204
    Regular B

    Membuat Berita Straight News
    Topik 1
    Ketua DPRD Optimis Kota Cimahi akan Menjuarai Kota Sehat Tahun Ini

    CIMAHI – Ketua DPRD Kota Cimahi, Ade Irawan mengaku optimis kalau kota Cimahi akan menjuarai kota sehat tahun ini asal dibarengi kerja keras semua elemen.
    “Baik itu masyarakat maupun Dinas Kesehatan Kota Cimahi harus berjibaku mengejar target,”katanya kemarin (7/10).
    Menurut pengakuan Ade Irawan, pengajuan kota Cimahi harus disyukuri. Namun bukan hanya disyukuri melainkan harus diikuti dengan kerja yang nyata dari seluruh elemen masyarakat.

    Topik 2
    Perusahaan Taksi Argo Mulai Melirik Banjarbaru Sebagai jalan Pengembangan Bisnis

    BANJARMASIN, RADAR BANJARMASIN – Sukses di Banjarmasin, dua perusahaan taksi argo mulai melirik banjarbaru untuk pengembangan bisnisnya Banjarbaru dianggap ideal untuk memiliki sarana transportasi berargo.
    H. Fauzan Ramon, pemilik Taksi Arya yang sudah mengajukan perizinan untuk bisa beroperasi di Banjarbaru mengaku, pihaknya mengajukan 50 unit untuk bisa beroperasi di Banjarbaru.
    “Walikota sudah setuju tapi Dinas Perhubungan Banjarbaru hanya memberikan izin untuk lima unit saja. Kalau Cuma lima unit jelas sangat rugi,” katanya baru-baru tadi kepada Radar Banjarmasin
    Karena, untuk bisa mendapatkan untung, minimal harus mengoperasikan 25 unit taksi argo.

    Topik 3
    Organisasi Pengusaha Angkutan Darat

    JAKARTA – Pada lebaran tahun ini, organisasi pengusaha angkutan darat (organda) meminta pemerintah menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor. Hal itu perlu dilakukan untuk mendongkrak jumlah pemudik yang menggunakan angkkutan darat hingga lima persen.
    Saat ditemui kemarin, di kediaman Ketua Umum Organda, Murphy Hutagalung mengatakan “Kami menargetkan kenaikan jumlah penumpang angkutan jalan darat maksimal 5 persen atau lebih tinggi dari prediksi Depatemen Perhubungan sebesar 3-4 persen”. Lebih tingginya prediksi Organda dibanding Dephud disebabkan karena akan banyak masyarakatyang beralih menggunakan bus sejalan dengan tidak adanya tuslah pada lebaran tahun ini.

  72. Nama : Nurul Aisatul Hamisa
    Nim : AIBI07205

    Rossi Unggul 0,05 Detik
    JUARA bertahan motoGP, Valentino Rossi (Fiat Yamaha) menjadi yang tercepat dalam sesi latihan bebas pertama di Motegi. Ia unggul tipis 0,056 detik atas Casey Stoner (Ducati Marlboro) yang dibelakangnya.
    Waktu terbaik itu ditorehkan Rossi menjelang berakhirnya sesi latihan.Pembalap asal Italia, tersebut berhasil menajamkan catatan waktunya sendiri menjadi 1 menit 48,545 detik.
    Stoner yang mendominasi seri pembuka lalu di Losail, dalam sesi ini langsung tancap gas dan bisa mengemas waktu 1 menit 48.601 detik. Tapi Rider ducati tersebut lantas kembali kegarasi sehingga bisa dimanfaatkan Rossi. Ini 1 start sangat penting karena kami berada di puncak dan ini sangat penting “kata Rossi dilansir Autosport.
    Rekan satu tim Rossi, Jorge Lorenzo, juga mencatat waktu memuaskan dengan menjadi pembalap ketiga tercepat. Dia berhasil membuat waktu dibawah kisaran 1 menit 49 detik.
    Dua pembalap Rizla Suzuki Chris Vermeulen dan Loris Capirossi berada diposisi empat dan keenam.Mereka mengapit penbalapYamaha Tech 3,Colin Edwards, yang ada ditempat kelima.(Persda Network/rie)

    Makan Gratis di Hari Jadi
    KOTABARU, BPOST –Warga Kotabaru, Senin (1/6), mendapat jamuan istimewa dari pemkabnya. Siapa saja yang hadir pada puncak perayaan hari jadi ke-59 kabupaten itu, mendapat suguhan berbagai macam makanan warga boleh makan sepuasnya, tanpa dipungut bayaran,aneka makanan itu merupakan sumbangan berbagai instansi di pemkab Kotabaru, BUMN, BUMD dan beberapa perusahaan.
    Sambil menikmati hidangan, warga disuguhi kesenian daerah seperti tarian-tarian, musik dan paduan suara.
    Khusus tarian yang diperagakan pelajar di Kotabaru, membuat undangan kagum. Bahkan sejumlah undangan mengacungkam jempol melihat kemampuan pelajar itu.
    Bupati Kotabaru H.Sjachrani Mataja dalam sambutannya mengatakan, pambangunan di Kotabaru berpihak pada rakyat, terutama pendidikan dan kesehatan.
    Tiap tahun selain mengalokasikan anggaran pendidikan 20 persen dan kesehatan 16 persen dari APBD.Untuk kemajuan Kotabaru,Sjachrani berjanji akan melobi pemerintah pusat membantu penbangunan jembatan Tanjung Ayun-Tarjun. Diperkirakan jembatan yang melintasi selat laut itu menyerap biaya Rp 1,3 triliun.
    “kami berharap pemerintah Propinsi Kalsel dan pemerintah pusat mendukung pembangunan jembatan itu,”kata Sjachrani (hh).

    Launching Buku dan Pameran Foto
    Tiga Tahun Yayasan Suaka Ananda BPos
    PADA 20 Juni 2009, Yayasan Suaka Ananda BPos genap berusia tiga tahun. Segudang agenda disiapkan untuk merayakan ulang tahun yayasan kemanusian yang bergerak kepada kesehatan anak itu disiapkan.
    Kemarin. di gedung HJ DJOK Mentaya, Banjarmasin Post Group dilangsungkan rapat panitia. Tiga motor penggerak yayasan, A Wahyu Indriayanta, Sukendi Johan dan Budi Kristanto memandu jalannya rapat .
    Bakti social berupa operasi bibir sumbing bekerja sama dengan PT Arutmin dan panti asuhan, menjadi pilihan dilaksanakan pada Mei 2009.
    Kemudian pendiri yayasan yang di antaranya Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Aiffin, Wagub ,Rosehan NB dan Walikota Banjarmasin, Yudhi Wahyuni, brsama pengurus lain diminta menulis pengalaman tentang duna anak, kemudian tulisan akan dirangkum dalam sebuah buku,
    ‘Misalnya Pak Rusdi pemimipin Umum BPos,HG Rusdi Effendi AR, bisa saja menulis tentang masa kecilnya, lalu dipasang fotonya menggandeng putranya, Hendi (drummer GIGi ),” kata seksi penulisan buku, Robensjah Sjacran. Buku itu akan dilaunchuing pada puncak acara. Selain launching buku, digelar pameran foto tentang anak yang dimotori Aida mslimah Rosehan NB bersama SBPC ( South Borneo Photografi Club) dan pertunjukkan jazz.

  73. NAMA: NORISTA HELISAH
    NIM: A1B107234

    Tuntut penuntasan kasus korupsi

    BANJARMASIN – Datag dari hulu sungai tengah (HST) dan Tabalong, sejumlah warga yang berunjukrasa damai kejaksaan Tinggi (Kejati) Kasel, kamis (8/10).
    Kedatangan mereka menuntut pihak Kejari Tanjung dan Barabai serius untuk menangani laporan adanya penyimpangan sehingga merugikan keuangan Negara.

    METRO BANJAR
    JUMAT 9 OKTOBER 2009

    Air Meluber ke Jalan

    Drainase Banyak Mampet

    MARTAPURA, BPOST – hujan deras yang turun beberapa hari terakhir ini mengakibatkan sejumlah kawasan di Kota Martapura kebanjiran, karena mampetnya drainase sehingga air meluber ke jalan.
    Kawasan yang kebanjiran antara lain jalan veteran dan Jalan Pangeran Abdurrahman. Parahnya lagi, permasalahan drainase mampet di dua kawasan itu tiap musim hujan.

    Banjarmasin Post
    SENIN 12 OKTOBER 2009

    Lima Bagan Ambruk

    KOTABARU, BPOST – Angin kencang disertai gelombang besar diperairan Kotabaru merusak bagan nelayan setempat. Lima unit bagan nelayan Sarang Tiung ambruk dihantam gelombang dengan ketinggian satu sampai dua meter.
    “selama gelombang besar, kami belum berani ke laut,” kara Kamarudin (33) salah seorang nelayan, minggu (11/10).

    Banjarmasin Post
    SENIN 12 OKTOBER 2009

  74. Saya setuju dengfan pendapat teman-teman di atas, ketiga Lead berita tersebut sudah memiliki struktur penulisan berita yang baik. sudah mencakup teknik penulisan berita, yaitu 5W1H. Tetapi, penulisan berita tersebut penggunaan EYDnya masih kurang tepat.

  75. Nama : Musdalifah
    NIM : A1B107253

    TUGAS 2
    KLIPING BERITA

    Berita 1
    Puluhan Siswa Tewas Berpelukan
    • Pengungsi Terancam Kelaparan
    Ketika bumi bergoyang selama lima menit, Rabu (30/9) petang, saat itu pula ratusan bangunan di ibu kota Sumbar, Padang, luluh lantak. Pun dengan gedung lembaga bimbingan belajar, GAMA. Tragisnya, saat itu terdapat sekitar 60 siswa dari berbagai sekolah mengikuti les.
    Sumber: Banjarmasin Post

    Berita 2
    Banyak Tabrakan, Banyak Penalti
    • Vettel Start Terdepan di Grand Prix Jepang
    Suzuka, Babak kualifikasi Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka kemarin (3/10) penuh aksi. Sejumlah pembalap mengalami kecelakaan, berbuntut dihentikannya babak tersebut beberapa kali. Buntutnya, sejumlah pembalap kena hukuman lima posisi start.
    Termasuk pasangan pembalap yang kini memimpin klasemen, Jensen Button dan Rubens Barrichello dari Brawn-Mercedes.
    Sumber: Jawa Post

    Berita 3
    Putih Merah Berkibar Tiga Jam
    Anggota kodim 1011/Klk berbaju loreng tengah menurunkan sang merah puith yang dipasang terbalik di halaman Kantor Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kapuas, Senin (12/10) siang.
    Peristiwa unik namun memalukan terjadi di Kantor Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP KB) Kapuas, senin (12/1). Simbol Negara, yakni sang merah putih, dipasang terbalik. Sehingga menyerupai bendera Polandia.
    Sumber: Banjarmasin Post

  76. Kartini Yuanita
    AIBI07245
    Reg B

    Tugas Kliping 2:

    Berita 1
    Radar Banjarmasin. Minggu, 4 oktober 2009. Jadwal sidang Antasari Azhar dalam kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen, Dirut Putra Rajawali Banjaran (PRB), sudah ditemukan. Jika tidak ada aral melintang, Antasari bakal mulai duduk di pesakitan sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, kamis (8/10). Kejaksaan Agung pun sudah mulai melakukan persiapan.
    Dalam kasus itu, selain Antasari, tiga yang akan disidang dalam kasus Nasrudin adalah Sigid Haryo Wibisono, Wlliardi Wizar, dan Jerry Hermawan Lo. Ketiganya akan didakwa ikut dalam perencanaan terhadap Nasrudin. Antasari sendiri disebut sebagai perencana (intelectual dader).
    Saat ini keempatnya ditahan di Rutan Polda Metro Jaya dengan status titipan Kejaksaan. “Jaksa yang bertugas menghadirkan ke persidangan,” kata Didiek.
    Dengan digelar persidangan Antasari, statusnya akan berubah menjadi terdakwa. Jabatan sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) remsi dicopot. Nantinya jaksa agung akan memberitahukan kepada Presiden tentang perubahan status itu. Pengganti Antasari di KPK saat ini masih dalam pembahasan tim lima.

    Berita 2
    Merto Banjar. Kamis , 9 juli 2009. Persahabatan ternyata juga bisa goyah hanya gara-gara salah ucap. Bahkan, persahabatan antara Pi (25) dan Ahim (20) justru berubah menjadi perseteruan yang berakhir pada penusukan.
    Merasa tersinggung dengan ucapan sahabatnya, Pi (25), nekat menusuk ahim (26) dengan sebuah belati.
    Akibat serangan itu, Ahim, mengalami luka di pinggang serta di tangan kanannya. Sementara usai melukai korban, Pi langsung mengambil langkah seribu, meninggalkan temannya yang terkapar.
    Kejadian itu dialami korban di Gang Ampalan RT8, Jalan Kelayan B, kecamatan Banjarmasin Selatan, Rabu (8/7) sore sekitar pukul 16.00 WITA. Warga yang melihat korban terluka, secepatnya melarikan Ahim ke RSUD Ulin Banjarmasin. “dari keterangan beberapa orang, penusukan itu terjadi karena tersangka Pi, warga Kompleks Bina, kelurahan Murung Raya merasa tersinggung dengan ucapan korban,” ucap salah satu petugas Polsekta Banjarmasin Selatan, di RSUD Ulin Banjarmasin.
    Rupanya ada kata-kata Ahim yang membuat Pi tersinggung. Adu mulut antara keduanya pun terjadi dan puncaknya dalam keadaan sama-sama emosi, tak diduga Pi mencabut belati dan menyerang Ahim. Serangan begitu tiba-tiba sempat ditangkis Ahim. Namun justru tangan kanannya yang terluka. Serangan berikutnya mengenai bagian pinggang Ahim.

    Berita 3
    Radar Banjarmasin. Minggu, 4 oktober 2009. Kedua pelaku penjambretan Syarief (16) dan Basriansyah alias Baci (25) keduanya warga Perumnas Cemara Ujung, babak belur diamuk warga setelah tertangkap saat beraksi, jumat (2/10) malam sekitar pukul 23.00 Wita.
    Menurut Baci, sebenarnya tak ada niat mereka untuk melakukan penjambretan terhadap Yeni Kurnia (24) dan Lolita (25). “Kami terpaksa karena tak ada uang,”ujarnya.
    Melihat tas tersebut diletakkan begitu saja, Syarief dan Baci langsung mengikuti sepeda motor yang dikendarai Lolita. Saat berada di kawasan Jl Jafri ZamZam, tepatnya dekat stadion 17 Mei, sepeda motor yang dikendarai Syarief langsung memepet sepeda motor korban.
    Saat memasuki kawasan Pasar Tungging Jl Belitung yang sedang macet, Lolita langsung menabrakkan sepeda motornya hingga jatuh.
    Warga pun langsung mengeroyok pelaku hingga babak belur. Beruntung aksi main hakim warga tak membuat nyawa kedua pelaku melayang. Setelah puas menghajar warga meyerahkan pelaku kepada petugas. Oleh petugas Syarief yang sudah tak sadarkan diri serta Baci yang babak belur langsung dilarikan ke RS Bhayangkara.
    ___________________________________________________________________

    dp

  77. TUGAS 2 Membuat Kliping
    NAMA : HELLY YULITA
    NIM : A1B107236
    REGULER B

    1. Akhirnya Hanya Makan Lontong
    BANJARMASIN, Kekecewaan kembali menimpa peserta Sail Bunaken Rally 2009, Minggu (11/10) malam. Pergelaran seni budaya, serta jamuan makan malam (dinner) dari pemerintah kota Banjarmasin, batal.
    Penggantinya, peserta yang berasal dari berbagai negara tersebut akhirnya diboyong ke jalan Seberang Masjid, untuk santap malam di Lontong Orari.
    (Sumber: Banjarmasin Post, Selasa 13 Oktober 2009 )

    2. Terpanggil Bantu Korban Gempa
    BANJARMASIN, Kepedulian terhadap korban gempa bumi di Padang, Sumatra Barat, terus ditunujkkan masyarakat banua. Kali ini giliran pengusaha Kalsel, Dicky Gunawan yang merupakan pemilik Duta Mall Banjarmasin menyerahkan bantuan untuk korban gempa.
    Didampingi General Manager Duta Mall Maria Agnes Aprilia, Dicky Gunawan menyerahkan langsung bantuan dana untuk korban gempa Sumbar sebesar Rp 25 juta, kepada pemimpin umum Banjarmasin Post Group HG Rusdi Effendi AR, bertempat di Gedung Djok Mentaya kantor Banjarmasin Post Group, Senin, (12/10). ”Semoga bantuan ini bisa disalurkan dengan baik dan bermanfaat bagi korban gempa.” ungkapnya.
    (Sumber: Banjarmasin Post, Selasa 13 Oktober 2009 )

    3. Digugat Warga Aceh
    JAKARTA, Setelah dinobatkan sebagai Putri Indonesia 2009, Jumat (9/10), Qori Sandioriva terus menuai kritik dari masyarakat Aceh.
    ”Dia lahir di Jakarta, ibunya saja orang Aceh Tengah. Secara silsilah dia bukan orang Aceh, apalagi dengan penampilan seperti itu dia tidak pantas mewakili Aceh,” kata seorang mahasiswa di Banda Aceh, Rahmah, Selasa (13/10).
    (Sumber: Banjarmasin Post, Rabu 14 Oktober 2009 )

  78. nama : Ridhawati
    nim : A1B107208
    Reg B

    Pak ini perbaikan tugas 2 yang membuat kliping koran.

    ULANG PEMUNGUTAN SUARA

    PERAHU pembawa kotak suara TPS 22 tenggelam di Dungai Malinau di Kalimantan Timur, Rabu (7/10). Kondisi itu membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malinau melaksanakan pemungutan suara ulang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Kecamatan Malinau Selatan, Jum’at (10/7).
    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) Andi Sunandar mengatakan, perahu tenggelam akibat arus sungai yang deras. “Tiga anggota KPPS dan polisi berhasil menyelamatkan diri tetapi kotak suara dan perahu tenggelam,” katanya.
    Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu Kecamatan Malinau Selatan Samuel mengatakan, perahu terbalik dihajar arus saat menuju Payan Seturan dari Long Lake.
    “TPS 22 mencakup 203 warga dua kampung itu yang keduanya dijangkau dengan perahu,” katanya.
    Pemungutan suara ulang, menurut Ketua KPU Malinau Ule Ibo, memakai surat suara cadangan dan sisa pemungutan suara pada Rabu lalu.
    “Hasil di TPS 22 sudah masuk ke kecamatan dan sedang dihitung bersama dengan hasil dari kampung lainnya,” katanya.

    SIANG MALAM KEBAKARAN

    KABUPATEN Hulu Sungai Selatan menjadi langganan kebakaran. Tiap hari dalam satu minggu terakhir suara sirine mobil pemadam kebakaran mengaung-ngaung baik siang maupun malam.
    Kapolres HSS AKBP Suherman, Selasa (29/9), menegaskan, perilaku pembukaan ladang dengan cara dibakar harus ditinggalkan, karena sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kebakaran yang merugikan masyarakat.
    Kapolres mengimbau agar warga selalu waspada terhadap terjadi kebakaran dengan kembali memeriksa kompor atau tungku jika selesai digunakan.
    Menurut dia, penyebab kebakaran kebanyakan karena kompor dan konsleting listrik.
    “Kalau meninggalkan rumah sebaiknya lepas aliran listrik yang tidak terpakai,” ujarnya.
    Satu hal, kata dia sepertinya kurang diperhatikan akhir-akhir ini, yakni ronda malam.
    Menurut dia, sistem keamanan lingkungan yang dilakukan warga secara bergiliran itu sangat baik untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tindak kriminal dan kebakaran.

    SERTIFIKAT PERBATASAN

    BADAN Pertanahan Nasional Kalbar menerbitkan 3000 sertifikat untuk perbatasan Indonesia-Malaysia.
    “Baru untuk di Kabupaten Sambas,” kata Kepala BPN Kalbar Emmiel AU Poluan, Selasa (29/9).
    Sertifikat itu 16 kecamatan di lima kabupaten yakni Kec Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintan dan Kapuas Hulu.
    BPN Kalbar memproses sertifikat secara bertahap sesuai pendanaan melalui APBN. Tahun lalu tahap pendataan penggunaan dan pengukuran tanah di Kabupaten Sambas.
    “Tahun ini datanya diregister di BPN setempat,” ujarnya.
    Pemberian sertifikat dalam dua tahap, tahun 2008 sebanyak 2000 sertifikat, tahun 2009 seribu sertifikat. Emmiel berharap ada bantuan dari pemda kabupaten/kota untuk mendukung program sertifikat lahan di perbatasan.

    sumber : Banjarmasin Post , 30 September 2009

  79. Tuti Ria Mastika Sary
    A1B107217
    Reg B

    PENYERTAAN MODAL MINYAK SEBUKU TERANCAM GAGAL

    Keinginan Pemprov Kalsel untuk menyertakan modal sebesar 10% dari nilai investasi pada eksploitasi sumber daya minyak di Selat Sebuku, terancam gagal. Hal itu disebabkan besarnya nilai investasi yang tidak mungkin dapat dipenuhi oleh keuangan daerah saat ini.
    “Ternyata nilainya sangat besar, yakni mencapai Rp 300 miliar lebih atau sekitar 18 % dari APBD Kalsel. Untuk itu, kedepan akan kita lihat dulu peluangnya sambil mencari alternatif sumber dana yang lain,” ungkap Gubernur Kalsel H Rudy Arifin usai menyerahkan bantuan untuk IAIN Antasari Banjarmasin kemarin (30/9).
    Untuk dapat merealisasikan keinginan tersebut, lanjut Rudy, tidak menutup kemungkinan Pemprov akan menggandeng perusahaan besar sebagai pendamping modal. “Sebagai alternatif, mungkin kita akan mengajak lembaga finansial besar untuk mendampingi penyertaan modal dengan surat saham tetap atas nama Pemprov,” imbuhnya.
    Keinginan untuk membeli saham itu, menurut Rudi, didasarkan pada sejumlah pengalaman. Jika pemerintah daerah hanya mengandalkan pemasokan royalti, maka sangat tidak memadai hasilnya bagi pendapatan Asli Daerah.
    “Contohnya pada sektor pertambangan batubara, pemerintah daerah hampir tidak memperoleh apa-apa, bahkan hanya kebagian menanggulangi berbagai dampak negatif yang ditimbulkannya,”jelasnya.
    Potensi minyak bumi yang rencananya akan berproduksi di tahun 2010 tersebut ternyata cukup besar. Bahkan diprediksi lebih besar dari sumber minyak yang ada di Pulau Ambalat. Diperkirakan kapasitas produksinya mencapai lima ribu barel per hari.

    Kalsel Ingin Perbaiki Peringkat

    Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) Jogyakarta tidak terasa lagi digelar. Akhir bulan ini pentas multi event khusus pelajar SMA tersebut sudah dimulai. Kalsel sendiri menargetkan dapat memperbaiki peringkat.
    Pada saat popnas Kaltim tahun 2007 lalu, Kalsel sendiri hanya finish diurutan 24 dengan raihan 4 perak dan 3 perunggu. Prestasi iut jauh menurun di Popnas Sumut 2005 silam, dimana Kalsel berada diperingkat 18 dengan 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu.
    Nah di Jogja nanti, Kalsel ingin memperbaiki prestasi tersebut. Saat ini Kalsel sudah memastikan mengikuti lima cabang olahraga diantaranya pencak silat, sepakbola, bulutangkis, tenis dan tenis meja.
    Lima cabor tersebut memastikan tampil setelah berhasil melalui seleksi pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) Kalsel pada bulan September 2008 tadi. “Dari lima cabor tersebut, kami sudah mengantongi 44 atlet yang siap berlaga pada even pelajar nasional itu,” terang H Nurul Fadjri, seksi olahraga Disparbudpar Kalsel, Rabu (30/9).
    Menurutnya semua pelajar yang menjadi kontingen Kalsel tersebut dalam waktu dekat ini akan dipanggil untuk mengikuti training Camp sekaligus melengkapi data administrasi. “Semua atlet sudah menyerahkan, akta kenal lahir, Ijazah, surat keterangan kepala sekolah dan surat keterangan berbadan sehat dari dokter” sebutnya.
    Tentu saja, Kalsel tidak mengikuti lima cabor dan mengirim 44 atlet, namun pada POPNAS nanti Kalsel akan menambah enam cabor lagi yakni Dayung, Gulat, Atletik, Sepaktakraw Putri, Renang, dan senam.
    Keenam cabor tersebut nantinya akan menggelar seleksi untuk menentukan atlet yang bertitel pelajar mana yang pantas menjadi kontingen Kalsel pada POPNAS nanti.
    Seleksi itu sendiri, Disparbudpar Kalsel akan bekerjasama dengan induk keenam cabang olahraga tersebut, yang mana seleksi itu akan digulir mulai tanggal 13 hingga 14 Oktober mendatang.
    Fadjri mengatakan, seleksi keenam cabor itu akan dilangsungkan di dua daerah, yakni Banjarmasin dan Banjarbaru, untuk Banjarmasin menggelar empat cabor diantaranya Atletik, Gulat, Dayung serta sepak takraw putri, sementara, cabor renang dan senam seleksinya digelar di Banjarbaru.

    Anggota DPD Bisa Jadi Ketua MPR

    Ini jelas kabar baik bagi para anggota DPD periode 2009-2014. Kini mereka punya hak dan posisi yang sama dengan sejawatnya anggota DPR untuk memperebutkan kursi ketua MPR.
    Kesamaan hak dan posisi ini merupakan konsekuensi putusan MK terhadap permohonan uji materi UU No 27/2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. Ketentuan yang menyatakan Ketua MPR berasal dari DPR dinyatakan tidak lagi punya kekuatan hukum mengikat.
    “Mengabulkan permohonan untuk sebagian pasal 14 Ayat 1 sepanjang frasa yang mengatakan’ Ketua MPR berasal dari DPR’. Menyatakan pasal 14 ayat 1 UUD 1945 dan tidak memiliki kekuatan mengikat,’ kata Ketua MK Mahfud MD, Rabu (30/9/2009.).
    Sidang pembacaan putusan berlangsung di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta. Pembatalan pasal 14 ayat 1 UU 27/2009 dimohonkan lima anggota DPD, yakni Wahidin Ismail, Marhany Victor, Poly Pua, Sri Kadarwati, Sofyan Yahya dan Intsiawati Ayus.

  80. Nama: Nurul aisatul Hamisa
    Nim : A1B107205
    Reguler B

    Komentar
    Menurut saya penulisan teknik, penulisan nama, tempat, dan tanggalnya tidak begitu benar ada penulisan tanggalnya disingkat dan ada juga tidak disingkat, untuk teknik penulisannya sangat menarik sehingga para pembaca berita mudah untuk membacanya dan informasinya akurat.

  81. Pak, ini perbaikan tugas kliping saya. Karena tugas yang saya kirimkan sebelumnya beritanya terlalu panjang.

    Nama : Kartini Yuanita
    Nim : AIBI07245
    REGULER B

    Lead 1. Antasari Azhar Resmi Ditetapkan Tersangka

    JAKARTA, Jadwal sidang Antasari Azhar dalam kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen, dirut Putra Rajawali Banjaran (PRB), sudah ditemukan. Jika tidak ada aral melintang, Antasari bakal mulai duduk di pesakitan sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, kamis (8/10). Kejaksaan Agung pun sudah mulai melakukan persiapan.
    Dengan digelar persidangan Antasari, statusnya akan berubah menjadi tersangka. Jabatan sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) remsi dicopot.
    (sumber:Radar Banjarmasin; Minggu, 4 oktober 2009)

    Lead 2 : Persahabatan Yang Berujung Petaka

    BANJARMASIN, Persahabatan ternyata juga bisa goyah hanya gara-gara salah ucap. Bahkan, persahabatan antara Pi (25) dan Ahim (20) justru berubah menjadi perseteruan yang berakhir pada penusukan. Merasa tersinggung dengan ucapan sahabatnya, Pi (25), nekat menusuk ahim (26) dengan sebuah belati.
    Kejadian itu dialami korban di Gang Ampalan RT8, Jalan Kelayan B, kecamatan Banjarmasin selatan, Rabu (8/7) sore sekitar pukul 16.00 WITA. Warga yang melihat korban terluka, secepatnya melarikan Ahim ke RSUD Ulin Banjarmasin.
    (Sumber:Merto Banjar; Kamis , 9 juli 2009)

    Lead 3 : Semaput Diamuk Warga
    BANJARMASIN, Kedua pelaku penjambretan Syarief (16) dan Basriansyah alias Baci (25) keduanya warga Perumnas Cemara Ujung, babak belur diamuk warga setelah tertangkap saat beraksi, jumat (2/10) malam sekitar pukul 23.00 Wita.
    Saat memasuki kawasan Pasar Tungging Jl Belitung yang sedang macet, Lolita langsung menabrakkan sepeda motornya hingga jatuh.Warga pun langsung mengeroyok pelaku hingga babak belur.
    (sumber:Radar Banjarmasin. Minggu, 4 oktober 2009)
    _______________________________________________________

  82. Maaf Pak..saya salah posting kliping ke tugas lain.
    Ini kliping saya:
    NAMA: Fajarika Ramadania
    NIM` :A1B107202

    STRAIGHT NEWS

    Batik Hipnotis Karyawan dan Pebisnis

    SURABAYA,MK-Pakaian bernuansa batik kini menghipnotis ribuan karyawan BAdan Usaha milik Negara (BUMN) dan pebisnis di Surabaya, seiring pengakuan United Nation Educational Scientific and Cultural Organization/Unesco” di Abu Dhabi, terhadap batik Indonesia, Jumat.

    “Bangsa Indonesia patut berbangga karena batik bisa diakui dunia,” kata kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia (PELINDO) III, Iwan Sabatini,di kantornya , di Surabaya. Batik, jelas dia, merupakan kekayaan milik budaya Indonesia yang tak tergantikan. Bahkan, variannya yang beragam dan memiliki cirri khas tersendiri banyak menyebar di seluruh nusantara.

    Persaingan Lima Tokoh Muslim

    PALANGKARAYA,BPOST-Tokoh muslim yang berhimpun dalam forum masyrakat Muslim Kalteng (FMMK) tak ingin ketinggalan dalam Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 5 Juni 2010 mendatang. Mereka mengusulkan lima nama bakal calon gubernur yang dinilai layak diperjuangkan.

    Lima nama yang terjaring itu adalah H Eddy Raya Samsuri (Ketua Umum BPD HIPMI dan KNPI Kalteng), H Ahmad Amur (Bupati Pulang Pisau), HM Wahyudi K Anwar (Bupati Kotawaringin Timur), Baharudin H Lisa ( Bupati Barito Selatan), dan HAS Fawzi Zain Bahsin (anggota DPD-RI asal Kalteng).

    Baliho Cagub Penuh Coretan

    BANJARBARU,BPOST-Situasi politik menjelang pemilihan kepala daerah (PILKADA) pada 2010 kian memanas. Manuver bakal calon gubernur, yang mulai gencar menyosiasilisasikan diri memunculkan riak-riak pro dan kontra di masyrakat.

    Seperti yang dialami salah seorang bakal calon gubernut HM Zairulah Akbar. Beberapa spanduk milik bergambar foto dirinya dengan tema ucapan selamat menunaikan ibadah Ramadan dan juga idul fitri dirusak oknum tidak bertanggungjawab.

  83. Indah purnamasari radiyanti
    A1B107010
    reguler a

    Menurut saya ke tiga berita d atas dapat di golongkan sebagai straight news, karena berita di atas termasuk berita yang aktual dan informatif.. namun kaidah penulisannya tidak sepenuhnya sesuai dengan EYD.

  84. TUGAS 2 KLIPING
    Nama: indah purnamasari radiyanti
    NIM: A1B107010
    Reg A

    berita 1
    Albiol Dukung Valencia

    ZENICA, RABU – Gelaran La Liga akhir pekan ini akan menyuguhkan partai menarik antara Valencia dan Barcelona. Bek Real Madrid Raul Albiol secara terbuka menyuarakan dukungannya terhadap kubu Los Che.
    Harapan Albiol agar Valencia meraup angka penuh, Minggu (18/10/2009), memang mudah dimengerti. Selain memangkas selisih nilai dengan El Real, Albiol tentu menginginkan yang terbaik bagi klub yang telah membesarkan namanya itu.
    “Saya pernah menjadi bagian Valencia dan saya ingin mereka menang. Saya mengatakan kepada Mata bahwa saya berharap mereka tidak gagal,” ucap Albiol seperti dikutip Goal, Rabu (14/10/2009).

    Berita 2
    AS Serius Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2016

    KOPENHAGEN, KAMIS – Pemerintah Amerika Serikat (AS) meminta dukungan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk memilih Chicago sebagai tuan rumah Olimpiade 2016. Hal itu disampaikan First Lady AS Michelle Obama ketika bertemu dengan anggota IOC dari Indonesia Rita Subowo di Kopenhagen, Denmark, Kamis (1/10/2009) WIB.

    berita 3
    Luar Biasa! Sempoyongan, Chris John Pertahankan Gelar

    LAS VEGAS, MINGGU – Luar biasa! Meskipun sempat sempoyongan, Chris John berhasil mempertahankan gelar juara kelas bulu WBA setelah menang angka atas Rocky Juarez. Dalam pertarungan yang berlangsung di MGM Grand Arena, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Sabtu (19/9) atau Minggu pagi WIB, tiga hakim memberikan angka 114-113 116-116 117-111 untuk “The Dragon”.

  85. NAMA : NOOR AIN
    NIM :A1B107005

    LEAD 1.
    Awal november genset akan beroperasi.

    BANJARMASIN, KAMIS – Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin meninjau sewa genset PLTD di Sektor Barito sebesar 30 MW & PLTD Trisakti 20 MW

    Awal November ini genset sudah beroperasi masuk sistem kelistrikan di Kalselteng.
    Total ditambah sewa genset 10 MW Palangkaraya & 10 MW total tambahan daya jadi 70 MW.

    LEAD 2.
    Anggota DPRD HSU Meninggal Dunia .

    AMUNTAI, KAMIS – Salah seorang anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dari Fraksi Golkar Drs Zaini Naim yang baru menjabat selama dua bulan meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, Rabu (14/10) pukul 21.00 Wita malam.

    LEAD 3.
    Pengumuman CPNS Kalsel Lambat!

    BANJARBARU, JUMAT – Sejumlah peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru, Kalsel mempertanyakan lambannya pengumuman tes tersebut.

    Sumber : Banjarmasin post edisi 1 jan 2009 dan 15 0kt .

  86. Siti Fatimah
    A1B107248
    Menurut saya dari ketiga lead di atas merupakan berita yang bersifat straight news, berita yang bersifat langsung, aktual dan terkini, Publikasinyapun sangat cepat. Namun masih ada kesalahan dalam penulisan(EYD).

  87. Muhammad Rahmadhan
    A1B107048
    PBSID Reg.A

    Kasus Century Belum Masuk Penyelidikan
    Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan masih melakukan penyelidikan atau belum tahap penyidikan kasus dugaan korupsi dana PT Bank Century.
    KPK sampai saat ini belum mengantungi tersangka kasus tersebut. “KPK tidak mudah menetapkan tersangka karena harus ada dua alat bukti yang sah. Sebab KPK tidak ada penghentian penyidikan. Kami masih melakukan penyidikan,” ujar Kuasa Hukum KPK Ferryson Jaya Pasaribu seusai sidang praperadilan kasus Bank Century di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (13/10).
    Menurutnya, penyelidikan itu berdasarkan atas Surat Perintah Penyelidikan kasus Bank Century pada 24 September 2009 yang berlaku selama 30 hari setelah tanggal tersebut.

    Beli Tanah Bermasalah
    Banjarmasin – Sudah merupakan hal yang wajar, jikalau salah seorang pejabat pemerintah melakukan kunjungan ke suatu tempat. Namun apabila Wakil Walikota Banjarmasin. Alwi Sahlan datang ke Mapoltabes Banjarmasin, maka timbul suatu pertanyaan.
    Yang lebih membingungkan lagi, kedatangan orang nomor dua di lingkungan Pemerintahan Kota Banjarmasin ini, Selasa (13/10), tidak dikawal oleh anggota patroli.
    Setelah keluar dari mobilnya, Alwi langsung disambut Kasat Samapta Poltabes Banjarmasin, Kompol Said Effendi, dilanjutkan menuju ruang Kasat Reskrim Poltabes Banjarmasin, Edy Suwandono.
    Tak jelas apa yang dilakukannya, saat bertemu dengan Kasat Reskrim tersebut. Namun, menurut informasi, kedatangan Wakil Walikota ke Poltabes itu, terkait dengan masalah tanah yang dibelinya.

    Bom di Pakistan 41 Orang Tewas
    Islamabad – Serangan bom belum juga reda di Pakistan. Pada serangan bom yang terjadi pada Senin waktu setempat di bagian barat laut Pakistan, tak kurang 41 orang dilaporkan tewas.
    Pejabat senior Distrik Sangla Syed Altaf Hussein menyebutkan seperti dikutip CNN, Selasa (13/10), akibat ledakan bom itu 45 orang terluka.
    “Target serangan itu adalah kendaraan militer,” kata sang pejabat.

    Sumber: Koran harian Mata Banua edisi Rabu, 14 Oktober 2009.

  88. Tugas 2 kliping
    Nama : Taufik Akbar
    NIM : A1B107009
    PBSID Reguler A

    Banjarmasin Post, 17 Oktober 2009
    Satu Calon Menrtri dari Kalsel
    JAKARTA, BPOST – Tanggal 21 Oktober 2009 tinggal empat hari lagi. Pada tanggal itu, Presiden (terpilih) Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan anggota kabinetnya. Kabarnya, ada satu calon yang berasal dari Kalimantan Selatan (Kalsel).

    Media Kalimantan, 13 Oktober 2009
    Pecah di Menit 428
    BANJARMASIN, MK – Mampu bertahan selama 428 menit tanpa kebobolan, akhirnya tak mampu dipertahankan Barito Putera. Zulhair, kiper pengganti Husien Mugeni yang cedera di menit 68 laga kelima kompetisi Divisi I Liga Indonesia, Senin (12/10) tak mampu mempertahankan keperawanan gawang Laskar Antasari saat meladeni Persebi Bima.

    Radar Banjarmasin, 17 Oktober 2009
    Gempa 6,4 SR Guncang Jawa Barat
    JAKARTA – Prediksi kepulauan di Indonesia masih rentan terhadap bencana alam kembali terbukti. Jumat (16/10) kemarin, gempa dengan kekuatan 6,4 skala richter (SR) mengguncang sejumlah wilayah di Jawa Barat. Gempa yang terjadi pukul 16.52 WIB itu juga dirasakan di Jakarta dan sebagian wilayah di Lampung.

  89. Tugas 2
    Nama : Taufik Akbar
    NIM : A1B107009
    PBSID Reguler A

    Banjarmasin Post, 17 Oktober 2009
    Satu Calon Mentri dari Kalsel
    JAKARTA, BPOST – Tanggal 21 Oktober 2009 tinggal empat hari lagi. Pada tanggal itu, Presiden (terpilih) Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan anggota kabinetnya. Kabarnya, ada satu calon yang berasal dari Kalimantan Selatan (Kalsel).

    Media Kalimantan, 13 Oktober 2009
    Pecah di Menit 428
    BANJARMASIN, MK – Mampu bertahan selama 428 menit tanpa kebobolan, akhirnya tak mampu dipertahankan Barito Putera. Zulhair, kiper pengganti Husien Mugeni yang cedera di menit 68 laga kelima kompetisi Divisi I Liga Indonesia, Senin (12/10) tak mampu mempertahankan keperawanan gawang Laskar Antasari saat meladeni Persebi Bima.

    Radar Banjarmasin, 17 Oktober 2009
    Gempa 6,4 SR Guncang Jawa Barat
    JAKARTA – Prediksi kepulauan di Indonesia masih rentan terhadap bencana alam kembali terbukti. Jumat (16/10) kemarin, gempa dengan kekuatan 6,4 skala richter (SR) mengguncang sejumlah wilayah di Jawa Barat. Gempa yang terjadi pukul 16.52 WIB itu juga dirasakan di Jakarta dan sebagian wilayah di Lampung.

  90. M. RezaRinjani
    NIM A1B107030
    PBSID Reg. A
    1.
    Koalisi Hijau-Kuning Mencuat

    Banjarmasin- Kejutan politik terjadi di Kalsel. Apalagi jika bukan seputar wacana pemilihan gubernur (Pilgub), 2010 mendatang. Kali ini isu poltik yang mencuat adalah rencana koalisi dua partai besar, Partai Golkar Kalsel dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kalsel untuk mengusung paket pasangan pada suksesi 2010 mendatang.Koalisi yang dikenal dengan nama Hijau-Kuning.
    (Sumber: Radar Banjarmasin)

    2.
    Pinggir Jalan Trans Kalimantan Ditanami Rumbia

    Penghijauan pinggir jalan Trans Kalimantan Km 46-48 sesudah Jembatan Tumbang Nusa dilakukan bersama oleh instansi terkait tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Itu dilakukan dengan penanaman bibit pohon rumbia yang beberapa tahun yang lagi jika tumbuh dengan baik akan meneduhkan kawasan tersebut.
    (Sumber: Radar Banjarmasin)

    3.
    60 Rumah dan Bangunan Sekolah Rusak

    Hujan deras dan angin puting beliung melanda Desa Beringin Kecamatan Alalak dan Desa Pendalaman Kecamatan Barambai Kabupaten Batola, Sabtu (10/10) tadi. Akibatnya, puluhan rumah dan bangunan sekolah porak poranda. Kerugian ditaksir mencapai Rp120 juta.
    (Sumber: Radar Banjarmasin)

  91. M. Syarif Syawwali
    A!B107028
    PBSID Reguler A

    Komentar:
    Saya sependapat dengan teman-teman, kalau ketiga berita di atas merupakan berita straight news karena beritanya yang singkat (tidak detail), dengan hanya menyajikan informasi yang terpenting saja yang mencakup 5W+1H. Sedangkan dalam penulisan, ketiga berita tersebut terdapat kesalahan karena tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

    Lead 1
    Didiga Diracun, Eks Caleg PDIP Tewas
    Jakarta, BPOST-Mantan caleg no 2 Kota Sorong, Papua dari PDIP Salvastr Sasake ditemukan tewas di mess Wisma KONI, Jalan Tanah Abang 1, Jakarta Pusat. Salvaster diduga diracun.
    Sumber: Banjarmasin Post. Rabu, 21 Oktober 2009

    Lead 2
    Ratusan Ribu VCD Porno Miyabi Disita
    Jakarta-Batalnya kedatangan artis ikon porno Jepang, Maria Ozawa alias Miyabi ke Indonesia membuat peredaran vcd porno makin marak. Baru-baru ini, ratusan ribu vcd porno yang dibintangi oleh Miyabi yang masih beredar di pasaran disita.
    Sumber: Banjarmasin Post. Rabu, 21 Oktober 2009

    Lead 3
    Insya Allah, SBY Umumkan Kabinet Pukul 21.00 WIB
    Jakarta-Ada kabar bahwa Presiden Susilo Bambang Yudjoyono (SBY) akan mengumumkan susunan kabinetnya malam ini. Rencananya, nama-nama pembantu presiden tersebut akan dibacakan pukul 21.00 WIB di Istana Merdeka.
    Sumber: Banjarmasin Post, Rabu, 21 Oktober 2009

  92. Nama: Amin Triyono (A1B107243)
    Mata Kuliah: Menulis Ilmiah Populer
    PBSID regular B
    Kumpulan Tiga Berita

    Aktor Sirkus Kanada di Stasiun Ruang Angkasa
    KANADA – Milliarder pemilik sirkus asal Kanada, Guy Laliberte, telah bersiaran dari stasiun ruang angkasa internasional (ISS) pada Jumat (2/10) setelah tiba di ISS. Dia akan tionggal di ISS selama 10 hari dan untuk itu dia harus membayar lebih dari 35 juta dolar AS (sekitar Rp 350 milioar). Laliberte, pendiri Cique du Soleil yang berpusat di Montreal, Kanada, muncul dengan memasang hidung merah dan melambaikan tangan kepada istri dan anaknya dalam tayangan video yang dihubungkan dengan misi di kota Korolyov, dekat Moskwa. “Adaptasi saya bagus…, tetapi saya tidak akan mau tinggal enam bulan di sini,” ujarnya diiringi gelak rekan-rekan astronotnya yang tinggal selama beberapa bulan di ISS. Laliberte akan memanfaatkan perjalanan ini untuk menarik perhatian dunia akan pentingnya akses pada air bersih. Dia akan tampil dalam tayangan dua jam pada hari jumat (9/10), yang juga menampilkan mantan Wakil Presiden AS Al Gore, band asal Irlandia, U2, dan artis lainnya. Dalam siaran tersebbut,tampaknya bagaimana roket Soyuz TMA-16 mendekati ISS. (AP/ISW)
    Sumber: Kompas, Sabtu, 30 Oktober 2009 (hlm. 13)

    NUKLIR IRAN
    Insentif Kedua Lebih Baik
    NEW YORK, SELASA-Sekjen PBB Ban Ki-moon berharap Iran mau menegosiasikan paket insentif yang ditawarkan enam negara dengan imbalan penghentian pengayaan uranium. Paket yang ditawarkan kepada Iran ini dinilai lebih bagus dari pada tawaran sebelumnya.
    Hal itu disampaikan Sekjen PBB kepada pers, di New York, Selasa (29/9). Ban telah berbicara dengan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad di sela-sela siding Majelis Umum PBB, Jumat (25/9). Serangkaian diskusi tertutup dengan Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki juga sudah dilakukan oleh Ban.

    Sumber: Kompas, Kamis, 1 Oktober 2009 (hlm. 11)
    Kiprah RI dalam G-20
    Masih segar dari berlangsungnya KTT G-20 di Pittsburgh, AS, akhir pekan lalu, kita ingin membuat catatan akhir mengenai peristiwa penting itu.
    Penting karena di Pittsburgh, G-20 secara resmi menggantikan pengelompokan negara-negara industri kaya di dunia, yakni G-8. Berbeda dengan G-8 yang sangat elitis dan eksklusif, G-20 memberi kesan lebih terbuka dan beragam. Di dalam G-20 ada sejumlah negara berkembang seperti Indonesia. Memang kita juga paham bahwa level negara berkembang alam pengelompokan ini juga sangat berbeda-beda, ditinjau dari pendapatan perkapita, kemajuan sains dan teknologi, dan kekuatan militer.

    Sumber: Kompas, Selasa, 30 September 2009 (hlm. 10)

  93. Nama: Sri Helda Herawati
    NIM : A1B107213

    TUGAS KLIPING STRAIGHT NEWS

    Tokoh NU Lintas Negara Berkumpul di Bogor
    – Senin, Oktober 5
    Bogor (ANTARA) – Tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dari berbagai negara di dunia yang tergabung dalam forum NU `International Network` akan berkumpul di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (24/10) guna mengikuti konferensi yang membahas berbagai isu aktual menjelang Muktamar ke-32 NU di Makassar, Januari 2010.
    Koordinator Konferensi NU International Network, Dr Aji Hermawan mengatakan, Senin, pertemuan tersebut akan dipusatkan di gedung Institut Pertanian Bogor (IPB) International Convention Center (IICC), Botani Square, Branangsiang, Kota Bogor.
    Konferensi tersebut akan diikuti oleh delegasi dari sekitar 20 negara yang telah memiliki perwakilan resmi NU yang dikenal dengan naman Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PC
    Pembunuh Turis Jepang Ditangkap

    Liputan 6 – Senin, Oktober 5
    Liputan6.com, Denpasar: Setelah melakukan pengejaran selama beberapa hari, jajaran Kepolisian Kota Besar Denpasar, Bali, Ahad (5/10), menangkap pelaku pembunuhan seorang wanita asal Jepang. David Wicaksono dibekuk tim Buser Poltabes Denpasar di daerah Kepanjen, Malang. Tetapi saat dibawa ke Bali dan diminta mencari paspor korban yang dibuang di Kuta, tersangka mencoba kabur. David pun terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan di bagian kaki.
    Musyawarah Nasional di Riau Titik Kritis Golkar

    Kompas – Senin, Oktober 5
    JAKARTA, KOMPAS.com-Rendahnya perolehan suara Golongan Karya pada pemilihan umum Juli 2009 dinilai karena lemahnya kepemimpinan partai. Oleh karena itu, Musyawarah Nasional Partai Golkar pada 5-8 Oktober 2009 di Pekanbaru, Riau, menjadi penting untuk melahirkan pemimpin baru yang kuat dan solid. Jika tidak, partai ini akan semakin terpuruk dalam pemilihan umum ke depan.

  94. NAMA : ERWANSYAH
    NIM : A1B107251
    REGULAR B

    Secara struktur, menurut saya ketiga lead yang ditampilkan sudah lengkap karena menampilkan 5W+1H.Dan dari lead tersebut merupakan berita yang bersifat straight news, karena merupakan berita yang bersifat langsung atau aktual dan terkini cepat dan tepat. Straight news umumnya menghasilkan publikasi yang sangat cepat. dan saya juga sependapat dengan teman – teman bahwa dalam penulisan masih belum sesuai dengan EYD.

    Terima kasih

  95. fauzil ikhsan
    nim: A1B107039

    1. Gelaran BNP Cup Grasstrack Open 2009 di Sirkuit Bumi Jangkang Martadah, Tambang Ulang, Tanah Laut pada 3-4 Oktober nanti, bakal diikuti kurang lebih 150 pembalap Kalimantan Selatan.

    “Diperkirakan 150 pembalap lokal akan ambil bagian dalam Grasstrack ini. Pembalap dari Tapin dan Kandangan sudah memesan nomor start,” kata Ketua Panitia Pelaksana BNP Cup Grasstrack Open 2009, H Zainuddin saat dihubungi BPOST Online, Rabu (30/9).

    2.persebi Bima Berbenah Diri

    Menghadapi laga ketiga grup VIII Divisi satu Liga Indonesia di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Persebi Bima tetap akan mendampingi tuan rumah dan memastikan meraih poin penuh menghadapi Persepam Pamengkasan Madura, Jatim, Kamis (8/10) sore.

    “Kita mencoba berbenah diri dengan kata lain harga mati untuk merebut poin. Kami berusaha sekuat tenaga sebelum pluit pertandingan 2 kali 45 menit berbunyi,” ujar Manajer Persebi Bima, Mulyono.

    Menurut Mulyono, tim Persebi harus berusaha semaksimal mungkin. Apalagi sudah datang jauh-jauh. Tim harus bisa meraih kemenangan di laga melawan Persepam Pamengkesan nanti.

    3.Bunaken Yacht Sail 2009 memasuki Sungai Barito

    Kamis (8/10) dan Jumat (9/10) keseluruhan para awak kapal peserta Bunaken Yacht Sail 2009 memasuki Sungai Barito, penyambutan langsung dilakukan panitia secara khusus sebagai penghormatan.

    Selama enam hari para awak kapal berada di banua, hari ketiga Sabtu (10/10) akan dimanjakan dengan agenda city tour dengan berkeliling kota sejak pagi hingga sore hari.

    “Untuk perjalanan nantinya kita sudah siapkan sarana transportasi darat, namun kita juga mempersilahkan para peserta untuk menggunakan kendaraannya masing-masing,” ujar Kabid Pengawasan dan Pengendalian Sumberdaya Perikanan dan Kelautan, Iskandar Permana, mewakili Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Isra.

  96. NAMA : MISRIANI
    NIM : A1B107228
    PBSID : REG. B

    Tugas 2

    Terlilit Utang Gantung Diri

    BALIKPAPAN,
    Warga RT 02 Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur, dikejutkan dengan ditemukannya salah satu warga setempat yang tewas gantung diri di belakang rumah. Korban merupakan ibu rumah tangga (IRT) yang diketehui bernama Waisis (48).
    Korban yang akrab disapa Waisi memilih menghabisi nyawanya sendiri karena diduga terlilit utang salah satu koperasi yang berperasi di kawasan jalan MT Hartono, Balikpapan Selatan.
    Waisi memiliki 2 anak masing-masing bernama Surati (9) dan Santi (7) dari hasil pernikahannya dengan Lamba (53) sejak 10 tahun yang lalu. Mayat korban ditemukannya suaminya pada pukul 07.00 Wita, Jumat (2/10) kemarin, di belakang rumah korban, tepatnya samping safety tank. Waisi bunuh diri dengan menjerat lehernya sendiri dengan jarik batik.

    Dihantam Pikap, Satpam Tewas

    SAMPIT,
    Kecelakaan maut menimpa seorang pengendara sepeda motor yang melintas di jalan Tjilik Riwut KM 86, Desa Pindu Kecamatan Cempaga Hulu Kotim, Jumat (2/10) sekitar pukul 19.00 WIB.
    Pria yang diketahui bernama Artiani, seorang satpam perkebunan kelapa sawit di Cempaga Huli ini tewas secara mengenaskan karena dihantam mobil pikap saat sedang memacu kendaraannya.

    Ditabrak Korban

    BANJARMASIN,
    Sepulang dari RS Mulia, Lolita (19), yang membonceng dengan kakak sepupunya, Yeni Kurniati (24), melihat ada dua pria yang juga menunggang sepeda motor terus menguntit di belakang mereka, Jumat (3/10) sekitar pukul 22.30 Wita.
    Saat sampai di kawasan Jl Jafri Zam-Zam, dekat Stadion 17 Mei, sepeda kedua pemuda tersebut memepet motor yang mereka tunggangi.
    Lolita spontan berteriak ‘jambret’, mendengarkan hal itu, Yeni langsung tancap gas mengejar sepeda motor kedua pelaku kabur kea rah Jl Belitung. Yeni dan Lolita yang beralamat Jl Soetoyo S, komplek LP, Banjarmasin Barat akhirnya dapat menabrak motor pelaku karena arus lalu lintas kebetulan sedang padat sehingga laju sepeda motor kedua pelaku tertahan.
    Kedua pelaku, yakni Basriansyah alias baci (25) warga Jl Hasan Basri, Kompleks Perumnas, Cemara Ujung dan MI (16), warga Jl Masjid Jami RT 4, Banjarmasin Utara, akhirnya tertangkap oleh warga.

  97. Nama: Masdiana
    NIM: A1B107220
    Mata Kuliah: Menulis Ilmiah Populer
    Tangkap Tiga Bandar Narkoba
    Jambi-Direktorat Narkoba Polda Jambi bekerja sama dengan intel Korem 042 Jambi berhasil menangkap tiga tersangka bandar narkoba yang selama beberapa bulan terkahir jadi buron. Dalam penangkapan tersebut, petugas juga berhasil menyita barang bukti berupa sabu-sabu senilai Rp. 720 juta.
    Ironisnya, salah satu di antara ketiga tersangka adalah mantan polisi berpangkat kapten. Namanya Agus Marjoko.
    Para tersangka ditangkap lewat penggerebekan ke Hotel Surya Pasar, Jambi, Sabtu malam (3/10). Tiga buron itu tengah menginap di kamar 105 hotel tersebut.
    Saat penggrebekan berlangsung, kondisi kamar itu berantakan. Belum tahu apa yang dilakukan ketiga tersangka, yang salah seorang di antaranya perempuan tersebut.
    Saat menggeledah kamar itu, polisi menemukan tiga ons sabu-sabuyang dikemas dalam tiga bungkus plastic. Sebanyak satu ons lainnya ditemukan dalam sarung bantal. Polisi juga mengamankan beberapa bong atau alat isap sabu-abu, puluhan bungkus plastik bening ukuran besar dan kecil, dua alat timbang digital, 127 butir pil ekstasi, serta uang tunai Rp. 100 juta.
    Melihat barang bukti yang ditemukan, polisi meyakini bahwa orang yang mereka tangkap merupakan bandar besar di Jambi. Sesudah penggerebekan, ketiganya digiring ke Polda Jambi untuk diproses. Dilakukan tes darah dan urine terhadap ketiganya. Sampai kemarin polisi masih mengorek keterangan dari ketiga tersangka agar bisa mengarah pada jaringan mereka. Sejauh ini, ketiganya masih bungkam.
    Direktur Narkoba Polda Jambi Kombespol Iskandar M.Z. belum mau membeberkan penangkapan tersebut. “Besok (hari ini, Red) saja.”
    KALIMANTAN TENGAH
    TNS Masih Terbakar
    PALANGKARAYA-Kebakaran masih terjadi di Taman Nasional Sebangun (TNS), Kalimantan Tengah (Kalteng). Api yang melahap lahan seluas 500 hektare pada 28-30 September lalu itu sampai kini belum bisa dipadamkan total. Lahan gambut dan sulitnya akses menuju lokasi menjadi dua kendala utama pemadaman.
    “Walaupun akses menuju lokasi kebakaran sulit dan yang terbakar itu gambut, kami terus berupaya menyelamatkan kawasan konservasi in,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Kasongan Balai Taman Nasional Sebangau (BTNS) Joko widodo.
    Menurut Widodo, kebakaran terjadi empatkali selama September. Kawasan yang dilalap api tersebut sebagian besar daerah terbuka eks kebakaran 2006 yang berupa semak belukar dan daerah yang masih ada hutannya.
    “Kami terus bekerja sama dengan pihak Manggla Agni,Regu Pemadam Kebakaran (RPK) Masyarakat Mendawai, dan polres untuk memadamkan kebakaran yang terjaadi ini. Alhamdulillah, kami terbantu dengan adanya hujan yang turun beberapa hari kemarin,” jelas Widodo.
    Ditanya tentang penyebab, dia belum mengetahui pasti. Ada berbagai kemungkinan. Misalnya, kebakaran bisa disebabkan faktor alam atau bisa juga akibat kelalaian manusia. Banyak orang yang sering masuk ke daerah tersebut untuk mencari ikan dengan memancing.
    Disinggung soal dampak kebakaran itu terhadap habitat orang utan, menurut dia, sampai kini belum ditemukan orang utan yang tewas. Sebab, orang utan lebih banyak di area hutan alam. Sedangkan yang terbakar lebih banyak daerah serasah. Namun, dia meyakini, kebakaran tersebut mengganggu orang utan. (ans/sma/jpnn/ruk)
    Angkut Bangkai Kapal, Ajukan Rp. 10 M
    SURABAYA-Administrator Pelabuhan (Adpel) Tanjung Perak berencana melakukan pembersihan perairan pelabuhan. Alur tersebut dinilai kurang lancer karena terdapat puluhan bangkai kapal.
    Untuk keperluan itu, Kepala Adpel Tanjung Perak Cholik Kirom pun telah menyiapkan pengajuan anggaran tahun depan untuk proyek ini.”Pengajuan dana berkisar antara 10 miliar,” katanya akhir pekan lalu.
    Menurut dia, besaran dana itu sangat sesuai untuk mengangkat puluhan bangkai kappal yang terdapat di perairan perak. Bangkai kapal itu memang harus segera diangkut. Sebab, arus perdagangan di kawasan ini bisa terganggu.”Saat ini posisi bangkai kapal itu ada yang di pinggir dan di tengah perairan.”ujarnya.
    Dia menyebutkan, sampai sekarang jumlah bangkai kapal di perairan Tanjung Perak ada 27 unit. Pihaknya menyayangkan, dari jumlah tersebut sekitar 24 unit bangkai kapal itu tidak ada pemiliknya. Hal tersebut yang menjadi kendala Adpel Perak selama ini.”Apabila tidak ada perusahaan yang memiliki bangkai kapal tersebut, kami bingung kepada siapa harus meminta pertanggungjawaban. Apalagi, pendanaannya butuh anggaran miliaran rupiah,” paparnya.
    Selain itu, dia juga punya program pelebaran dan pendalaman Alur Perairan Barat Surabaya (APBS). Upaya tersebut untuk mengantisipasi permasalahan pipa gas milik PT Kodeco Energy Ltd. asal Korea yang hingga kini belum dipindahkan dari APBS. “Kalau bisa, sebelum Juli 2010 yakni saat batas waktu relokasi pipa Kodeco oleh pemerintah kami sudah dapat memulai upaya tersebut.”
    Dia memprediksi, sekitar Maret 2010 konstruksi pelebaran dan pendalaman alur mulai dapat dikerjakan. “Rencana pelaksanaan kegiatan konstruksi itu dimajukan dari jadwal semula karena menghindari terjadinya kondisi yang tidak diinginkan semisal Kodeco mengingkari janjinya,” katanya. (dio/bas)

  98. NAMA: PITRI MEILINA ASTUTI
    NIM : A1B107225/REG B
    tugas 2 (kliping)

    Sumber : BANJARMASIN POST
    Selasa, 27 oktober 2009

    lead 1
    PDIP, PPP, dan Gerinda Tolak Kenaikan Gaji

    JAKARTA, BPOST – Kader PDIP, PPP, dan Gerinda di DPR RI mulai memperlihatkan kekritisannya. Mereka menolak rencana kenaikan gaji presiden dan menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid 11.
    ”Fraksi PDIP akan menolak itu. Saya rasa gaji menri sudah cukup. Apalagi ada dana taktis yang besar. Ada transportasi, pakaian, mau makan juga ada uangnya,” kata sekjen PDIP Pramono Anung di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/10).

    lead 2
    Tiang Listrik Keropos Ancam Warga

    BANJARMASIN, BPOST – Pengguna jalan setapak, dari jalan Lingkar Utara menuju Desa Puntik harus berhati hati. Pasalnya beberapa tiang listrik dipinggir jalan yanng diberi nama jalan Lok Rawa hingga Sungai Gyam itu mengalani kemiringan, condong ke arah jalan.
    Jalan setapak itu terletak dari arah Banjarmasin sebelum naik jembatan di Lingkar Utara yang panjangnya sekitar 120 meter, kemudian belok ke kiri. Jalan setapak itu merupakan jalan utama yang sering digunakan warga Puntik.

    Lead 3
    BTN – Mandiri Pangkas Bunga Kredit
    Merangsang Penyaluran KPR Baru

    Jakarta – PT Bank Tabungan Negara atau Bank BTN menurunkan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) nonsubsidi sampai 1,5 persen mulai Novenber 2009. suku bungs baru ini berlaku untuk aplikasi KPR baru dan tidak berlaku untuk nasabah eksisting.
    Direktur Keuangan Bank BTN, saut Pardede, kepeda wartawan di Jakarta, Senin(26/10) mengatakan, besaran penurunan bunga KPR bergantung pinjaman yang diajukan debitur. Saat ini suku bunga Bank BTN berada pada kisaran 12 persen.

  99. Nama : Zulfan fauzi
    NIM : A1B107034
    Perbedaan stright news dan deep news

    Straight News adalah berita penting yang segera harus disampaikan ke publik. Ia kadang disebut juga “hard news”, “spot news” atau “breaking news”. Jika tidak segera disampaikan, berita itu akan basi dan tidak bernilai berita disampaikan lagi. Stright news juga merupakan bentuk berita langsung, bisa juga disebut berita aktual atau terkini. Hasil dari straight news umumnya menghasilkan tulisan yang memerlukan publikasi lebih cepat. Di media, baik cetak maupun elektronik straight news memiliki bobot yang lebih besar.
    ciri-ciri penulisan stright news biasanya hanya terdiri dari empat unsur dari 5w+ 1h yaitu what (apa yang terjadi), who (siapa yang terlibat), when (kapan terjadi), dan where (di mana terjadi) lalu unsur-unsur seperti how dan why tidak begitu banyak digunakan biasanya jikapun ada kedua unsut tersebut berfungsi sebagai penjelas.
    Struktur berita stright newa menggunakan piramida terbalik dengan lead sebagai inti dari berita terletak di atas atau kepala berita.

    Sedangkan deep news seperti arti dari kata deep yang artinya dalam maka deep news adalah berita yang mengungkap suatu peristiwa secara mendalam
    dengan fakta-fakta dan unsur berita yang lebih dalam lagi. Biasanya deep news tidak mementingkan keaktualitasan suatu berita ,.
    Dalam deep news unsur-unsur yang digunakan adalah how dan why ataupula so what.Deskripsi besifat analitis sehingga banya fakta-fakta penting yang diungkapkan.Strukruktur berita yang digunakan adalah balok tegak. Maksudnya, di setiap bagian berita (dari kepala berita, tubuh berita, hingga kaki berita) mengandung inti peristiwa. Sehingga, membaca sebagian paragrap saja tidak membuat kita memahami atau mendapatkan informasi secara utuh. Seluruh bagian berita deep news merupakan satu kesatuan utuh.

  100. 1..BANJARBARU, SELASA – Darhana (36) hanya bisa mengelus dada, begitu petugas kesehatan calon jemaah (calhaj) haji di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin menyatakan dia hamil. Calhaj asal Kabupaten Banjar ini pun terpaksa batal ke Tanah Suci.

    2. JAKARTA (KOMPAS) Sebuah gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter mengguncang Kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin pagi (30/9), menewaskan sedikitnya 125 orang dan menyebabkan banyak orang terluka.

    3.BANJARMASIN, SELASA – Puluhan guru honor tergabung dalam Badan Komunikasi Tenaga Pendidk Kota Banjarmasin, Selasa (27/10) pagi mendatangi Gedung DPRD Kota Banjarmasin. Mereka meminta kebijksanaan agar diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

  101. maaf bapak saya lupa mencantumkan nama dan nim nama saya zulfan fauzi A1B107034

  102. Nama : Abdul halim
    Nim : A1B107212

    Saya setuju dengan pendapat teman-teman. Masih ada kesalahan dalam EYD, yaitu penulisan tanda koma. kita bisa melihatnya di berita ketiga kalimat pertama dan berita kedua kalimat kedua.
    selain itu sama-sama memiliki unsur 5W+1H, walaupun dari ketiga berita tersebut membiri penjelasan terhadap berita yang berbeda-beda.

  103. Nama : Abdul Halim
    Nim : A1B107212

    kliping berita
    1.Banjarmasin Bangun Museum Jukung
    BERITA – berita-terkini.infogue.com – BANJARMASIN, SABTU–Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin memprogramkan pembangunan museum yang menyimpan berbagai dokumen jukung atau perahu khas suku banjar untuk tujuan menunjang sektor kepawisataan.

    “Kehidupan Kota Banjarmasin sejak zaman kerajaan dulu hingga sekarang masih tak bisa lepas dari jukung dan besarnya peran fungsi jukung terhadap perkembangan kehidupan masyarakat yang dapat tergambar dari museum jukung,” kata Kadis kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin, Hesly Junianto,SH, Sabtu.

    2.Oleh: Nasrullah

    AWALNYA saya sempat bingung ketika membaca halaman akhir Banjarmasin Post, yang memberitakan tentang Kalimantan Barat (Kalbar).

    Sebuah pertanyaan pun muncul, mengapa memberitakan Kalbar? Itu agaknya terasa aneh. Apalagi kalau menyebutkan kembali beberapa nama kota di Kalbar seperti Pontianak, Sintang, Sambas, Ketapang, sungguh terasa asing karena dalam kehidupan sehari-hari jarang kita sebut. Kita lebih akrab dengan nama kota di Pulau Jawa, seperti Yogyakarta, Semarang, Demak, Surabaya, Malang dan lainnya.

    3.BANJARBARU, SELASA – Darhana (36) hanya bisa mengelus dada, begitu petugas kesehatan calon jemaah (calhaj) haji di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin menyatakan dia hamil. Calhaj asal Kabupaten Banjar ini pun terpaksa batal ke Tanah Suci.

    “Terakhir periksa kesehatan, tidak ketahuan kalau saya hamil. Saya pun tidak tahu kalau sedang mengandung,” ujar Darhana, Senin (26/10). Warga Desa Loksado RT 3 Sungai Tabuk itu tergabung dalam kelompok terbang (keloter) empat.

  104. Nama : M. Rizali Ramadhan
    NIM : A1B107024

    Tugas 2 (Kliping Lead Berita)

    1. BANJARMASIN, RABU – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus (BKLDK) melaksanakan mimbar bebas di depan gedung DPRD Kalsel, Rabu (28/10).

    2. BANJARMASIN, RABU – Terjadi tabrakan beruntun di kawasan Jembatan Merdeka menuju Jalan AES Nasution Banjarmasin, Rabu (28/10) sekitar pukul 12.30 wita. Truck bermuatan beras seberat 10 ton bernopol DA 9258 AI, bertabrakan dengan pikup Jenis Panther DA 9624 AU dan truk DA 2487 AO.

    Berdasarkan info yang dihimpun BPost Online kejadian tersebut berawal ketika truk DA 2487 AO tidak kuat melintas jalur tanjakan di jembatan merdeka, sehingga truk mundur dan menghantam pikup Panther DA 9624 AO dan truk DA 2487 AO.

    3. BANJARMASIN, RABU – Eksekusi dua rumah di Jalan Piere Tendean samping Jembatan Merdeka Banjarmasin, yang dijadwalkan Selasa (27/10), batal dilaksanakan. Pasalnya, pemilik rumah berjanji bakal membongkar sendiri bangunannya.

  105. Nama: Anhariansyah
    NIM: A1B107052

    Sumber : Banjarmasinpost
    Rabu, 28 Oktober 2009
    Sampit Heboh Sembilan Orang Terjangkit HIV
    SAMPIT, RABU – Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalteng, Rabu (28/10) dihebohkan kabar warganya terkena virus HIV/AIDS. Kepala Dinas Kesehatan, Yuendri Irawanto membenarkan adanya hasil survey terbaru.

    Sumber: Kompas
    Rabu, 28 Oktober 2009
    Mega Instruksikan Fraksi Gunakan Hak Angket
    JAKARTA — Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menginstruksikan kepada seluruh anggota FPDI-P DPR untuk mengajukan hak angket DPR sebagai hak anggota Dewan untuk menguak skandal aliran dana Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun. Hal ini diungkapkan Sekjen DPP PDI-P Pramono Anung, Rabu (28/10), kepada para wartawan.

    Sumber: Jawa Pos
    Rabu, 28 Oktober 2009
    Eksekusi Bekas Gedung Wali Kota Jakbar Dapat Perlawanan Mahasiswa Setia
    JAKARTA – Eksekusi pembongkaran bekas gedung wali Kota Jakarta Barat kemarin pagi berlangsung ricuh. Petugas mendapat perlawanan dari mahasiswa Sekolah Tinggi Theologi Injili Arastamar (Setia) yang menghuni gedung tersebut. Akibatnya, bentrok antara aparat keamanan dan mahasiswa pun tak terhindarkan.

  106. Nama: Muhammad Rizal
    NIM: A1B107021
    PBSID Reguler A

    Wagub Marah Besar
    Jarang Dilibatkan dalam Acara Coffe Morning

    Banjarmasin – Wakil Gubernur (Wagub) HM Rosehan NB mencakmencak pada acara coffe morning di Graha Abdi Persada Gubernuran kemarin (4/7). Penyebab kekesalan Rosehan karena merasa kurang dilibatkan pada acara temu mingguan para pejabat di lingkungan Pemprov Kalsel tersebut.

    Terlebih saat gubernur berhalangan hadir memimpin coffe morning, Bagian Protokoler tidak memberitahu atau memintanya menggantikan. “Kepala itu adalah gubernur dan wakil gubernur. Jadi kalau gubernur berhalangan datang, maka wakil gubernur yang mewakili,” ujar Rosehan dengan sengit.

    Tarif Angkutan Diturunkan 8 Persen

    Martapura – Dinas Perhubungan Banjar telah menetapkan penurunan tarif angkutan umum di wilayah Kabupaten Banjar. Dari hasil rapat bersama pekan tadi, setiap tarif angkutan desa dan kota diturnkan secara flat 8 persen. Artinya setiap tarif trayek akan turun 8 persen.

    “penurunan tarif ini telah diajukan kebagian hukum Setda Banjar, untuk memperbaiki redaksinya. Sedangkan tarif secara pasti diturunkan,” ujar kepala Dishub Banjar Gt Syakhrin kemarin

    Parpol Bebas Pilih Lokasi Kampanye
    Pada Tanggal 1-5 April

    Banjarbaru – Akhir kampanye terbuka nanti, 32 parpol dibebaskan memilih lokasi kampanyr terbuka maupun tertutup. Ini menyusul hasil kesepakatan bersama Parpol – KPU Kota Banjarbaru – Panwaslu, Kamis (19/3) kemarin di Aula Gawi Sabarataan.

    Keputusan bersama ini menyusul lantaran KPU Kota Banjarbaru yang tidak bisa menyusun pembagian waktu pada kampanye 32 parpol pada tanggal 1-5 April akan datang.

  107. Nama: Juhrani
    NIM: A1B107047
    PBSID Reguler A

    Gaji Pekerja Naik Sepuluh Persen

    PALANGKARAYA, BPOST-Kabar gembira bagi pekerja di Kalteng karena pemerintah daerah akan menaikkan upah minimum provinsi (UMP) per 1 Januari 2010. Meski belum di sebutkan jumlahnya dipastikan lebih sepuluh persen disbanding UMP 2009.

    Formasi Dokter Belum Ada Pelamar

    BANJARBARU, BPOST-Pelaksanaan Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di BKD Provinsi Kal-sel dihari kedua mencatat jumlah pelamar melampaui formasi untuk tenaga kesehatan yang dialokasikan, selasa (27/10).

    Jenderal Gadungan Tipu Miliaran Rupiah

    BALIKPAPAN, BPOST-Satuan Detasemen Intel Kodam VI Tanjungpura berhasil membekuk Ibrahim FH Samaranch yang mengaku sebagai jenderal berbintang satu. Jenderal gadungan itu disergap di Hotel Menara Bahtera Balikpapan, Minggu (25/10) malam karena diduga melakukan penipuan jual-beli besi tua senilai miliaran rupiah.

  108. tugas Kliping

    Nama : Nunuk Muti’ah
    NIM A1B107002

    Polres Beri Penjelasan pada Pengojek Kayu

    PELAIHARI, JUMAT – Menyusul hendak diberlakukanya Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 yang akan mengancam usha kalangan pengojek ulin, membuat pengurus Asosiasi Ojek Kayu Tala mendatangi Kasat Lantas Polres Kabupaten Tanahlaut (Tala).

    Calon Haji Kesulitan Angkutan

    BANJARBARU, JUMAT – Pemondokan calon haji (calhaj) asal Kalsel berada di ring satu dan dua yang jaraknya sekitar 500 meter sampai tujuh kilometer dari Masjidil Haram, Makkah.

    Transportasi darat memiliki peranan penting bagi jemaah. Namun sampai sekarang sarana tersebut belum berfungsi maksimal.

    Warga Belum Berani Manfaatkan Air Sungai

    AMUNTAI, JUMAT – PT Adaro Indonesia meminta maaf kepada seluruh warga Balangan dan Hulu Sungai Utara (HSU) atas meluapnya penampungan limbat batu bara yang menyebabkan Sungai Balangan tercemar.

  109. Arif Baitika Rahman
    NIM A1B107027
    Reg. A

    BERITA 1

    Mobil-mobil Mewah Pemain Bola Dunia

    PEMAIN bola kelas dunia ternyata tidak hanya pandai memainkan si kulit bundar di lapangan hijau. Mereka juga pandai memilih kendaraan pribadi untuk memuaskan
    hasratnya di jalan raya.Sumber: Radar Banjarmasin. Minggu, 4 Oktober 2009
    Sumber: Banjarmasin post. 31 Oktober 2009

    BERITA 2

    325 Jemaah Kalteng Tak Sempat Istirahat

    BANJARBARU, SABTU – Sebanyak 325 calhaj keloter tujuh asal Kalteng jemaah Murung Raya, Kapuas, Barito Timur, dan Barito Selatan, Kalteng, tidak sempat menginap di asrama haji karena waktu persiapan yang pendek.

    Sumber: Banjarmasin post. 31 Oktober 2009

    BERITA 3

    Madrid Beda Tanpa CR9

    MARSEILLE, SABTU – Kubu Real Madrid berupaya keras menepis anggapan publik tentang peran sentral Cristiano Ronaldo di dalam tim. Tapi apa daya, Los Blancos secara nyata memang tampil berbeda ketika tidak diperkuat pemain berjuluk CR9 itu.

    Sumber: Banjarmasin Post. 31 0ktober 2009

  110. Nama : Rista Dwi Anggawati
    NIM : A1B107046
    Reg. A

    Berita 1

    Protokoler Presiden Tolak Hotel Berbintang

    PALANGKARAYA,BPOST-Pemprov Kalteng bersama muspida setempat terus memantapkan persiapan menyambut kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dijadwalkan pada 24 November nanti. Sedikitnya 1170 personel diturunkan untuk mengamankan acara yang dihadiri orang nomor satu di negeri ini.

    Berita 2

    Rossi : Enjoy It!

    Juara dunia MotoGP 2009, Valentino Rossi, telah berada di Valencia untuk mempersiapkan diri mengikuti seri balapan terakhir. Gelar juara sudah pasti ia genggam sehingga ia akan menjadikan ajang balapan seri terakhir sebagai laga hiburan.

    Berita 3

    Sehari Bisa Laku Empat Paket

    BANJARMASIN,BPOST-Puluhan paket sabu ditemukan aparat kepolisian di rumah Surya Affandi (34) di jalan Jahri Saleh perumahan Pemko RT 9 Banjarmasin, Senin(2/11) sekitar pukul 10.00 Wita.

  111. Nama : Rista Dwi Anggawati
    NIM : A1B107046
    Reg.A

    Berita 1

    Protokoler Presiden Tolak Hotel Berbintang

    PALANGKARAYA,BPOST-Pemprov Kalteng bersama unsur muspida setempat terus memantapkan persiapan menyambut kedatangan Presiden Susilo Bambang Yodhoyono yang dijadwalkan pada 24 November nanti. Setidaknya 1170 personel diturunkan untuk mengamankan acara yang dihadiri orang nomor satu di negeri ini.

    Berita 2

    Rossi: Enjoy It!

    Juara dunia MotoGP 2009, Valentini Rossi, telah berada di Valencia untuk mempersiapkan diri mengikuti seri balapan terakhir. Gelar juara sudah pasti ia genggam sehingga ia akan menjadikan ajang balapan seri terakhir sebagai laga hiburan.

    Berita 3

    Sehari Bisa Laku Empat Paket

    BANJARMASIN,BPOST-Puluhan paket sabu ditemukan aparat kepolisian di rumah Surya Afandi (34) di Jalan Jahri Saleh Perumahan Pemko RT 9 Banjarmasin, Senin (2/11) sekitar pukul 10.00 Wita.

  112. Nama : Mustika Riani Munirah
    NIM : A1B107012
    Reg.A

    Berita 1

    Jalan Provinsi Dibiarkan Ambles

    MARTAPURA,BPOST-Kondisi jalan Maratapura Lama, tepatnya di Desa Tangkas RT 1, Martapura Barat, Banjar, kini kondisinya makin parah. Keluhan warga sekitar dan pengguna jalan provinsi itupun mengalir deras.

    Berita 2

    PDIP Mendadak Kirim Surat Keputusan

    BATULICIN,BPOST-Rapat paripurna penetapan DPRD Tanah Bumbu (Tanbu) periode 2009-2014, Senin (2/11), berlangsung tegang. Sejak pembukaan sampai penutupan, tak henti-hentinya peserta rapat menyampaikan interupsi.

    Berita 3

    Pedrosa Percaya Diri

    PEMBALAP Repsol Honda, Dani Pedrosa, membidik kemenangan pada gelaran balap MotoGP yang akan digelar di Valencia, Spanyol. Ia percaya diri bisa menang karena balapan seri terakhir ini digelar di tanah airnya.

  113. Nama: Muchlis Abdi
    NIM:,A1B107237

    Tugas 2

    Menurut saya, ketiga berita di atas merupakan straight news, karena unsure 5W1H terdpat dalam semua berita tersebut. Berita-beriita yang disajikan juga menarik dan sesuai dengan fakta.

    Tiga Lead Berita

    JAKARTA, KOMPAS- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Departemen Agama sebagai penyelenggara ibadah haji merespons dengan sigap kompleksitas persoalan yang muncul seiring pembangunan dan perubahan di Arab Saudi.

    Presiden Yudhoyono menyampaikan hal itu dalam pengantar rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/11). ”Seiring pembangunan dan perubahan di Arab Saudi, sering kali kita jumpai kebijakan dan peraturan yang berubah. Tentu memerlukan penyesuaian untuk merespons perubahan peraturan dan kebijakan itu,” ujar Presiden.

    MOSKOW, KOMPAS- Kepolisian Moskow telah menembak mati dua orang yang diduga pemimpin gerilyawan di wilayah Chechnya yang bergolak di Rusia, dalam operasi yang dipimpin sendiri oleh Presiden Ramzan Kadyrov, Senin (9/11).

    Kadyrov menyebut kedua pria yang tewas itu sebagai Rizvan Osmaiev, dikenal sebagai ‘emir’ distrik Chali dan Kourtchaloi di tenggara ibukota Chechnya, Grozny.

    TURIN, Kompas – Kapten Juventus, Alessandro Del Piero, berjanji telah merancang sebuah target besar yakni menjadi lebih kuat setelah sembuh dari cedera yang minimpanya. Cedera yang membekap memaksa dia tak bisa membela “Si Nyonya Tua” secara optimal. Faktanya, ia hanya tampil 10 menit ketika melawan Bologna.

  114. Nama: walmin
    NIM : A1B107216

    Menurut saya ketiga lead di atas termasuk pada straight news, karena memiliki ciri-ciri yaitu menggunakan gaya bahasa yang lugas,dan sesuai dengan fakta. Inti berita terletak di awal kalimat, menggunakan asas 5w+1H sehingga pembaca dapat langsung mengetahui apa isi berita meskipun hanya membaca sekilas.

    Tiga lead berita

    DOHA, BPOST – Dua tim kuat dari lain benua akan bertempur. Timnas Inggris akan menjajal kekuatan timnas Brasil pada laga uji coba di Stadiun Internasional Khalifa, Doha, sabtu (14/10/2009). Qatar sebagai tuan rumah sudah siap menyambut kedatangan kedua negara tersebut.

    BARCELONA, BPOST – Juara bertahan Barcelona tidak mengalami kesulitan melaju ke putaran kelima Copa del Rey. Itu setelah anak-anak asuh Pep Guardiola tanpa ampun melibas tim papan bawah Cultural Leonesa, (11/11/2009) pagi tadi.

    JAKARTA, BPOST – Sebanyak 25 sales promotion girl stock junction yang diduga mengalami penyiksaan dan perilaku yang tidak menyenangkan dari bos-nya,hari ini mendatangi Polres Jakarta Pusat. Para PSG yang datang sekitar pukul 11.20 WIB ini, untuk melengkapi berkas pemeriksaan yang sebelumnya sudah dilaporkan mereka sehari sebelumnya.

  115. NAMA : WINDA ROSALINA
    NIM : A1B107214

    Dari ketiga berita di atas merupakan straight news. di katakan straight news karena berita tersebut berita langsung dan sudah ada unsur 5 W+1H

    Tiga lead berita

    Banjarmasin Post
    Tanggal, 3Oktober2009

    WARGA LAPORKAN LSM ASING YANG TOLAK GANTI RUGI MEMBAKAR LAHAN

    Sebuah LSM asing yang melakukan program perkebunan di UPT A2 – A3 desa sekata makmur, lamunti, kecamatan mentangai, kabupaten kuala kapuas, dilaporkan warga karena dianggap bertanggung jawab atas kebakaran lahan yang terjadi didaerah tersebut.laporan disampaikan dalam bentuk tertulis yang ditembuskan kepada bupati,serta institusi kepolisian dan kejaksaan. tindakan itu merupakan puncak kekecewaan warga, setelah dalam pertemuan yang difasilitasi camat setempat, dianggap hanya menguntungkan pihak LSM dimana pihak LSM hanya mau mengganti rugi dalam bentuk penanaman dan tidak mau membayar ganti rugi atas kebakaran lahan karet warga.
    Ada sekitar 6,5 hektar lahan dan 3000 batang pohon karet yang kini mati karena kebakaran tersebut, peristiwa itu bermula ketika sebuah kelompok tani binaan LSM itu melakukan pembukaan dan pembersihan lahan dengan cara membakar. warga mempunyai sejumlah data dan kesimpulan dari pertemuan LSM dan warga, yaitu dari kronologi yang dijadikan sebagai bukti pengakuan bahwa pembakaran itu dilakukan dengan kesengajaan oleh pihak LSM.
    Namun ketika Banjarmasinpost melakukan pengecekan ke badan kesatuan bangsa dan perlidungan masyarakat (kesbang Linmas) kuala kapuas tidak ditemukan tentang laporan maupun keberadaan LSM itu di kabupaten kuala kapuas. dari sekitar 40 LSM yang ada, tidak ada nama LSM itu yang terdaftar melaporkan diri kepada Lembaga Legislatif,Eksekutif, Ormas, Parpol dan LSM John Phita Kadang.

    Kompas
    Tanggal 3 Oktober 2009

    Empat Penambang Tewas

    Empat dari tujuh penembang ditemukan tewas, di penambangan intan tanjung murung, jalan transpol, kelurahan sungai tiung,kecamatan cempaka, kota banjarbaru, kalimantan selatan. korban tertimbun tanah longsor dari bibir tambang. penambangan tradisional itu runtuh setelah hujan lebat mengguyur kota banjarbaru. Korban meninggal 4 orang, kegiatan evakuasi korban yang tertimbun longsoran tanah setinggi 4 meter itu perlu waktu lebih dari satu jam karena hanya menggunakan cangkul dan sekop. 3 korban lain bisa diselamatkan, saat diselamatkan salah satu korban sempat kesulitan bernafas, akibat lumpur menimbun badannya hingga leher. saat ini korban mendapat perawatan intensif di rumah sakit ratu zaleha, martapura, kabupaten banjar.
    Kepala kepolisian sektor(polsek) banjar timur ajun komisaris polisi mengatakan saat terjadi musibah,polisi hanya meminta warga yang berada di lokasi penambangan itu menyingkir. Tujuannya, agar jumlah korban tidak bertambah apabila terjadi longsor susulan. Polisi tidak menutup lokasi penambangan intan karena kegiatan penambangan di daerah itu sudah menjadi mata pencaharian utama masyarakat secara turun temurun.
    Kecamatan cempaka adalah kawasan terbesar penambangan intan di kalimantan selatan. menurut camat cempaka tahun 1980 hingga tahun 1999 , ada 800 – 2000 warga yang mendulang intan. mereka tergabung dalam 200 kelompok penambang, tetapi sekarang tinggal sekitar 150 orang, sebagian sudah meninggalkan lokasi tambang dan pergi ke penambangan emas bombana di sulawesi. kegiatan penambangan di kecamatan cempaka berlangsung antara lain di kelurahan cempaka berlangsung antara lain di kelurahan cempaka, sungai tiung, bangkal dan palam.selama tahun 2009 sedikitnya terjadi 2 kali longsor.korban yang tewas mencapai tujuh orang.

    Banjarmasin post
    Tanggal, 3 oktober 2009

    Perbaikan Citra Kinerja KPK Pascaperpu Pelaksana Tugas

    Presiden susilo bambang yudoyono akhirnya menandatangani perppu penunjukan pelaksanaan tugas pimpinan komisi pemberantasan korupsi (KPK).terlepas dari pro dan kontra mengenai keabsahan penerbitan perpp itu, Tim lima sebagai turunan dari perppu yang terdiri dari Widodo AS,andi matalata,adnan buyung nasution,tudung mulya lubis dan taufiequrahman ruki sudah bekerja merumuskan kriteria dan menyaring calon pemimpin KPK sementara.
    Keberadaan adnan buyung nasution dan kawan-kawan dalam Tim lima mengurangi kekhawatiran akan dimaanfaatkan tim itu sebagai boneka untuk mengerdilkan KPK dan memberi harapan terjaringnya orang-orang yang memiliki integritas tinggi,ekseptabilitas tinggi,independen,bersih dan berani mengambil resiko,buyung nasution dan kawan-kawan juga berharap kepolisian dan kejaksaan ikhlas dan berlapang dada terhadap keberadaan KPK yang secara khusus difungsikan memberantas korupsi.
    Kepolisian dan kejaksaan masih memiliki banyak kesibukan lain dan kesempatan untuk memperbaiki citranya.bila orang yang duduk dan yang terpilih sebagai pimpinan KPK kedepan mau belajar atas kemelut yang menimpanya selama ini,mudah-mudahan Kinerjanya makin meningkat dan berhati-hati dalam meneruskan perjuangan KPK.

  116. Perbaikan tugas 2
    Sumber
    RADAR BANJARMASIN
    (Rabu, 30 september 2009)

    Agar PNS Tidak Canggung Bekerja

    Sambutan Bupati pada Diklat
    TANJUNG – Dalam Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 1999 perubahan dari Undang-undang Nomor 8 tahun 1974, tentang pokok-pokok kepegawaian, dinyatakan bahwa pegawai negeri adalah setiap warga Negara Indonesia yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang, dan diserahi tugas dalam suatu jabatan tertentu. Serta, digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    Tujuannya, agar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab tidak merasa canggung, dan tidak bingung, namun terjadi sigap dan cepat tanggap terhadap pekerjaan yang memang menjadi tugas dan kewajibannya untuk dilaksanakan, ujar Rahman Ramsyi,di ruang kelas Badan Kepegawaian Daerah, selasa pagi kemaren.

    Pemkab HSU Bantu Korban Kebakaran

    Warga Diminta Bersabar
    AMUNTAI – Untuk meringankan beban penderitaan korban kebakaran Desa Pasar Sabtu Kecamatan Sungai Tabukan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (hsu) yang terjadi Sabtu akhir pekan lalu, pemerintah kabupaten setempat memberikan bantuan terhadap lima korban. Penyerahan bantuan bertempat dilokasi sisa puing kebakaran, baru-baru tadi.

    Hindari Kekerasan dalam Orientasi Mahasiswa Baru

    MARTAPURA – Wakil Bupati Banjar KH Muhammad Hatim Lc membuka secara resmi Orientasi Mahasiswa Baru ( OMB ) STAI Darussalam Martapura, Selasa (29/9) di Halaman Kampus STAI Darussalam.
    Dalam pengarahannya, hatim mengemukakan, orientasi mahasiswa baru jangan sampai dilaksanakan dengan cara-cara di luar prosedur yang telah ditetapkan lembaga STAI Darussalam.

  117. Perbaikan tugas 2

    Nama : Rizkiah Hapizah
    Nim : A1B107210
    Sumber
    RADAR BANJARMASIN
    (Rabu, 30 september 2009)

    Agar PNS Tidak Canggung Bekerja

    Sambutan Bupati pada Diklat
    TANJUNG – Dalam Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 1999 perubahan dari Undang-undang Nomor 8 tahun 1974, tentang pokok-pokok kepegawaian, dinyatakan bahwa pegawai negeri adalah setiap warga Negara Indonesia yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang, dan diserahi tugas dalam suatu jabatan tertentu. Serta, digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    Tujuannya, agar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab tidak merasa canggung, dan tidak bingung, namun terjadi sigap dan cepat tanggap terhadap pekerjaan yang memang menjadi tugas dan kewajibannya untuk dilaksanakan, ujar Rahman Ramsyi,di ruang kelas Badan Kepegawaian Daerah, selasa pagi kemaren.

    Pemkab HSU Bantu Korban Kebakaran

    Warga Diminta Bersabar
    AMUNTAI – Untuk meringankan beban penderitaan korban kebakaran Desa Pasar Sabtu Kecamatan Sungai Tabukan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (hsu) yang terjadi Sabtu akhir pekan lalu, pemerintah kabupaten setempat memberikan bantuan terhadap lima korban. Penyerahan bantuan bertempat dilokasi sisa puing kebakaran, baru-baru tadi.

    Hindari Kekerasan dalam Orientasi Mahasiswa Baru

    MARTAPURA – Wakil Bupati Banjar KH Muhammad Hatim Lc membuka secara resmi Orientasi Mahasiswa Baru ( OMB ) STAI Darussalam Martapura, Selasa (29/9) di Halaman Kampus STAI Darussalam.
    Dalam pengarahannya, hatim mengemukakan, orientasi mahasiswa baru jangan sampai dilaksanakan dengan cara-cara di luar prosedur yang telah ditetapkan lembaga STAI Darussalam.

  118. Revisi Tugas Kliping
    Nama : Erwansyah
    NIM : A1B107251

    Sumber Kompas,Rabu, 16 Desember 2009

    Polisi Tewas Karena Mabuk, Dinobatkan Jadi Martir

    BEIJING, Seorang polisi China yang tewas setelah pesta minuman keras dengan pejabat setempat dinobatkan sebagai ”martir yang tewas ketika bertugas”.

    Sumber, Banjarmasin Post, 16 Desember 2009

    Prita Ingin Dirikan Yayasan Peduli Hukum

    “Prita ingin koinnya untuk mendirikan yayasan yang peduli untuk hukum. Subhanallah rakyat peduli dengan keadilan,” ujar kakak Prita, Novi Muktiari (46) di posko penghitungan koin Prita, Jl Langsat, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

    Koin untuk Prita Mulyasari terus berdatangan. Keluarga Prita pun sepakat menggunakan uang ini untuk mendirikan yayasan peduli hukum.

    Novi menambahkan uang ini juga akan digunakan untuk berbagai kegiatan sosial dan membantu orang-orang yang bernasib seperti Prita.

    Novi berharap dengan adanya gerakan sosial seperti ini, aparat pemerintah bisa sadar untuk membenahi instansinya. Dia berharap kasus yang menimpa Prita tidak terjadi lagi.

    “Banyak kasus yang tidak terekspos. Mudah-mudahan kasus Prita baik pidana dan perdata bisa benar-benar selesai,” harapnya.

    Kontroversi Patung Obama

    Pendirian patung Obama kecil di Taman Menteng, Jakarta Pusat dinilai perlu dilihat pertimbangan maknanya. Jika memang nilai historisnya lebih kuat, maka tidak ada salahnya untuk diletakkan di tempat yang memiliki kaitan dengan masa kecil Obama.

    Banyak orang (terutama tokoh budaya betawi) dibuat geram dengan keberadaan patung Obama yang secara estetis memang bagus namun tidak secara filosofis. Geram karena pemerintah DKI Jakarta lebih memilih untuk mematungkan Obama (hanya karena pernah tinggal di Menteng,

    Penolakan terhadap pemasangan patung Barack Obama di Taman Menteng dilakukan karena Obama dianggap tidak pernah berjasa bagi kota Jakarta. Warga menganggap, masih banyak tokoh lainnya yang lebih pantas dibanding Obama.

    “Mendingan Benyamin Sueb, dia simbol masyarakat Betawi,” kata pengagas gerakan Facebooker ‘Turunkan Patung Obama’, Heru Nugroho

  119. perbaikan tugas 2
    Nama Rukmaliana
    Nim A1B107226
    Tugas 2 MIP (tugas kliping)

    Kualitas Udara di Batola Memburuk
    MARABAHAN,BPOST – Ibu kota Barito Kuala, Marabahan, Rabu (9/9) terasa lebih lengang disbanding hari biasanya. Warga memilih mengurangi aktivitasdi luar rumah, karena kondisi udara makin memburuk akibat tebalnya kabut asap.
    Pesawat Terbelah Dua
    TARAKAN, BPOST- insiden pesawat milik TNI kembali terjadi. Sebuah pesawat intai milik TNI Angkatan Laut, terbelah dua setelah jatuh di area pertambakan rakyat, di pulau Mentadau, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur, Senin (7/9).
    Berdoa Sebelum Melintasi
    BANJARMASIN, BPOST – Sobir (21) tampak menggeleng-gelengkan kepalanya saat memandangi Jembatan Mantuil yang keadaannya sudah makin parah, Senin (7/9) sekitar pukul 16.00 Wita.

  120. menurut saya berita diatas merupakan straight news, seperti berita-berita yang saya lihat di koran dan mencakup 5w+1H, namun tidak sesuai ejaan yang di sempurnakan atau EYD.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: