What about history of Indonesian literatur?

Beberapa penelaah sastra Indonesia telah mencoba membuat babakan waktu (periodisasi) sejarah sastra Indonesia. Meskipun di antara para ahli dan sarjana itu ada persamaan-persamaan yang dalam membagi-bagi babakan waktu sejarah sastra Indnesia, kalau diteliti lebih lanjut akan tampak bahwa masing-masing periodisasi itu menunjukkan perbedaan-perbedaan yang mencolok baik istilah maupun konsepsinya.

Dalam ikhtisar ini akan diikuti pembabakan waktu sejarah sastra Indonesia sebagai berikut:

I. MASA KELAHIRAN (1900-1945) yang dapat dibagi menjadi:
1. Periode awal hingga 1933;
2. Periode 1933-1942;
3. Periode 1942-45.

II. MASA PERKEMBANGAN (1945-sekarang) meliputi:
1. Periode 1945-1953;
2. Periode 1953-1961; dan
3. Periode 1961- sekarang.

Sumber: Ikhtisar Sejarah Sastra Indonesia, Ayip Rosidi

Bagaimana pendapat Anda?

About these ads

99 Tanggapan

  1. saya setuju dengan mata kuliah yang bapak berikan, karena dapat menambah dan memperdalam pengetahuan sejarah sastra saya.

  2. saya tertarik dan setuju dengan mata kuliah sejarah sastra karena membuka wawasan saya terhadap dunia sastra beserta sejarahnya.

  3. Menurut saya terhadap rencana mata kuliah sejarah sastra yang tersedia pada program perkuliahan ini sangat baik dan sangat menarik bagi saya. Karena program perkuliahan sejarah sastra sangat mendukung bagi kami sebagai mahasiswa untuk mengetahui dan mengenal tokoh – tokoh sastra yang ada di Indonesia. Jadi, kami sebagai anak PBSID akan mengetahui perkembangan sastra yang ada di Indonesia dari berbagai macam periode. Dengan adanya perkembangan periode itu kita dapat mengetahui perubahan apa saja yang terjadi dalam sastra indonesia. Maka dengan mengetahui perkembangan sastra indonesia dapat memacu potensi kita untuk melestarikan budaya tersebut dan mewariskan kepada anak didik kita di masa yang akan datang. Saya sangat setuju sekali kalau di program perkuliahan sejarah sastra ini kita akan membahas tokoh – tokoh sastra khairil anwar, WS Rendra dan Pramudya tapi saya ingin menyarankan apakah hanya tokoh – tokoh tersebut saja yang akan kita pelajari, bukannya tokoh – tokoh sejarah sastra sangat banyak dan kita pun dapat mempelajarinya. di Kalimantan Selatan saja mungkin kita mempunyai tokoh sastra juga, saya ingin bapak untuk bisa menambahkan tokoh – tokoh sejarah sastra ini dengan menampilkan tokoh – tokoh sastra yang ada di Kalimantan Selatan, mungkin akan menarik untuk kita pelajari dan kita bahas bersama – sama . Dan saya sangat setuju dengan usul bapak sekali pertemuan tugas dan diskusi kelas untuk mempelajari program perkuliahan sastra. Sehingga mahasiswa dengan mudah mengingatnya kembali pelajaran tersebut melalui tugas yang diberikan oleh Bapak.

    TERIMAKASIH

  4. Bagi saya topik-topik yang ditawarkan dalam mata kuliah Sejarah Sastra Indonesia sudah sesuai, khusus untuk materi Tinjauan Sejarah sebenarnya mudah dipahami, tapi ada beberapa kalimat yang terulang jadi kesannya berbelit-belit.

  5. Menurut saya mata kuliah sejarah sastra adalah mata kuliah yang menarik. mulai dari sejarahnya yang akan dipelajari maupun orang-orang yang secara langsung terlibat dalam sejarah sastra itu sendiri. Ini menjadi hal baru dan sekaligus ilmu baru yang didapat mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bahasa Indonesia secara umum maupun secara khusus. Oleh karena itu saya setuju dengan topik-topik yang disajikan dan metode yang digunakan dalam belajar sejarah sastra.

  6. Dengan sejarah sastra maka akan teringat kembali masa lalu yang kental akan satra-satra yang penuh teka-teki dimana dalam memberikan makna di tiap-tiap individu berbeda-beda. Maka dengan mata kuliah ini akan lebih mudah memahami bagaimana sejarah munculnya sastra-sastra yang beragam dan sampai pada tangan kita. Dan dengan materi Tinjauan Sejarah akan memantapkan kita untuk lebih mencintai sastra Indonesia.

  7. Saya pribadi senang dengan adanya mata kuliah sejarah sastra karena kita seperti di bawa ke masa lalu , dengan cerita-cerita serta sastra yang ditulis oleh sastrawan pada masanya masing-masing , karena apa yang terjadi pada masa itu berkaitan dengn sastra yang ditulis oleh sastrawan tersebut,,,bagaimana mereka mengemukakan pendapat serta pemikirannya,,dan juga menambah wawasan sebagai seorang mahasiswa yang nantinya akan menjadi seorang guru sastra indonesia,
    terimakasih,

  8. Awalnya saya tidak begitu menyukai sastra mungkin karena saya tidak mengenal sastra tersebut. Tapi setelah saya membaca tinjauan sejara sastra, saya menjadi tertarik untuk mempelajari kapan lahir dan berkembangnya sastra di Indonesia juga tokoh-tokohnya.

  9. Sejarah satra adalah mata kuliah yang sangat penting bagi saya sebagai calon guru bahasa Indonesia. Berdasarkan yang saya ketahui tidak semua guru bahasa Indonesia benar-benar memahami sejarah sastra padahal sekarang sastra Indonesia masuk dalam Ujian Akhir Nasional, sehingga untuk seorang guru bahasa indonesia sangat perlu untuk mendalami sejarah sastra. Dan menurut saya mata kuliah sejarah sastra sangat menarik, karena dengan mempelajarinya saya dapat mengetahui bagaimana sastra dapat berkembang di Indonesia sehingga melahirkan sastrawan-sastrawan besar seperti Sutan Takdir Alisyahbana, WS.Rendra,Hamka, Marah Rusli, Chairil Anwar, Taufik Ismail dan lainnya. Selain itu kita juga dapat mengetahui bagaimana perjuangan mereka dalam mengembangkan sastra di zaman penjajahan Belanda maupun Jepang. Dan saya sangat setuju dengan program mata kuliah sejarah sastra yang telah Bapak tentukan yaitu dengan cara diskusi dan tugas.

  10. Menurut Saya, materi “Tinjauan Sejarah” dalam mata kuliah Sejarah Sastra ini sudah cukup jelas dan sangat bagus, karena di sana ditampilkan mulai dari latar belakang sastra hingga perkembangannya. Misalnya, latar belakang sastra yang dikarenakan persamaan nasib pula lah yang menyebabkan timbulnya rasa nasionalisme sehingga terciptanya para pengarang sastra yang hebat dan terkenal itu, selain itu materi di sini sangat bermanfaat karena memberikan pengetahuan bahwa sastra tersebut menggambarkan seluruh kondisi yang ada di masyarakat dan dapat memberikan semangat bagi yang menyukai sastra serta menjadi pemacu untuk belajar sastra. Dari sini kita dapat mengambil pelajaran bahwa sastra itu dilahirkan dengan penuh perjuangan dan semangat nasionalisme.
    Dalam materi tinjauan sejarah ini juga memberikan pengetahuan umum tentang sastra dan memudahkan untuk mempelajari materi selanjutnya.
    Semoga dapat menjadi awal yang baik untuk melangkah ke materi-materi sejarah sastra yang berikutnya.
    Terima Kasih!!

  11. Menurut saya bahan mata kuliah Sejarah Sastra dengan topik ” Tinjauan Sejarah” merupakan materi yang sangat menarik dan penting untuk dipelajari serta sangat tepat untuk dijadikan materi perkuliahan. Karena dalam “Tinjauan Sejarah” tersebut kita dapat mengetahui seberapa besar perjuangan para sastrawan Nusantara dengan semangat nasionalismenya yang tinggi dan penuh keberanian. Hal ini merupakan sebuah pelajaran yang dapat dijadikan contoh bagi para generasi baru yang mempelajari Sejarah Sastra. Hasil karya sastra para sastrawan itu pun dapat menjadikan saya lebih mencintai dan menyukai bahasa dan sastra bahkan mungkin tidak hanya saya yang merasakan hal tersebut. Tinjauan sejarah juga penting agar kita dapat mengetahui darimana awalnya dan mengapa sastra itu muncul.
    Secara keseluruhan materi yang Bapak sajikan mudah untuk dipahami, tetapi setelah saya bandingkan dengan isi materi yang ada dalam buku karangan “Ajib Rosidi” ternyata tidak semuanya bapak masukan dalam pembahasannya. Jadi, di sini saya bingung memilih mempelajari yang mana, walaupun isi topiknya memang dari buku itu, tetapi apakah bapak memang sengaja memberikan kami materi berupa ringkasan dari yang ada dalam buku sehingga mempermudah kami untuk memahami dan mempelajarinya?

  12. yaaaaaaaa..
    belajar sejarah sastra pasti bakalan rame karena kita kaya kembali lagi ke tempo dulu…
    sejarah sastra menjadikan saya lebih mengenal para sastrawan,karena saya awam akan hal itu.
    sebab dulunya saya kurang suka membaca karya sastra.
    saya mau tanya nih pak,kenapa karya sastra dikaitkan dengan kondisi politik dan kehidupan.

    terima kasih

  13. Menurut pendapat saya topik “Tinjauan Sejarah” dalam mata kuliah sejarah sastra sangat bagus dipelajari sebelum kami mempelajari sejarah sastra. Dalam “Tinjauan Sejarah” tersebut kami mengetahui bagaimana para tokoh pemimpin nasional memperjuangkan bangsa Indonesia agar bisa terbebas dari jajahan Belanda. Kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dimanfaatkan oleh para pejuang agar bisa memerdekakan Indonesia. Kami sebagai generasi penerus sebaiknya mencontoh perjuangan mereka. Dengan mempelajari “Tinjauan Sejarah” kita bisa mengetahui bagaimana awal mula munculnya sastra.

  14. Menurut saya setelah mempelajari tinjauan sejarah tersebut dapat membantu saya dalam melihat sejarah sastra yang akan dipelajari di semester ini. Dengan mengetahui sejarah awal negara kita yang sempat dikuasai oleh bangsa-bangsa seperti Portugis, Inggris, Spanyol dan Belanda kita juga mengetahui pola pikir rakyat negara kita yang semakin berkembang. Dan timbulnya para cendikiawan yang memperjuangkan agar bahasa melayu menjadi bahasa nasional.

  15. Menurut pendapat saya,mempelajari”Tinjauan Sejarah”kita dapat meninjau berbagai pengetahuan tentang masalah Zaman dulu. Sehingga kita sebagai anak cucu mengetahui berbagai sejarah zaman,menjadikan kita memiliki rasa Patriotisme yang tinggi dan menjadi lebih bermakna di hati kita masing-masing dan yang menjadi lebih penting ialah rasa kesatuan dan persatuan menjadi lebih erat.

  16. Menurut saya sebagai warga Negara yang baik di tinjau dari”Tinjaun Sejarah”kita wajib mempelajari perkembangan Sastra,serta Sejarah Sastra Indonesia. Dengan demikian kita dapat mengetahui bagaimana perjuangan Negara kita dulu saat terjajah oleh Bangsa. Dengan berbagai cara Bangsa kita ini memperjuangkan kemerdekaan,tidak hanya itu kita di tuntut untuk mencintai dan melindungi Sejarah sastra yang kita punya

  17. Setelah saya mempelajari materi ” Tinjauan Sejarah ” ini mengingatkan kembali akan sejarah negara Indonesia di masa lalu. Dengan mempelajari materi ini saya mengerti betapa pentingnya persatuan bangsa. Dengan mengingat sajarah kemerdekaan membuat saya mengerti begitu besar pengorbanan para pemimpin dan pejuang kemerdekaan. Oleh karena itu, mari kita tanamkan rasa persatuan, kesatuan dengan semgat rasa nasionalisme yang dalam untuk meneruskan perjuangan dengan memanfaatkan pendidikan yang ada di negara kita. Dengan mempelajari Tinjauan Sejarah ini kita akan mengerti bagaimana sejarah awal lahirnya sebuah sastra dan juga para tokoh sastra tersebut. Mempelajari Tinjauan Sejarah ini sebagai langkah awal untuk mempelajari perkembangan sastra. Terimakasih.
    ___________________________________________________________________

    Apa Anda sudah registrasi?

  18. Saya melihat pada “Tinjauan Sejarah”,mempelajari sejarah sastra sangatlah penting, karena selain tau sejarah perjalanan sastra dari dulu sampai sekarang, kita juga mengetahui para pendiri sastra melayu, walaupun pada awal-awalnya mereka hanya memakai bahasa melayu rendah atau bahasa melayu pasar. Semakin lama tahun semakin bertambah, sastra melayu kitapun semakin baik dan terus diperbaharui.

  19. Saya melihat pada “Tinjauan Sejarah”,mempelajari sejarah sastra sangatlah penting, karena selain tau sejarah perjalanan sastra dari dulu sampai sekarang, kita juga mengetahui para pendiri sastra melayu, walaupun pada awal-awalnya mereka hanya memakai bahasa melayu rendah atau bahasa melayu pasar. Semakin lama tahun semakin bertambah, sastra melayu kitapun semakin baik dan terus diperbaharui.

  20. Sastra, Mungkin sebagian teman sudah banyak berkenalan dengan yang namanya sastra saat duduk di bangku SMA, namun saya tidak pernah mendapatkan pengenalan akan sastra saat berada dibangku SMA.

    Jadi boro-boro tau mengenai sejarah sastra, sastra aja kurang mengenal.

    Jadi Cara belajarnya Mohon Disesuaikan dengan pemula, agar dapat menumbuhkan rasa kecintaan akan sastra.

  21. Itu Pak yang diatas Commentar saya, Lupa logout Blog saya.
    jadi yang tertera hanya alamat Blog saya

  22. Menurut saya, mata kuliah sejarah sastra dapat memperdalam sejarah, walaupun waktu di bangku SMA sudah ada pelajaran sejarah, tetapi tidak begitu dalam. Dan menurut saya mata kuliah sejarah sastra yang bapak berikan kepada kami sangat membantu dalam menunjang prestasii mahasiswa.

  23. saya setuju dengan mata kuliah sejarah sastra karena mampu mengarahkan atau mendidik dengan nilai-nilai kebenaran dan kebaikan yang terkandung di dalamnya yang mengandung ajaran yang dapat di teladani

  24. saya setuju dengan mata kuliah sejarah sastra karena mampu memberikan pengetahuan sehingga tahu moral yang baik dan buruk, karena sastra yang baik mengadung moral yang tinggi.

  25. Menurut saya mata kuliah sejarah sastra adalah mata kuliah yang menarik untuk di pelajari oleh para mahasiswa,mulai dari sejarahnya yang akan dipelajari maupun orang-orang yang secara langsung terlibat dalam sejarah sastra itu sendiri. Dan mata kuliah sejarah sastra akan menjadi ilmu yang baru bagi mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bahasa Indonesia secara umum maupun secara khusus.Agar para mahasiswa lebih tahu lagi tentang bahasa Indonesia Oleh karena itu saya sangat setuju dengan topik-topik yang disajikan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran mata kuliah sejarah sastra.

  26. Menurut saya materi ” Tinjauan Sejarah Sastra ” adalah sangat baik dan sangat bermanfaat bagi kita semua dan penerus generasi yang akan datang. Karena dari sejarah itulah kita dapat mempelajari sejarah – sejarah sastra yang ada di Indonesia. dan kita pun lebih mengetahui dan mengenal tokoh – tokoh sejarah sastra dengan mempelajari mata kuliah tersebut. Dengan adanya semangat nasionalisme maka dapat memotivasi kita untuk memperjuangkan dan meneruskan di masa depan dan akan mengenalkan lagi kepada generasi muda lainnya untuk selalu memperjuangkan negara kita dari jajahan negara lain.

    Terimakasih

  27. Ass,
    Bapak…

    Menurut saya materi yang telah Bapak sajikan untuk kelas Sejarah Sastra dengan pembahasan mulai dari masa kelahiran dan perkembangan hingga sekarang itu sangat menarik, karena dengan demikian secara tidak langsung mahasiswa akan mengetahui Apa itu sastra? Pada masa apa sastra mulai ada? Bagaimana perkembangannya? Siapa saja tokoh yang turut serta memperjuangkan sastra dalam perkembangannya hingga sekarang? Dan laen-laen…
    Sebagai pemula menurut saya itu dianggap perlu, apalagi sebagai seorang mahasiswa yang berada di jurusan Bahasa Indonesia dan Sastra itu akan menjadi sedikit dasar bagi kita untuk bisa mengetahui lebih banyak masalah sastra.
    Bapak, pada dasarnya sampai sekarang ini saya masih gagap masalah sejarah sastra dan saya sangat ingin bisa lebih mengetahui sastra lebih jauh bahkan tidak hanya ingin sekedar mengetahui mungkin saya ingin bisa ikut berperan serta dalam masa perkembangannya,nda salah kan Pak??! Hehehehe…..
    Dan semoga materi yang akan kita bahas di kelas Bapak menjadi awal yang baik untuk kita bisa lebih jauh mengenal sastra.
    Mohon bimbingannya Pak ya….
    Makasih…Bapak..!!!

  28. Assalamu’alaikum,

    Saya ingin menanyakan tentang periodisasi sejarah sastra pada periode Balai Pustaka, yang telah saya baca di dalam web Anda, maupun dalam buku teks karangan Ajip Rosidi. Di situ menyebutkan kalau Balai Pustaka itu pertama kali didirikan oleh pihak Belanda.

    Yang membuat saya menjadi bingung adalah kenapa Belanda mendirikan Balai Pustaka, padahal sepengetahuan saya melalui Balai Pustaka inilah para sastrawan menyuarakan rasa nasionalismenya, walaupun belum secara langsung. Dan hal ini berakibat terjadinya perlawan-perlawan dari masyarakat Indonesia pada waktu itu, yang tujuan mereka adalah untuk meraih kemerdekaan.

    Demikian tanggapan saya tentang periodisasi sastra Indonesia.

    terima kasih

    ___________________________________________________________________

    Yang membuat saya menjadi bingung adalah kenapa Belanda mendirikan Balai Pustaka, padahal ….

    Ayo sapa yang bisa menjelaskan? Silakan posting di sini.

  29. Ass…………!!!

    Menurut saya, sejarah sastra itu sangat penting dan saya sangat setuju dengan materi yang bapa berikan kepada kami, karena pelajaran sejarah sastra ini akan mengingatkan dan mengenang kita pada masa lalu. semoga dengan adanya mata kuliah sejarah sastra kita dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas. mohon bimbingannya ya pak…….
    terima kasih……!!!
    ___________________________________________________________________

    Apa Anda dah registrasi?

  30. Ass…..!!!
    menurut saya, mata kuliah sejarah sastra itu sangat penting untuk di pelajari supaya dapat menambah pengetahuan dan memperluas wawasan, karena masih banyak yang tidak mengetahui apa itu sejarah dan apa itu sastra. karena sejarah pada masa yang lalu masih banyak belum mengetahuinya agar dapat di teruskan ke generasi yang akan datang supaya sejarah sastra tidak berhenti di tengah jalan…………!!!
    makasih.

  31. Assalamualaikum wr.wb…..

    Menurut pendapat saya, tinjauan sejarah sastra sangat baik diberikan kepada mahasiswa PBSID. Pengetahuan saya tentang sastra sangatlah kurang. Waktu di SMA, pelajaran Bahasa Indonesia hanya mementingkan pelajaran umum tentang bahasa, misalnya saja membuat karangan, puisi, atau paragraf sederhana. Sedangkan pengetahuan tentang sejarah sastra jarang kami dapatkan. Masalah materi sejarah sastra yang ada di alamat web bapak, saya tidak bisa memberikan banyak komentar. Saya senang dan akan mengikuti perkuliahan ini dengan baik karena saya ingin mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai tinjauan sejarah sastra dan perkembangannya.
    Terima kasih…

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  32. Ass,
    Bapak. . .

    Menurut yang telah saya baca dalam web Bapak yang menyajikan materi untuk sejarah sastra itu sangat menarik untuk dipelajari atau untuk ditelusuri seluk beluk sejarah sastra.
    Dengan mempelajari sejarah sastra ini agar lebih jelasnya lagi di adakannya observasi untuk mahasiswanya,agar dalam pembelajarannya lebih menyenangkan dan mudah untuk dimengerti.
    Karena sejarah merupakan peninggalan yang sulit untuk dipahami,karena walaupun ada bukti tetapi semua itu masih meragukan.
    Jadi selain teori dalam ruangan juga di adakannya observasi lapangan atau langsung terjun yang ada peninggalan sejarah sastranya.
    Semoga dengan kita mempelajari sejarah sastra ini,Kita akan lebih banyak tau tentang sejarah sastra yang belum kita ketahui sebelumnya.

    Demikian tanggapan dari saya mengenai sejarah sastra.

    Terimakasih

  33. Assalamualaikum Wr Wb

    Menurut saya, mata kuliah sejarah sastra sangat penting dan berguna bagi seorang calon guru. Karena tanpa mata kuliah sejarah sastra kita tidak tahu seluk beluk mengapa sejarah sastra itu ada dan supaya kita dapat mengetahui sejarah sastra ini, kita perlu mengikuti kuliah ini. Maka dari itu saya mohon bimbingan dari dosen yang berpengalaman seperti bapak.
    Sukran……..!?!

  34. Ass. . .

    Saya sangat senang dengan adanya mata kuliah sejarah sastra,Menurut saya mata kuliah tersebut banyak manfaatnya,kita dapat mengetahui tentang sejarah sastra dari lahirnya sastra hingga sekarang.
    Karena pengetahuan saya minim sekali tentang sejarah terutama sejarah sastra ini.
    Dengan saya mengikuti pelajaran sejarah sastra ini memungkinkan saya bisa lebih mengenal tentang sastra dan sejarahnya.

    Demikian isi komentar dari saya,semoga Bapak dapat membimbing saya agar lebih baik lagi dalam pemahaman tentang sastra.

    Terima kasih

  35. Ass………………….!!!!!!!!!!!

    Menurut pendapat saya,mata kuliah sejarah sastra sangat penting dipelajari,agar sejarah sastra dapat bertahan dan pelajaran sejarah sastra ini sangat bermanfaat bagi kita dan masyarakat.
    sejarah sastra juga bukan hanya untuk dipelajari saja,tetapi juga dikembangkan agar sejarah tersebut dapat diteruskan oleh generasi-generasi berikutnya.sastra juga dapat dijadikan pedoman dan petunjuk bagi orang banyak.
    Oleh karena itu saya mohon bimbingan dari bapak dalam mengikuti mata kuliah sejarah sastra ini.

    wassalam…………..
    Terimakasih…

  36. Assalamu’alikum

    Menurut saya, dengan adanya mata kuliah sejarah sastra, saya akan mengenal dan mengetahui tentang sejarah sastra. Sehingga saya mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang luas tentang sejarah sastra.

    Tentang Tinjauan sejarah sastra selanjutnya saya akan mudah untuk mengetahui tentang tokoh-tokoh sejarah sastrawan di Indonesia.

    Terimakasih

  37. mempelajari sebuah sejarah sangat menarik bagi saya apalagi kita dapat mengetahui berapa banyak peninggalan sejarah yang sudah ditinggalkan para pembuatnya , apalagi sejarah sastra banyak dari mereka yang tidak mengenal para tokoh sejarah yang telah menghasilkan karya-karya yang dapat mengubah dan memberikan manfaat bagi generasi selanjutnya.misalnya para tokoh sastra yang memperjuangkan dan mempertahankan penggunaan bahasa melayu sehingga menjadi bahasa indonesia yang baik padahal pada zaman tersebut mereka dipaksa serta diwajibkan untuk memakai atau menggunakan bahasa belanda demikian juga para tokoh lainnya ,

    terimakasih,

  38. Ass……..
    bapak

    Menurut saya mata kuliah sejarah sastra adalah mata kuliah yang sangat penting dan perlu di pelajari,dengan mempelajari sejarah sastra tersebut hal-hal yang belum kita ketehui akan terungkap . misalnya kita akan mengetahui apa sih sejarah sastra itu…..???serta dapat mengetahui siapa tokoh-tokohnya dan perkembangan dari dulu sampai sekarang.Dengan adanya bimbingan dari bapak semoga saya bisa menyampaikannya lagi kepada orang lain, agar sejarah sasra ini tidak hanya sampai disini.

    demikian tanggapan saya
    terima kasih

  39. ass….
    menurut saya,,mata kuliah sejarah sastra penting!!karena dgn mempelajari mata kuliah tersebut kita dapat mengetahui tentang sastra,tokoh-tokohnya dan perkembangan sastra dari dulu smpai sekarang pengetahuan saya sangat minim tentang sastra walaupun waktu SMA dulu jurusan sekolah saya adalah bahasa…Tp pelajaran d SMA pembahasan tentang sastra tidak dijabarkan dengan detail sehingga saya kurang memahami tentang sastra tersebut..Oleh karena itu saya sangat mengharapkan bimbingn bapak dalm pemberian materi yg bp ajarkan kelak suatu saat nanti ilmu yg diberikan akan berguna bagi masa depan saya…

    Demikian tanggapan saya,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih….wassalam

  40. Saya rasa untuk mempelajari sastra, kita memang harus mempelajari sejarah sastra, hal itu agar kita bisa memahami proses terjadinya perubahan yang ada di dalam dunia sastra. Perkembangan – perkembangan yang terjadi ataupun penurunan kualitas suatu karya sastra, saya rasa merupakan akibat dari situasi dan kondisi bangsa yang menciptakan karya sastra tersebut., sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan pola pikir suatu bangsa dari sejarah sastra.

  41. menurut saya tinjauan sejarah sastra ini bagus sekali kalau di bagi dalam sistem periodesasi bukan dalam” angkatan” karena betul sekali bahwa kalau yang digunakan adalah sistem angkatan akan banyak menimbulkan berbagai kekacauan. karena dalam satu angkatan itu banyak sekali yang mungkin berbeda pemahamannya dalam memahami sastra.
    Dan juga dengan sejarah kita dapat tahu kapan karya-karya sastra itu dibuat, siapa pengarangnya dan konsep pemahamannya apa. jadi sangat bagus sekali bagi kami sebagai calon guru bahasa Indonesia mempelajari mata kuliah sejarah sastra.

  42. Menurut saya tinjauan sastra ini sangat berguna agar kita dapat lebih mudah memahami karya-karya sastra yang dibuat oleh pengarangnya masing-masing serta memahinya.

    Apalagi kami adalah para calon jadi tinjauan satra ini sangat penting untuk kami pelajari.

  43. Dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan diharapkan kepada seluruh pengajar agar mampu menguasai bidang program studi masing-masing. Begitu juga dengan kami sebagai calon Guru PBSID harus menguasai segala yang berkaitan dengan program studi yang kami ambil agar tercapainya proses pendidikan yang efektif dan efisien. Lebih khusus untuk mata kuliah Sejarah sastra. Berdasarkan pengalaman saya selama jadi pelajar banyak Guru bahasa Indonesia yang kurang paham akan sejarah sastra, Oleh karena itu mulai saat ini kita bersama-sama berusaha mendalami program studi yang kita ambil terutama untuk sejarah sastra agar nanti bisa diterapkan dalam proses pembelajaran pada waktu kita menjadi seorang pengajar.

  44. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati sejarahnya,perjalanan bangsa ini tidak lepas dari sejarah,
    bangsa kita mempunyai BAHASA KEBANGSAAN yaitu BAHASA INDONESIA,oleh karena itu kita sebagai penerus perjalanan bangsa ini harus terus menghormati dan memahami sejarah BAHASA kita sendiri…..
    maka dengan sangat bangga khususnya saya sendiri,kita semua umumnya,dapat mengikuti mata kuliah ini yang dapat membawa kita bernostalgia ria untuk mendapat pengetahuan lebih dalam bidang sejarah bahasa…………………………………..
    Terima kasih……………………………………………. #@
    ___________________________________________________________________

    Apa Anda sudah registrasi?

  45. Pembahasan “Tinjauan Sejarah” kembali menginformasikan kepada kita sejarah Nusantara di masa kejayaannya, masa kebangkitan dan masa keterpurukannya. Namun sastra Nusantara masih bisa bertahan dalam gencarnya sosialisasi budaya-budaya asing pada masa penjajahan.

    Tinjauan Sejarah bagus diberikan untuk menambah wawasan kita tentang sejarah sastra Indonesia.

  46. Assalamualaikum….wr…wb

    Sebagai orang INDONESIA kita wajib mempelajari dan mengatahui tentang asal usul semua sejarah INDONESIA apalagi sebagai seorang pelajar atau mahasiswa BAHASA INDONESIA harus mempelajari dengan sungguh sejarah sastra……………………………………………
    menurut saya dengan adanya mata kuliah sejarah sastra ini sangat bagus dan akan menambah pengatahuan bagi saya sendiri maupun pada masiswa lain,dengan adanya mata kuliah sejarah sastra ini yang telah bapak ajarkan kita jadi mengenal dan mempelajarinya dengan percaya diri bahwa kita juga bisa berhasil.

  47. seperti halnya bangsa kita, sastra juga memiliki sejarah yang kita sebut sebagai sejarah sastra. kita tidak mungkin senang dengan seseorang kalau kita tidak kenal dengan dia, begitu juga sastra. kita tidak akan senang belajar sastra kalau kita tidak tahu sejarahnya. Tinjauan sastra sangat penting agar kita khususnya calon guru bahasa indonesia memiliki wawasan tentang sejarah sastra indonesia agar lebih mendalami dalam proses pembelajaran. bukankah kita harus menghormati sastra dan budaya kita sendiri. bukan hanya sampai disitu saja, kita juga wajib melestarikan dan mengembangkannya.

  48. menurut saya kita sebagai anak PBSID memang sangat memerlukan pengetahuan tentang sastra, dan agar bisa lebih mengenal tentang sastra itu sendiri kita memang harus mengetahui latas belakagnya terlebih dahlulu. jadi, dengan adanya mata kuliah sejarah sastra ini, akan sangat membantu kami agar bisa mengetahui sejarah sastra itu sendiri. Dan tentang tinjauan sejarah yang Bapak berikan ini sudah cukup bagus untuk kami pelajari…

  49. Saya sangat setuju dengan mata kuliah ini karen mata kuliah sejarah sastra ini memberikan pengetahuan ataupun pengalaman dalam sejarah sastra kita yang kita biasa lakukan sekarang ini, dengan mata kuliah inilah seseorang dapat mengetahui bagaimana asal muasalnya sastra

    Auliya Rahman

  50. Saya sangat setuju dengan mata kuliah Sejarah Sastra ini, karena mata kuliah ini memberikan banyak pengetahuan terhadap sejarah asal mulanya sastra. Bahkan, memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman atas kejadian-kejadian pada masa lampau.

  51. Ass…………………….
    mempelajari sejarah sastra pastinya lebih banyak cerita.Jelas donk,namanya juga sejarah.Jujur saya kurang mengetahui sejarah sastra khususnya sastra Banjar itu sendiri karena saya,karena Saya tinggal di luar KALSEL dan selama kuliah ini saja baru lebih mengenal sejarah sastra asli banjar.Karena mungkin dosen sering bercerita bagaimana caranya agar membuat mahasiswa lebih menarik untuk mengikuti mata kuliah yang di berikan.Semoga mata kuliah ini memberikan kita pengetahuan tentang sejarah sastra itu sendiri,dan semoga lebih banyak membahas tentang sejarah sastra Banjar itu sendiri karena mungkin banyak sejarah sastra yang banyak orang awam atau bahkan orang Banjar asli tidak mengetahui.Dan saya berharap dengan mengikuti mata kuliah ini kita dapat melestarikan sastra itu sendiri.

  52. Asslamua’laikum Wr. Wb

    Sejarah sastra menurut saya sangat perlu dipelajari, agar kita bisa meninjau tentang budaya sastra, tanpa harus mendengarkan opini-opini orang lain yang biasanya simpang siur karena cerita tersebutpun dari oran lain yang tidak terlalu mengetahui sejarah sastra. Dari kita belajar sastra kita akan mendapatkan informasi yang akurat tentang perkembangan sastra maupun cara berkembangnya sastra tersebut.

    Saya berharap pada pelajaran mata kuliah sejarah sastra Dosen dapat menjelaskan tentang sejarah sastra tersebut, dan memberikan pengetahuan bagi saya, agar nantinya saya dapat mengajarkannya kelak saya menjadi seorang pendidik.

    Terimakasih,…

  53. Menurut saya mata kuliah Sejarah Sastra mengenai topik “Tinjauan Sejarah” sudah sangat baik. tetapi saya sulit mengerti karena saya belum pernah mempelajari hal ini secara mendalam, karena waktu SMA hanya mempelajari bagian umumnya saja dan juga seringkali guru jarang menjelaskan atau menyinggung menegenai bagaimana sejarah sastra itu sendiri. maka dari itu, dengan adanya mata kuliah ini saya mau mempelajari dan mendalaminya agar kelak saya mengajar dapat menjelaskan kepada para siswa tentang sejarah sastra itu sendiri. Demikian komentar dari saya. kiranya Bapak dan Ibu dapat membekali kami pengetahuan yang sangat berharga ini. terimakasih

  54. Menurut saya, tinjauan Sejarah Sastra yang Bapa terapkan sudah komplet dan sesuai.

    Dan saya sendiri senang mempelajari mata kuliah tersebut yang nantinya akan menambah wawasan bagi saya.
    Terima kasih

  55. Terimakasih bapak telah memberikan mata kuliah sejarah sastra,menurut saya sejarah sastra sangat perlu diajarkan karena pengetahuan kami khususnya saya sangat minim dan tentunya mahasiswa PBSID mengetahui dan memahami betul sejarah sastra karena itu merupakan objek kajian kita.
    dan agar kita mahasiswa PBSID tidak hanya bisa membaca puisi,teater,membuat novel dll.ta juga mengetahui asal usulnya.

  56. Assalamu’alaikum
    menurut pendapat saya tentang mata kuliah sejarah sastra sangat bagus untuk dipelajari, karena dapat menambah pengetahuan tentang sastra-sastra yang ada di Indonesia dan yang ada di Dunia. Dan dapat mengetahui tentang proses terbentuknya sastra dan perkembangannya, karena sewaktu di SMA dulu hanya mempelajari sedikit tantang sejarah sastra. Oleh karena itu lebih baik kalau mata kuliah ini dipelajari dengan baik agar nanti mendapat ilmunya dengan baik. Demikian komentar yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan dapat bermanfaat khususnya bagi diri saya pribadi, sekian dan terima kasih.

  57. Menurut saya mata kuliah sejarah sastra telah memenuhi kurikulum perkuliahan.Materi yang disampaikan dalam lingkup sejarah sastra kiranya dapat menjadi objek kajian mahasiswa PBSID dalam penerapan pengetahuan – pengetahuan umum. Perkuliahan sejarah sastra memuat informasi apa, bagaimana, mengapa suatu sastra terjadi dan berkembang dalam kehidupan masyarakat baik pada periode lampau maupun periode sekarang. Terima kasih.

  58. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Saya sangat setuju dengan di adakannya program mata kuliah Sejarah Sastra, karena dengan adanya program studi Sejarah Sastra kita bisa mengkaji Ilmu Pengetahuan Umum. Dan mengetahui tentang sejarah dan saya harapkan menambah wawasan dan pengetahuan saya dalam pelajaran sejarah sastra.

    Terima Kasih….

  59. ass……………………………………
    menurut saya sangat penting bagi kita khususnya mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa indonesia untuk lebih mengenal sejarah sastra yang kita miliki dan semoga sastra ini dapat kita kembangkan dan lestarikan. saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak karena telah memberikan materi tinjaun sejarah sastra agar kita semua bisa mengenal lebih dalam tentang kesusastraan. demikian komentar dari saya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. AMIN……………………………

  60. Menurut saya dengan adanya mata kuliah sejarah sastra ini saya jadi mengenal tentang sejarah sastra sebelum mengenal jenis-jenis sastra.Jadi saya lebih mudah untuk megikuti mata kuliah sastra yang lainnya.

  61. Assalamu’alaikum……………
    Langsung saja,Komentar saya tentang Mata Kuliah teori sastra sangat baik,karena ini menambah pengetahuan kita yang berhubungan dengan sastra.Tapi jujur saja,saya sebenarnya kurang menguasai tentang sastra.Saya sangat bersyukur sekali mata kuliah ini telah disajikan khususnya Prodi PBSID.Itulah komentar dari saya,semoga bermanfaat,dan bagi yang mengajar mata kuliah sejarah sastra,tolong bimbing saya juga mahasiswa yang lainnya agar menguasai mata kuliah ini. Wass…………

  62. Assalamualaikum WR.WB
    terimakasih kepada bapak yang telah memberikan mata kiluah sejarah sastra, menurut saya mata kuliah ini sangat penting bagi mahasiswa PBSID karena dapat mengetahui tentang sastra-sastra yang ada di Indonesia terutama sastra yang terdapat didaerah banjar.

  63. Assalamualaikum WR.WB

    dengan kita mempelajari mata kuliah ‘sejarah sastra’ kita mendapat pengetahuan, ilmu-ilmu yang ada pada jaman sejarah dan mungkin kita akan melastarikannya di jaman seperti sekarang.
    terimakasih…

  64. Ass………………
    Menurut pendapat saya, mata kuliah sejarah sastra ini sangat baik untuk kami pelajari. Karena semasa saya sekolah dulu pelajaran ini tidak diajarkan oleh guru-guru saya, saya tidak tahu apakah belum saatnya untuk dipelajari atau memang pelajaran ini khusus untuk mahasiswa, bukan untuk siswa?
    Mengenai sastra pada masa dahulu, saya benar-benar tidak mengerti untuk apa buku sastra itu diterbitkan. Apakah itu penting dipelajari atau tidak? Apakah cerita pada bacaan itu benar-benar terjadi, atau hanya untuk bahan bacaan saat santai saja? Dan apakah sejarah sastra ini sangat bermamfaat untuk masa kedepannya nanti?
    Oleh karena itu, mata kuliah sejarah sastra ini betul-betul membantu sayauntuk mengetahui hal-hal apa saja yang terjadi pada masa lalu dan bisa menjawab pertanyaan saya mengenai sejarah sastra ini.
    Terima kasih…..
    Wss…………

  65. assalamuallaikum. . .
    menurut saya sejarah sastra memang perlu untuk dipelajari. karena sebelum mendalami sesuatu harus mengetahui dulu latar belakangnya, seperti halnya sastra kita juga harus mengetahui sejarahnya dulu. untuk pembabakan waktu atau periodisasi kemungkinan seperti itu karena saya juga belum mengetahui sejarah sastra tersebut.
    mohon bimbingan bapak agar saya mengerti dan dapat mengetahui mata kuliah sejarah sastra.
    itu saja komentar dari saya . . .
    terima kasih.
    wss. ..

  66. Assalamualaikum ..

    Saya berpendapat, Sejarah sastra Indonesia sangat bagus dikembangkan, apalagi bagi mahasiswa seperti saya yang belum terlalu banyak tau tentang sejarah sastra Indonesia.
    Terkadang Perkembangan sejarah sastra Indonesia juga perlu kita ketahui sesuai dengan perkembangan zaman yang telah maju sekarang ini.

    terima kasih ,,,

    god Bless U ..

    WassalamualikUm wr. Wb

  67. Assalamualaikum,
    Bapak Insyaallah saya mengerti kenapa Balai Pustaka itu didirikan.
    Kalau menurut pemahaman saya begini. Dalam pembahasan topik Tinjauan
    Sejarah dan periode 1900-1933 dijelaskan bahwa pada mulanya Belanda
    mendirikan politik Balas jasa atau politik Cultuurstelsel (tanam
    paksa) yang telah sangat merusak kehidupan bangsa Indonesia. Dari sini
    kemungkinkan untuk bersekolah, untuk mendapat pendidikan, untuk maju
    bagi orang-orang Indonesia mulai agak lebih leluasa karena mereka
    mulai memperhatikan nasib anak negeri. Walaupun demikian tujuan mereka
    agar bangsa Indonesia dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsanya.

    Sementara itu kaum terpelajar justru kesadaran nasionalismenya muncul setelah mendapat pendidikan Barat yang diselenggarakan Belanda itu sendiri. Dari situ mereka mulai memperjuangkan bahasa Indonesia dengan berbagai cara. Mereka mulai sadar bahwa telah lama dijajah sehingga dengan semangat yang tinggi berjuang untuk merdeka.

    Semua itu telah menyebabkan pemerintah Belanda mencari jalan keluar dan akal supaya terhindar dari kesulitan akibat pendidikan yang diselenggarakan mereka sendiri. Sejalan dengan politik Etis (Etische Politiek) yang ketika itu menjadi kebijaksanaan umum Belanda, maka sampailah pemerintah Belanda pada pemikiran untuk membendung bangkitnya kesadaran nasional dengan mengadakan semacam bimbingan dalam soal bacaan rakyat. Maka pada tahun 1908 didirikanlah “Komisi Bacaan Rakyat ” yang pada tahun 1917 berubah menjadi “Kantor Bacaan Rakyat atau Balai Pustaka”.

    Mungkin itu saja Pak, mudah-mudahan penjelasannya ada benarnya. Amin…!

  68. Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya setelah mempelajari tinjauan sejarah tersebut sangat dapat membantu saya dalam melihat sejarah sastra yang akan dipelajari di semester ini. dan tinjauan sastra ini sangat penting dipelajari, sehingga kita tahu sejarah sastra itu sendiri.sehingga dapat menambah wawasan kita.
    Terimakasih pak…….

  69. assalamualaikum.wr.wb
    setelah membaca penjelasan tentang sejarah sastra dari file yang saya dapat, akhirnya saya dapat menangkap titik temu dari pembelajaran dan tujuannya yaitu kita dapat mengembang tingkat kemampuan membaca yang kita miliki sehingga dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan, dengan belajar mata kuliah Sejarah Sastra, pengetahuan tentang dunia sastra yang dipelajari akan semakin meningkat, ternyata andil dari sastra juga dapat mempengaruhi nilai historis perjuangan bangsa Inonesia secara tidak langsung dan kita dapat meneliti keberagaman kebudayaan dan adat istiadat dari karya sastra tersebut.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih..

  70. Jika ingin memperdalam atau mempelajari sastra, sebaiknya kita harus mengetahui dulu sejarah sastranya agar dapat mengetahui seluk beluk awal tentang sastra Indonesia. Mata kuliah sejarah sastra sangat penting dipelajari,agar sastra Indonesia dapat bertahan dan pelajaran sejarah sastra ini sangat bermanfaat bagi kita dan masyarakat. Dengan mengetahui sejarahnya kita akan dapat memperoleh pelajaran-pelajaran penting yang berkaitan dengan sastra Indonesia di masa lalu untuk membuat sastra Indonesia lebih baik lagi di masa yang akan datang.

  71. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Langsung saja,Komentar saya tentang Mata Kuliah t sejarah sastra sangat baik, karena ini menambah pengetahuan kita yang berhubungan dengan sastra. Tapi sebenarnya saya kurang menguasai tentang sastra. Saya sangat senang dan bersyukur sekali dengan adanya mata kuliah ini telah disajikan khususnya Prodi PBSID. mungkin hanya ini komentar saya.
    Dan bagi yang mengajar mata kuliah sejarah sastra tolong bimbing saya dalam mata kuliah ini dan tidak hanya saya saja tapi mahasiswa yang lainnya juga, agar menguasai mata kuliah ini.
    Terima kasih……

    wassalamu’alaikum wr. wb.

  72. Menurut saya,mata kuliah sejarah sastra banyak manfaatnya dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang sejarah sastra.maka dari itu saya ingin memperluas pengetahuan saya tentang sejarah sastra.
    Saya berharap dapat mengikuti mata kuliah ini dan nantinya saya dapat melestarikan sejarah sastra.
    mohon dukungannya yaa pak……
    terima kasih.

  73. komentar saya terhadap mata kuliah sejara sastra dapat menambah pengetahuan kita yang berhubungan dengan sastra dan dengan adanya mata kuliah ini saya berharap semua dapat mengembangkan dan melestarikan sastra tersebut. saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak yang telah memberikan materi pelajaran sejarah sastra agar kita semua bisa mengenal lebih dalam hal yang berhubungan dengan kesastraan.
    itu saja yang bisa saya sampaikan.
    terima kasih.

  74. Assalamu alaikum…wr.wb.

    kami sangat bangga, khususnya saya sendiri terhadap bapak yang mau meluangkan waktunya untuk kami. Dalam mengajarkan ” SEJARAH SASTRA DI INDONESIA ” yang sangat kami perlukan nantinya, dari apa yang kami pelajari terhadap mata kuliah sejarah sastra yang menambah pengetahuaan dan wawasan, saya berharap semua ini dapat membantu dalam mengembangkan dan melestarikan sastra, jadi harapan saya dari mempelajari sastra semoga bisa mengenal lebih jauh lagi kesastraan di Indonesia, saya sangat berharap sekali dari mata kuliah sejarah sastra yang bapak ajarkan ini bisa membantu, dan mendapatkan inspirasi untuk mengembangkan karya sastra pada masa sekarang.

    ini saja yang bisa saya kemukakan dari materi yang bapak ajarkan kepada kami. sesudah dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih……..

    wassalamu alaikum. wr.wb

  75. Ahnmad Rizali (A1B108231) arizali47, di/pada Maret 12th, 2009 pada 6:06 pm Dikatakan:

    Assalamu alaikum…wr.wb.

    kami sangat bangga, khususnya saya sendiri terhadap bapak yang mau meluangkan waktunya untuk kami. Dalam mengajarkan ” SEJARAH SASTRA DI INDONESIA ” yang sangat kami perlukan nantinya, dari apa yang kami pelajari terhadap mata kuliah sejarah sastra yang menambah pengetahuaan dan wawasan, saya berharap semua ini dapat membantu dalam mengembangkan dan melestarikan sastra, jadi harapan saya dari mempelajari sastra semoga bisa mengenal lebih jauh lagi kesastraan di Indonesia, saya sangat berharap sekali dari mata kuliah sejarah sastra yang bapak ajarkan ini bisa membantu, dan mendapatkan inspirasi untuk mengembangkan karya sastra pada masa sekarang.

    ini saja yang bisa saya kemukakan dari materi yang bapak ajarkan kepada kami. sesudah dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih……..

    wassalamu alaikum. wr.wb

  76. Dengan mempelajari sejarah sastra kita dapat memperbaiki sastra-sastra yang telah lalu, kita paham akan bagaimana sastra dahulu, oleh karena itu lah saya katakan kita dapat akan lebih paham untuk memperbaiki karya sastra kita sekarang ini, agar karya pada masa sekarang ini lebih sempurna dari pada yang dahulu-dahulu.
    Dan kitapun dapat mengetahui bagaimana susahnya pada masa dulu karya sastra kita sulit untuk maju, tetapi karena keuletan para sastrawan-sastrawan jadi karya -karya sastra indonesia dapat berkembang sampai sekarang ini..

    Terima kasih…

  77. Assalamualaikum wr.wb…..

    Menurut pendapat saya, tinjauan sejarah sastra sangat baik diberikan kepada mahasiswa PBSID terutama reguler B karena saya yakin baik saya maupun semua di reg B sangat kurang akan pengetahuan terhadap kesastraan.

    Seingat saya pelajaran sejarah hanya di lajarkan pada mata pelajaran sejarah, dan waktuyapun dalam satu minggu hanya beberapa jam oleh karena itu saya yakin sekali mata kuliah sejarah sastra ini sangat penting bagi kami untuk menambah wawasan kami yang sangat kurang ini.

    Terima kasih…

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  78. Assalam…Wr.Wb
    menurut saya pelajaran tentang sastra itu sangat baik untuk menambah wawasan kita sebagai mahasiswa,untuk lebih memahami dan mendalami tentang apa itu sastra maka kita harus tahu juga tentang sejarah sastra seperti hal nya tentang negara kita ini untuk lebih mendalami bahwa kita orang indonesia maka kita juga harus tau sejarah nya juga…
    maka kami minta bimbingan bapak….
    Terimakasih….!!

  79. Sudah sejak abad ke – 19 ada hasil-hasil sastra berbahasa melayu yang bukan ditulis oleh masyarakat dari kepulauan Riau dan Sumatra. Bahasa melayu yang dipergunakan oleh para pengarang bukanlah dari bahasa Melayu yang tinggi melainkan bahasa Melayu yang masih rendah.
    Sementara hasil karya sastra Melayu yang ditulis menggunakan bahasa Melayu tinggi juga bukan main banyaknya. Banyak jenis-jenis sastra Melayu diantaranya hikayat-hikayat, syair, pantun, dan karya sastra lain yang indah dan usianya berabad- abad. Pengarangnya pun tidak sedikit diantaranya para ulama dan kesultanan di Kepulauan Riau.
    Salah satu pengarang yang terkenal dengan usaha-usahanya memperbaharui sastra melayu ialah Abdullah.
    Dalam perkembangan sastra Indonesia ini para ahli membuat babakan waktu ” periodesasi ” dalam membagi babakan waktu sejarah sastra Indonesia. Dan babakan itu tebagi menjadi 2 babakan :
    1. MASA KELAHIRAN (1900-1945) ;
    a. periode awal hingga 1933
    b. 1933-1942
    c. 1942-1945
    2. MASA PERKEMBANGAN (1945- sekarang);
    a. 1945-1953
    b. 1953-1961
    c. 1961-sekarang

    Dengan adanya perkembanga sastra indonesia dari periode ke periode baru maka sampai sekarang sastra indonesia semakin maju, para pengarang sastra mulai dapat mengembangkan karangannya tidak hanya tertuju pada kehidupan fantasi tentang raja-raja dan putra-putri yang cantik melainkan tentang kehidupan sehari-hari pada zaman ke zaman.

    itu saja pendapat saya…..
    Terimakasih banyak……

  80. Kalau sejarah sastra indonesia sudah mencapai usia ratusan tahun mungkin perbedaan-perbedaan kecil yang sekarang tampak dan menjadi alasan pembabakan waktu baru itu tidak kelihatan dan keseluruhan waktu yang setengah abad itu tidak mustahil hanya menjadi dua periode saja, yaitu periode awal sampai 1945 dan periode sesudah 1945 sampai selanjutnya.

    Ajip Rosidi berpendapat pembabakan waktu sejarah itu bersifat nisbi, atau tidak mutlak.
    Dan kenisbian itu bukan hanya cirri khas pembabakan waktu sejarah sastra Indonesia saja, tetapi juga menjadi ciri umum periodisasi sejarah pada umumnya

    Adapun Jakob sumardjo berpendapat, pembagian zaman atau pembabakan waktu atau periodisasi sastra Indonesia modern sampai saat ini memang masih menjadi bahan perdebatan karena belum ada suatu pembabakan waktu yang diterima secara penuh oleh para ahli sastra di Indonesia.

    Banyak pembabakan waktu yang pernah ditawarkan dalam pengkajian sejarah sastra Indonesia selalu kembali pada nama-nama angkatan yang biasannya bertolak pada usia sastrawan sezaman.

    Namun masalah periodisasi sejarah sastra Indonesia secara eksplisit telah diperlihatkan oleh Ajip Rosidi dalam ikhtisar Sejarah sastra Indonesia.

    Secara garis besar Ajip Rosidi membagi sejarah sastra Indonesia sebagai berikut

    I. Masa kelahiran atau masa kebangkitan yang mencakup kurun waktu 1900-1945 yang dapat dibagi menjadi beberapa periode, yaitu
    1. Periode awal hingga 1933
    2. periode 1933-1942
    3. periode 1942-1945
    II. Masa perkembangan 1945-1968 yang dapat dibagi menjadi beberapa periode, yaitu.
    1. Periode 1945-1953
    2. periode 1953-1961
    3. periode 1961-1968

  81. mempelajari sastra itu penting bagi kita semua, tidak hanya membaca hasil-hasil karyanya saja, tetapi juga mempelajari sejarahnya juga penting agar tidak salah ,menafsirkan karya-karya tersebut. dalam mata kuliah ini sangat bermanfaat sekali karena membuka wawasan kita tentang sastra di Indonesia, serta membuka kembali ingatan kita tentang makna-makna sastra pada periode-periode yang telah di bagi-bagi tersebut, karena setiap periode itu pesan-pesan yang terkandung dalam karya sastra agak sedikit berbeda. pembagian waktu menjadi beberapa periode itu bagi saya juga membantu kita agar lebih mudah dan ingat dalam setiap periode. itu saja komentar dari saya, semoga bisa diterima. terimakasih!

  82. sebagai calon guru terutama guru Bahasa Indonesia, mempelajari sastra itu penting dan perlu sekali karena sebagai bahan ajar kita nantinya, oleh karena itu mata kuliah ini sangat perlu bagi kami mahasiswa BSID, terutama bagi saya yang kurang senang membaca dengan begini mau tidak mau dan suka tidak suka saya juga harus mempelajari yang masuk dalam sastra-sastra tersebut.
    dengan begitu kita sebagai guru dapat mendeskripsikan ragam karya sastra di setiap periode, mengelompokkan ragam karya sastra Indonesia berdasarkan periodesasi, dapat memaparkan para pengarang penting di setiap periodesasi, dapat menjelaskan perkembangan ragam karya sastra yang dominan dipengaruhi oleh aliran kesusastraan dalam periode tertentu.

    pembagian sastra menjadi beberapa periode itu berdasarkan zamannya. penggolongan sastra menjadi beberapa periode tentu harus berdasarkan ciri-ciri tertentu, karena setiap periode itu mempunyai ciri yang berbeda pula. ciri khas sastra pada setiap periode itu sendiri merupakan gambaran dari masyarakatnya sebab sastra itu sendiri lahir dari pemikiran masyarakatnya. dengan nkata lain, jika masyarakat berubah sastra juga berubah, ntah dari segi isi atau makna yang lain yang terkandung dalam sastra itu sendiri.

    itu saja tanggapan dari saya, maaf terlambat. tetapi semoga Bapak bisa menerimanya. Terima Kasih!

  83. Usman ( A1B108233 )

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Selama saya duduk di bangku sekolah, tidak pernah saya belajar tentang sejarah sastra, yang ada cuma belajar pengertian dan bentuk-bentuk sastra saja, itupun hanya secara umumnya saja.
    Tetapi dengan adanya mata kuliah sejarah sastra ini saya bisa mengetahui tentang sejarah sastra Indonesia maupun pembabakan waktu sejarah sastra Indonesia.
    Saya berharap dengan mempelajari sejarah sastra ini, memudahkan saya untuk mempelajari mata kuliah yang berhubungan dengan sastra di semester berikutnya.

    Terima kasih!

  84. Menurut saya dengan adanya para sastrawan atau penulis-penulis yang mengembangkan sastranya adalah salah satu cara melawan penjajahan yang dilakukan orang asing seperti Belanda, karena pada saat itu politik belanda dalam menjajah sangat keras mereka melakukan segala cara dan paksa untuk mengangkut kekayaan daerah jajahannya. Walaupun pada awal abad ke-20. Politik Belanda agak lunak, yaitu sebagai reaksi terhadap politik cultuurstasel ( tanam paksa ) yang telah sangat merusak kehidupan kaum bumi putra. Dan sebagai gantinya dianutlah politik etis atau etische politiek. Pada perkembangan sastra sudah sejak abad ke-19 ada hasil-hasil sastra berbahasa melayu yang tidak ditulis oleh orang-orang yang berasal dari kepulauan Riau dan Sumatra. Pengarang-pengarangnya pun tidak sedikit, terutama berasal dari lingkungan ulama dan kesulitannya di kepulauan Riau.
    Diantara yang paling termanshur ialah Raja Aji Haji, Nuridin Ar-Raniri, Tun Sri Lanang, Hamzah Fansuri, Abdullah bin abdulak dir musyri.
    Perbedaan bangsa yang menjajah menimbulkan perbedaan pula dalam pertumbuhan kebudayaan. Cita-cita politik dan pola pikir suku-suku bangsa yang ada di wilayah Nusantara. Meskipun demikian, penduduk wilayah-wilayah yang terangkum dalam jajahan suatu bangsa penjajah merasakan nasib dan penderitaan yang sama sehingga antara penduduk daerah yang semula disebut “ Nederlandsch” ( Hindia Belanda ) semakin erat.
    Perasaan tidak puas karena menjadi hamba di tanah air sendiri, menyebabkan timbulnya perlawanan berupa pemberontakan bersejata di berbagai daerah. Mula-mula perlawanan itu bersifat Sporadis, terpecah-pecah dan merupakan perlawanan suatu suku bangsa melawan orang Asing, tapi awal abad ke-20 mulailah pemimpin dan pejuang kemerdekaan kita sadar akan kelemahan dirinya dan akan kekuatan lawannya, maka berasal dari perasaan senasib sepenanggungan karena sama-sama hidup dalam penderitaan yang satu, tumbuhanlah kesadaran nasional api nasinalisme itu menghilangkan perbedaan-perbedaan yang disebabkan oleh karena perbedaan sejarah, lingkungan kebudayaan, bahasa/adapt istiadat temperamen dan watak. Dalam menghadapi masih masih bersama yang satu. Dan ketika sejarah sastra Indonesia. Terdapat penbabakan waktu sejarah sastra.
    1. Masa Kelahiran (1900-1945 )
    2. Masa Perkembangan ( 1945-Sekarang )
    Dalam pembabakan ini digunakan istilah ”periodisasi” dan bukan ” Angkatan ”. Karena angkatan dalam sastra Indonesia telah menimbulkan berbagai kekacauan. Pembedaan antara periode yang satu dengan periode yang lain berdasarkan norma-norma umum dalam sastra sebagai pengaruh situasi masing-masing zaman. Sedangkan perbedaan antara angkatan yang satu dengan yang lain sering di letakkan pada adanya perbedaan konsepsi masing-masing angkatan.

  85. nama : Lia agustina
    nim : A1B107258

    Menurut saya mata kuliah sejarah sastra adalah mata kuliah yang menarik. mulai dari sejarahnya yang akan dipelajari maupun tokoh-tokoh yang secara langsung terlibat dalam sejarah sastra itu sendiri. Begitu juga dengan materi “Tinjauan Sejarah” dalam mata kuliah Sejarah Sastra ini sudah cukup jelas dan sangat bagus, karena di sana ditampilkan mulai dari latar belakang sastra hingga perkembangannya. Misalnya, latar belakang sastra yang dikarenakan persamaan nasib pula lah yang menyebabkan timbulnya rasa nasionalisme sehingga terciptanya para pengarang sastra yang hebat dan terkenal itu, selain itu materi di sini sangat bermanfaat karena memberikan pengetahuan bahwa sastra tersebut menggambarkan seluruh kondisi yang ada di masyarakat dan dapat memberikan semangat bagi yang menyukai sastra serta menjadi pemacu untuk belajar sastra. Dari sini kita dapat mengambil pelajaran bahwa sastra itu

  86. Nama : Najimuddin
    Nim : A1B10241

    assalam…Wr.Wb

    menurut saya sejarah sastra itu sangat bagus pelajarannya dan memberikan pengetahuan yang lebih luas dalam mengetahui sastra-sastra yang ada di indonesia dan sekaligus memahaminya bagi setiap mahasiswa, selain itu juga untuk lebih mendalami apa itu sastra. Oleh karena itu maka kita harus tahu sejarah sastra ini untuk lebih mendalami bahwa kita orang indonesia mempunyai seniman-seniman yang ada di indonesia. Sebelum dan sesudahnya saya minta maaf. mohon bimbingan bapak.
    Terimakasih….!!

  87. Alfian rezkia
    A1B108225

    Menurut saya dengan adanya mata kuliah sejarah satra dapat menambah pengetahuan saya terutama dalam bidang kesusastraan indonesia, Selain itu juga dengan adanya mata kuliah ini saya berharap agar sastra-sastra indonesia lebih di tonjolkan lagi melalui pentas-pentas seni seperti :
    Dalam pembacaan puisi, cerpen, dan sebagainya agar lebih menambah pengaklaman kita dalam berkarya sastra.
    Tetapi selain itu juga kita harus mengetahui sejarah para sastrawan-sastrawan kita zaman dulu bagaimana perjuangan mereka dalam melawan penjajah-penjajah dengan karya mereka sehingga membuat kita hidup seperti ini. Oleh karena itu patut lah kita berbangga dengan adanya mata kuliah ini. Semoga mata kuliah ini menjadi motor kebangkitan kesusastraan indonesia.

    Sesudah dan sebelumnya saya mengucapkan terima kasih………

  88. Anisa ulfah (A1B108243)

    ass……..
    menurut saya mata kuliah sejarah sastra sangat menarik sebab disana dipelajari tentang sejarah dan terbentuknya dunia kesusastraan.
    dengan adanya mata kuliah ini kita juga dapat mengetahui bagaimana seluk beluk yang menyangkut dunia sastra. dan dapat memahami secara detail tentang sastra itu sendiri.. selain itu kita juga dapat mengetahui siapa saja tokoh-tokoh sastrawan dan karya-karyanya.

    terimakasih,,,,,,,,,

  89. Nurfita Tri Astuti(A1B108220)

    Menurut saya adanya mata kuliah sejarah sastra saya dapat mengetahui asalmulanya sastra dan mengetahui para pengarang-pengarang yang telah menuliskan hasil-hasil karyanya. Dan sevbagai calon guru bahasa Indonesia kita harus mempelajarinya agar dapat mengajar dengan baik untuk siswanya dan sebagi menambah ilmu pengetahuan kita. Dan mengetahui para pengarang melawan para penjajah yang menjajah pbangsa Indonesia

  90. Nama : Meilindha Rahayu
    Nim : A1B108217

    Ass..
    menurut saya manfaat mempelajari sastra lama adalah mengenal kekayaan kebudayaan sendiri dan kebesaran masa lampau untuk kepentingan pembentukan masa sekarang dan masa yang akan datang, memperluas pandangan hidup kemanusiaan, memperluas pengetahuan tentang dunia luas di luar masyarakatnya.
    Maka mempelajari sastra itu penting dan perlu sekali, kita sebagai bangsa Indonesia dapat mengembangkan dan melestarikan sastra tersebut.

    terimakasih.

  91. Ikhsan Hidayat (A1B108218)

    Menurut saya, mata kuliah sejarah sastra adalah mata kuliah yang menarik dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan saya tentang sastra sastra yang ada di Inddonesia. Selain itu juga, kita sebagai warga negara Indonesia perlu mengetahui tentang para sastrawan sastrawan yang ada pada masa sebelu dan sesudah masa kemerdekaan. Mulai dari sejarahnya yang akan dipelajari maupun tokoh-tokoh yang secara langsung terlibat dalam sejarah sastra itu sendiri.
    Sehingga saya tertarik untuk mempelajari mata kuliah sejarah sastra karena membuka wawasan saya terhadap dunia sastra beserta sejarahnya.

    Maaf kalau saya ikut wordpress teman karena punya saya tidak aktif setelah beberapa kali dicoba mendaftarkannya.

    Terimakasih..

  92. arbain A1B108254

    Menurut saya mata kuliah Sejarah Sastra itu sangat penting kita pelajari, karna dengan mempelajari apa saja, dan bagaimana sastra-sastra pada masa lalu, itu akan membuat kita tahu dan mengerti serta memahami tentang sastra kita sendiri, dengan itu kita menyadari bahwa sebenarnya banyak sekali sastrawan-sastrawan yang ada di negri kita ini, dengan begitu kita juga bisajadikan ini sebagai motivasi supaya kita bisa lebih giat belajar agar kita dapat meneruskan perjuangan danharapan mereka.

    Maaf Pak, saya numpang wordpress teman karna wordpress saya tidak bisa nerima email saya, mohon pengertian Bapak, terimakasih.

  93. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Langsung saja,Komentar saya tentang Mata Kuliah t sejarah sastra sangat baik, karena ini menambah pengetahuan kita yang berhubungan dengan sastra. Tapi sebenarnya saya kurang menguasai tentang sastra. Saya sangat senang dan bersyukur sekali dengan adanya mata kuliah ini telah disajikan khususnya Prodi PBSID. mungkin hanya ini komentar saya.
    Dan bagi yang mengajar mata kuliah sejarah sastra tolong bimbing saya dalam mata kuliah ini dan tidak hanya saya saja tapi mahasiswa yang lainnya juga, agar menguasai mata kuliah ini.
    Terima kasih……

    wassalamu’alaikum wr. wb.

  94. ssalamu’alaikum wr. wb.

    Langsung saja,Komentar saya tentang Mata Kuliah t sejarah sastra sangat baik, karena ini menambah pengetahuan kita yang berhubungan dengan sastra. Tapi sebenarnya saya kurang menguasai tentang sastra. Saya sangat senang dan bersyukur sekali dengan adanya mata kuliah ini telah disajikan khususnya Prodi PBSID. mungkin hanya ini komentar saya.
    Dan bagi yang mengajar mata kuliah sejarah sastra tolong bimbing saya dalam mata kuliah ini dan tidak hanya saya saja tapi mahasiswa yang lainnya juga, agar menguasai mata kuliah ini.
    Terima kasih……

    wassalamu’alaikum wr. wb.

  95. Nuridhah (A1B106260)

    komentar saya tentang mata kuliah sejarah sastra sangat bermanfaat bagi saya khususnya, karena saya sangat buta dengan masalah sastra. setelah saya membaca tinjauan sejarah, saya merasa sedikit tahu sekilas tentang sastra. maka dari itu mata kuliah ini sangat menarik dan sangat penting bagi saya.
    saya rasa itu saja yang ingin saya sampaikan

    -terima kasih-

  96. Desi Fatmasari (A1B108252)

    mata kuliah sejarah sastra sebenarnya sangat menarik untuk diikuti agar kita lebih memperluas pengetahuan kita tentang kesastraan dalam sejarahnya dan kita juga dapat mengenal siapa saja tokoh-tokoh dalam sejarah sastra tersebut.
    setelah mengikuti mata kuliah ini saya merasa lebih mengetahui apakah itu sejarah sastra, seperti apa sejarah sastra.
    Alhamdulillah sekarang saya tahu sedikit banyaknya tentang tokoh-tokoh dalam sejarah sastra.
    saya kira hanya itu saja komentar dari saya
    terima kasih…………
    -Wassalam-

  97. Nama : Sri muntari (A1B107257)

    Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang penting dan sangat menarik, saya sangat tertarik terhadap mata kuliah ini.
    maka dari itu saya sangat ingin berpartisipasi dalam kuliah ini,
    pengetahuan tentang sejarah sastra, merupakan hal yang sangat penting dalam perkuliahan, karena tanpa pengetahuan tentang sejarahnya maka apresiasi kita terhadap sastra akan sangat dangkal

    untuk itu mata kuliah ini sangat penting menurut saya.

    makasih

  98. muhammad ilmi (A1B109056)

    PBSID Reg. A

    menurut saya setelah membaca tinjauan tersebut dapat saya simpulkan bahwa kelahiran atau periode sejarah satra di indonesia beriringan dengan pemberontakan-pemberontakan yang terjadi akibat dari penjajahan. meskipun pada awalnya pemberontakan itu sempat terpecah-pecah, tapi akhirnya bersatu juga berkat kesadaran nasional. hal ini ditandai dengan diperjuangkan bahaya melayu menjadi bahasa nasional.

    dalam hal ini dapat juga disimpulkan masa kelahiran sejarah sastra dimulai abad 19 yaitu (1990-1945) yaitu periode awal 1933, periode 1933-1942, dan 1942-1945. seterusnya perkembangan yaitu (1945-sekarang), periode 1945-1953, periode 1953-1961, dan 1961-sekarang.

    jadi kalau kita berbicara masalah tentang sejarah sastra maka berkaitan erat dengan sejarah perjuangan dan kemerdekaan indonesia.

  99. Mariana Ramadhani (A1B109033)
    PBSID Reg. A

    Menurut saya, periodisasi sastra Indonesia muncul tidak begitu saja. Periode-periode tersebut beriringan dengan usaha bangsa menuju kemerdekaan. Hal ini dapat kita buktikan dengan melihat tahun masa kelahiran dan masa perkembanganpada masa pembabakan waktu sejarah sastra Indonesia.
    Masa kelahiran (1900-1945) yang kemudian dibagi menjadi:
    1. Periode awal hingga 1933
    2. Periode 1933-1942
    3. Periode 1942-1945
    Masa perkembangan (1945-sekarang)
    1. Periode 1945-1953
    2. Periode 1953-1961
    3. Periode 1961-sekarang
    Jadi dapat kita simpulkan bahwa sejarah sastra Indonesia tidak lepas dari sejarah kemerdekaan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: